Memulai bisnis sejak dini dapat dilakukan sejak masih menjadi anak kuliahan. Temukan alasan mengapa anak kuliahan sudah harus memulai bisnis.
Bagikan:

Memulai bisnis bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat kamu masih duduk di bangku kuliah sekalipun. Semakin dini kamu memulai, maka akan semakin cepat pula kamu bisa meraih impian menjadi pengusaha sukses. Terlebih, ada banyak alasan mengapa kamu harus memanfaatkan waktu kuliah untuk mencoba berbisnis. Berikut beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan anak kuliahan:

1. Kamu Akan Belajar Lebih Mandiri

Usia mahasiswa biasanya berada di atas 17 tahun. Di usia ini, kamu seharusnya sudah mulai bisa mandiri dan tidak lagi merepotkan orangtua. Setidaknya, kamu sudah bisa memiliki penghasilan sendiri untuk membeli kebutuhan pribadi seperti pulsa, bensin, alat tulis kuliah, dan sebagainya. Cara mudah untuk bisa memiliki penghasilan sendiri saat kuliah tentu adalah dengan melakukan bisnis anak kuliahan. Kamu bisa berjualan pulsa, makanan ringan, pakaian, membuka jasa print, ataupun berbisnis online.

2. Kamu Bisa Mencoba Berbagai Peluang Bisnis

Semakin dini kamu memulai bisnis, maka akan semakin cepat pula kamu mengetahui jenis usaha apa yang sesuai dengan diri kamu. Sebab, tidak ada rumus yang pasti tentang kesesuaian sebuah bisnis dengan karakter pengusaha. Dengan banyak mencoba peluang bisnis yang ada, barulah kamu bisa tahu bisnis apa yang paling cocok dengan karakter diri kamu. Tidak perlu takut gagal, karena kegagalan sebenarnya adalah jalan untuk menuju kesuksesan.

“Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda.” – Dahlan Iskan

Kata bijak ini mengajarkan kita untuk selalu berani mencoba hal baru ketika masih muda. Sebab, meskipun di tengah jalan kita mengalami banyak kegagalan, jika kita tetap bangkit dan pantang menyerah, kegagalan yang kita alami itu akan membawa kita semakin dekat dengan keberhasilan.

3. Kamu Bisa Memanfaatkan Kampus sebagai Pasar Bisnis yang Menjanjikan

Kampus adalah tempat yang sangat potensial untuk memulai bisnis anak kuliahan. Di dalamnya, ada ribuan mahasiswa yang bisa kamu jadikan sebagai target pasar. Terlebih lagi, intensitas pertemuan di lingkungan kampus juga lebih intensif karena adanya kesamaan aktivitas perkuliahan, organisasi, ataupun Unit Kegiatan Kampus (UKM). Kampus juga menyediakan banyak peluang bisnis yang bisa kamu coba, tinggal seberapa pintar kamu memanfaatkan peluang yang ada di sekitar.

4. Kamu Memiliki Akses Terbaik untuk Belajar dan Berkembang

Kampus merupakan tempat terbaik untuk belajar dan berkembang. Jika kamu ingin mencoba bisnis anak kuliahan tetapi masih bingung untuk memulainya, kamu bisa berkonsultasi dengan dosen yang memiliki keahlian di bidang tersebut. Dosen pun tentunya tidak akan memungut biaya jika ada mahasiswanya yang ingin bertanya atau berkonsultasi. Selain itu, perpustakaan kampus juga terbuka lebar bagi kamu yang ingin mendapatkan referensi lebih jauh soal bisnis. Jadi, sungguh sayang bukan jika tidak dimanfaatkan?

5. Kamu Akan Lebih Mudah untuk Mendapatkan Modal

Wirausaha merupakan salah satu hal yang sangat ditekankan oleh pemerintah saat ini. Melalui kampus, pemerintah menyediakan banyak program yang mendukung para mahasiswa untuk memulai wirausaha. Program ini bahkan biasanya tidak hanya menyediakan modal, tetapi juga bimbingan dan pembinaan intensif agar para mahasiswa bisa sukses berbisnis di usia muda. Hal ini tentu juga merupakan peluang bagus yang semestinya bisa dimanfaatkan, bukan?

Seperti yang sudah dibahas di atas, ragam bisnis yang bisa dilakukan oleh anak kuliahan tidak membutuhkan modal yang besar karena masih dalam proses pembelajaran. Untuk itu, Pegadaian juga menawarkan layanan terbaru, yaitu KCA Prima yang salah satunya ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pinjaman sampai dengan 500 ribu rupiah. Kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk memulai bisnis kecil-kecilan sembari kuliah. Selain itu, KCA Prima menawarkan pinjaman bebas bunga 0% dengan jangka waktu pinjaman maksimal 60 hari. Menarik, bukan?

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus memulai bisnis anak kuliahan. Jadi, kalau bisa memulai bisnis saat kuliah, kenapa tidak?

Memulai bisnis sejak menjadi anak kuliahan dapat menanam benih untuk menumbuhkan impian di masa depan. Temukan tips serta pemecahan masalah saat memulai bisnis dengan mengunduh ebook ini.

Download Free Ebook “Segera Memulai Bisnis Sekarang Juga (PART 1)” Di Sini.