Aktivitas Saat New Normal, Begini Tipsnya
Bagikan:

Setelah hampir lebih dari tiga bulan mengalami situasi pandemi, Pemerintah berencana untuk memberlakukan kenormalan baru (new normal). Artinya, masyarakat melanjutkan kebiasaan yang selama ini dilakukan. Pusat perbelanjaan akan dibuka secara perlahan, begitu pula perkantoran. Tentunya, aktivitas saat new normal ini harus mengikuti protokol kesehatan agar tak turut terjangkit virus. Berikut tipsnya:

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjalani aktivitas saat new normal, hal utama yang wajib dilakukan adalah menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih 8 gelas per hari, olahraga rutin 30 menit per hari, pastikan tidur cukup selama 7-8 jam per hari, Perlu ditambah suplemen seperti vitamin C, Vitamin D dan Vitamin E.

Cuci Tangan

Cuci tangan merupakan salah satu bentuk pencegahan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Cuci tangan yang baik dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Cara ini merupakan paling efektif untuk membunuh virus maupun bakteri. Cuci tangan yang benar ini dilakukan dengan cara:

  • Membasahi tangan dengan air kemudian ambil sabun secukupnya
  • Gosok kedua telapak tangan dan punggung tangan
  • Basahi tangan, gosok sela-sela jari kedua tangan
  • Gosok kedua telapak dengan jari rapat-rapat
  • Rapatkan jari-jari sambil digosok ke telapak tangan
  • Gosok ibu jari kiri secara berputar dalam genggaman tangan, dan sebaliknya
  • Gosok kuku jari kanan memutar ke telapak tangan kiri, begitupun sebaliknya
  • Basuh dengan air dan keringkan dengan handuk/tisu/pengering usara
  • Matikan keran air dengan handuk/tisu

Penggunaan Masker

Word Health Organization (WHO) menyarankan unuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Masyarakat yang sehat bisa menggunakan masker kain ketika di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain. Pastikan juga untuk tetap menjaga jarak minimal 1-3 meter. Sementara bagi tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan dan masyarakat umum yang sakit dan mempunyai gejala flu, batuk, hidung berair dan radang tenggorokan bisa menggunakan masker medis/masker bedah. Masker kain dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Ikuti petunjuk menggunakan masker kain ini agar dapat terhindar dari COVID-19 dengan cara:

  1. Bersihkan tangan Sebelum menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun atau hand sanitizer berbasis alcohol
  2. Pastikan bagian hidung dan mulut tertutup dengan baik tanpa ada celah antara wajah dan masker. Gunakan masker kain maksimal 4 jam.
  3. Hindari menyentuh masker ketika digunakan, jika tersentuh, kembali bersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alcohol
  4. Saat membuka masker, hindari menyentuh bagian depan. Bukalah dari tali bagian belakang, setelah selesai kembali bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.
  5. Langsung cuci masker setelah satu kali pemakaian dengan cara merendamnya dengan air panas dengan suhu 60-65 derajat celcius yang sudah ditambahkan deterjen. Rendam masker beberpa saat dan kucek hingga kotoran luruh. Setelah itu, bilas di bawah air mengalir hingga busa hilang dan keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas. Setelah kering, setrika masker dengan suhu panas agar bakteri dan virus mati.

Tips Pencegahan di Kendaraan Umum

Aktivitas saat new normal terkadang mewajibkan kita memakai kendaraan umum. Saat melakukan perjalanan dengan kendaraan umum, pastikan untuk menggunakan masker hand sanitizer. Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan tanpa sarung tangan. Pilih makan makanan yang aman dan bergizi serta rutin minum air putih. Selalu jaga jarak antar penumpang minimal 1 meter. Jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama dan gunakan waktu perjalanan untuk istirahat dan berdoa

Tips Pencegahan di Tempat Kerja

Saat kembali bekerja seperti biasa, pastikan menerapkan tips ini untuk mencegah penularan di tempat kerja.

  • Hindari pertemuan sosial dan jaga jarak fisik minimal 1 meter
  • Pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik
  • Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik
  • Bila perlu gunakan hand sanitizer berbasis alcohol
  • Jaga kebersihan area kerja dan lakukan desinfeksi berkala
  • Bila sakit, bekerjalah dari rumah
  • Gunakan selalu masker
  • Gunakan tisu saat meludah, batuk atau bersin dengan menutup seluruh hidung dan mulut
  • Bungkus tisu bekas pakai ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup

 Tips Pencegahan Setelah Bepergian

Ketika pulang ke rumah dari bepergian, jangan lupa untuk selalu membersihkan diri sebelum bercengkrama dengan keluarga.

  • Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah dan semprot desinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang digunakan seperti pakaian, ponsel, pulpen, laptop, dll
  • Buang semua yang dipegang dan yang tidak dibutuhkan lagi seperti kuitansi, kertas, dll
  • Jangan menyentuh apapun di dalam rumah, lakukan cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik
  • Lepaskan pakaian yang dipakai dan masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup dan langsung mandi sebelum bersantai atau berkumpul bersama keluarga

Tips belanja Pangan Aman di Ritel Modern

Buat daftar belanja, jenis dan jumlah pangan, kemampuan penyimpanan di rumah, beli secukupnya sesuai kebutuhan. Perhatikan juga urutan belanja dimulai dari makanan kemasan, makanan kering, makanan siap saji, makanan dingin dan beku, makanan segar, dan susu serta produk olahannya.

Pastikan untuk mengikuti panduan di atas saat new normal sudah mulai diberlakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Selain mengikuti protokol di atas, pastikan kamu juga mengikuti protokol mengatur keuangan saat new normal ya..agar kesehatan finansialmu juga terjaga.