Yuk, benahi kehidupan dan pengelolaan finansial Anda dengan menerapkan decluttering.
Bagikan:

Menyederhanakan kerumitan; itulah salah satu prinsip decluterring. Kerumitan tersebut bisa jadi muncul dari rumah. Sebagai contoh, Anda membeli dua buah laptop dalam satu tahun. Padahal, hanya satu laptop yang digunakan untuk kerja.

Nah, dengan melakukan decluttering, laptop tersebut mestinya dijual. Jika masih belum rela dijual, Anda bisa gadai laptop untuk mencari modal bisnis.

Apakah Decluttering Memengaruhi Pengelolaan Keuangan Pribadi?

Saat melakukan decluttering, berarti Anda mengurangi timbunan barang dan menata ulang. Aktivitas ini fokus pada benda-benda yang menjadikan rumah terasa sumpek. Pasalnya, kondisi sumpek tersebut bisa memengaruhi psikis. Akibatnya, Anda sulit menemukan ide dengan pikiran jernih—termasuk ide mengelola keuangan.

Ketika tidak bisa menemukan cara mengelola keuangan yang baik, perekonomian Anda semakin berantakan. Meskipun bergaji besar, Anda tetap merasa kurang. Begitu pula saat terlibat hutang, Anda sulit mendapatkan ide untuk melunasinya.

Sementara itu, decluttering kantor atau tempat bekerja, bisa memberikan beberapa manfaat. Salah satunya memudahkan dalam mencari barang-barang kantor. Ketika posisi barang berantakan, Anda pasti kesulitan mencarinya.

Dampaknya, Anda lebih memilih membeli barang baru daripada terus mencari. Dalam hal ini, hanya decluttering yang bisa memudahkan mencari barang tersembunyi. Dengan begitu, Anda bisa menghindari pengeluaran dana berlebih akibat belanja dobel.

Tips Decluttering Rumah

Anda ingin memulai decluttering dari rumah? Berikut ini tips-tipsnya.

1.Rapikan Ruang Kerja Anda

Anda punya ruang kerja di rumah? Awali pembenahan dari meja dan laci. Jika menemukan barang-barang dobel atau tidak terpakai, segera singkirkan. Namun, tidak berarti Anda membuangnya.

Jual atau berikan barang-barang tersebut ke teman sebagai kado. Selain itu, produk elektronik tidak terpakai atau laptop, bisa Anda gadaikan. Untuk gadai laptop, upayakan lewat lembaga formal pinjaman uang.

2.Benahi Rak Buku

Anda suka mengoleksi majalah atau buku bacaan? Seiring waktu, jumlah buku tersebut semakin banyak. Jika dibiarkan, rak buku Anda bisa sesak dan muncul rayap. Jadi, lebih baik, berikan atau jual buku kepada yang membutuhkan.

3.Rapikan Kamar Tidur

Mulailah dengan menempatkan barang-barang kecil dalam satu wadah. Lalu, tata ulang kosmetik di meja rias. Selanjutnya, buka lemari dan singkirkan pakaian robek. Terakhir, buang semua koleksi surat lama, kartu tanda peserta, dan tiket bioskop—yang dianggap kenang-kenangan.

Decluttering membantu mengembalikan produktivitas dan semangat bekerja. Selain itu, decluttering mampu menyegarkan pikiran Anda. Dengan begitu, ide-ide cemerlang bisa muncul di pikiran Anda, termasuk ide bisnis.

Untuk mewujudkan bisnis tersebut, siapkan permodalan yang cukup. Salah satunya dengan gadai laptop di lembaga formal pinjaman uang.