Contohlah watak kartini masa kini demi bisnis yang lebih maju
Bagikan:

“Banyak hal yang dapat menjatuhkamu. Namun, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.” – R. A. Kartini.

Sosok Kartini masa kini memang tak lagi mengenakan kebaya dan jarit. Namun, hal ini tak menyurutkan semangat para wanita untuk meraih cita-cita. Demi mewujudkan impiannya, tak sedikit wanita yang rela merasakan jatuh bangun. Bahkan, beberapa di antaranya berani mengambil risiko dengan menggeluti profesi yang didominasi kaum adam, seperti petugas keamanan, sopir, insinyur, nahkoda, pilot, dan pebisnis.

Kebangkitan wanita dalam dunia bisnis mulai berkembang sejak kemunculan bisnis online. Tak hanya ibu rumah tangga, pelajar dan mahasiswa pun ikut mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Ingin Sukses di Dunia Bisnis? Ini 5 Watak Kartini Masa Kini yang Harus Kamu Miliki!

Kendati tingkat persaingan di dunia bisnis sangat tinggi, dengan watak Kartini kamu bisa menghadapi segala hambatan dan sukses layaknya Alice Walton, Francoise Meyer, Susanne Klatten, dan Arini Subianto.

Lantas, apa saja watak Kartini yang perlu patut diteladani agar sukses di dunia bisnis? Berikut uraiannya.

  • Rajin dan Berwawasan Luas
  • Kalau kamu ingin sukses sebagai seorang pebisnis, kamu harus rajin belajar. Belajar tidak terbatas di bangku kuliah, melainkan juga kehidupan nyata. Lihat bagaimana para pebisnis wanita dapat mengatasi rintangan selama menggeluti dunia bisnis.

    Belajar dari pengalaman tidak hanya bermanfaat untuk memperkaya wawasan, melainkan juga mengajarkan kamu untuk selalu berpikir positif. Selalu ada kemudahan di balik kesulitan.

    Jangan malas untuk memperluas pengetahuan dengan membaca buku. Ingat, buku adalah jendela dunia tanpa batas. Semakin sering membaca buku, pikiranmu akan semakin berkembang. Pastikan juga kamu selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada.

  • Mau Berbagi dan Memberdayakan Orang Lain
  • Kartini dikenal sebagai seorang wanita berjiwa pendidik. Kartini tidak ragu berbagi ilmu yang dimilikinya pada orang lain. Hal ini dilakukan untuk memberdayakan wanita agar sejajar dengan kaum pria. Watak Kartini ini wajib kamu terapkan dalam kehidupan nyata.

    Jangan ragu untuk berbagi ilmu dan pengalaman pada orang lain. Dengan berbagi ilmu, kamu telah mengikat ilmu tersebut sehingga tidak mudah lupa. Ilmu yang kamu miliki akan semakin berkembang. Pergaulanmu pun semakin luas.

    Menjadi sosok yang bermanfaat bagi orang lain akan membuat hidupmu lebih berwarna. Semakin banyak kamu memberi, semakin banyak yang akan kamu dapatkan.

  • Optimis dan Berani Mengambil Risiko
  • Jika dulu Kartini berani berjuang melawan keterbatasan, maka Kartini masa kini pun harus melakukan hal yang sama. Dalam bisnis selalu ada risiko yang menyertai. Kamu harus berani mengambil risiko, meskipun hal ini sulit dilakukan. Bersikap optimis pun diperlukan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

    Tanpa sikap optimis, sangat sulit bersaing dengan pebisnis lainnya. Sikap optimis tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan, melainkan juga dapat menciptakan sinergi positif bagi lingkungan sekitar dan meningkatkan daya ketahanmalangan. Pintu kesuksesan pun akan terbuka lebar.

  • Mandiri
  • Ketika dipingit, Kartini tidak hanya berdiam diri saja dan bergantung pada orang lain ataupun keadaan. Sebaliknya, Kartini terus mencari cara agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Kemandirian Kartini membuatnya sukses mendirikan sekolah perempuan pertama di Jawa.

    Watak mandiri sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis. Meskipun dalam bisnis kamu akan selalu bersinggungan dan membutuhkan orang lain, watak mandiri akan membantu kamu menentukan arah, tujuan, dan target yang tepat.

  • Tidak Mudah Mengeluh
  • Kartini merupakan sosok yang tidak mudah mengeluh. Sesulit apa pun rintangan yang dihadapinya, Kartini terus berusaha untuk mewujudkan impiannya. Dalam dunia bisnis, kamu tidak akan selalu bernasib baik. Kadang kala, kamu akan terjatuh, mengalami kerugian, atau kesulitan. Namun, hal ini bukanlah masalah besar jika kamu memiliki watak yang tidak mudah mengeluh.

    Kendati mengeluh adalah sesuatu yang wajar, sikap ini hanya akan membuat kamu lebih terpuruk dan putus asa. Ketika menghadapi masalah, pikiran yang tenang lebih diperlukan daripada keluhan tanpa henti. Dengan watak ini, kamu akan tumbuh menjadi pebisnis yang handal dalam menyelesaikan masalah.

    Itulah sejumlah watak Kartini masa kini yang patut kamu teladani. Dengan watak Kartini tersebut, kesuksesan di dunia bisnis bukan mustahil untuk digapai. Yuk, mulai terapkan watak Kartini demi masa depan cerah!