Resesi 2020 diprediksi lebih parah dibandingkan krisis moneter tahun 1998.
Bagikan:

Perang dagang antara AS dan China yang kian meningkat dalam beberapa waktu terakhir menjadi latar belakang munculnya isu resesi global 2020 mendatang. Pakar menilai bahwa kondisi ini diprediksi akan lebih buruk dibandingkan krisis moneter tahun 1998 silam. Semengerikan itukah?

Isu resesi ini tentu akan berdampak ke semua sektor, tidak hanya industri dan ekonomi. Selain penurunan kinerja ekspor-impor, gejolak ini juga akan berimbas pada tingginya PHK dan peningkatan angka kemiskinan.

Namun, ekonom Indef Bhima Yudhistira seperti dikutip dari Okezone menyebut bahwa perang dagang bukan penyebab utama terjadinya resesi, tapi ada faktor lain yang tak kalah berpengaruh seperti Brexit dan kondisi geopolitik Asia yang sedang tidak stabil.

Hadapi Resesi 2020. Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Begitu masifnya resesi tahun 2020, instrumen ekonomi seperti UMKM bahkan dinilai tidak cukup kuat untuk mengatasinya. Namun bukan berarti tidak ada solusi sama sekali, ya. Ini yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi gejolak ekonomi pada 2020 mendatang.

  • Berinvestasi

Pertama, pastikan kamu sudah mempunyai aset atau investasi. Pilih instrumen yang sifatnya mudah dicairkan dan tahan terhadap inflasi, seperti emas, reksa dana nonsaham, deposito, atau SBN (Surat Berharga Negara).

  • Punya Dana Darurat

Risiko PHK akan selalu ada selama masa resesi. Maka pastikan kamu punya dana darurat yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup jika sewaktu-waktu kamu keluar dari kantor atau bisnis mengalami kerugian. Jumlah ideal dana darurat adalah 6 kali gaji bulanan.

  • Buat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas akan membantumu menyortir mana kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder, dan tertier. Sebaiknya, kesampingkan dulu kebutuhan jangka pendek yang tidak terlalu mendesak dan pindahkan dananya untuk investasi.

Resesi bukanlah persoalan ekonomi yang sepele. Kamu perlu menyiapkan diri sebaik mungkin, terutama dalam hal finansial. Terus ikuti perkembangan berita ekonomi terbaru agar kamu paham apa yang sedang terjadi dan tahu bagaimana mengatasinya.