Bagikan:

Hal yang mempengaruhi kelangsungan sebuah usaha diantaranya adalah permintaan pasar. Agar bisa terus memenuhinya, seorang pengusaha harus terus berinovasi dan berkreasi dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, informasi mengenai usaha menjanjikan di masa depan pun harus diketahui agar peluang bisnis terbuka lebar. Lantas, usaha di bidang apa saja yang menjanjikan keuntungan bagi para pelaku usaha? Berikut 5 usaha yang akan berkembang dan memiliki peluang bagus di masa depan.

  1. Bidang Kuliner

Masyarakat Indonesia menyukai penjelajahan rasa dan bentuk makanan, tak heran di berbagai daerah akan muncul menu-menu baru hasil dari perpaduan dengan nilai tradisional masing-masing wilayah. Hal inilah yang membuat usaha kuliner berpotensi menjadi usaha yang menguntungkan ke depannya. Melalui hidangan nikmat dan pelanggan yang  fanatik, usaha di bidang ini tentu mampu bersaing dan bertahan.

Agar bisnis kuliner yang Anda rintis berjalan sukses, perhatikan beberapa saran berikut ini. Pertama, ketahuilah semua harga dari bahan yang digunakan untuk proses produksi. Hal ini penting dilakukan untuk menyusun manajemen keuangan usaha. Pilihlah lokasi yang strategis agar mudah didatangi pelanggan. Tetapkan peran Anda dalam usaha ini, memiliki peran ganda akan menyulitkan Anda untuk mengembangkan bisnis. Terakhir gunakan teknologi digital sebagai salah satu cara memasarkan produk Anda.

  1. Bidang Fesyen

Sama halnya dengan bidang kuliner, membuka usaha di bidang fesyen ini juga berpotensi besar untuk sukses di masa depan. Hal ini karena pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Bisnis fesyen juga memiliki banyak kategori yang beragam untuk dikembangkan, seperti busana pria dan wanita, pakaian muslim, pakaian anak-anak, aksesoris, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisnis fesyen Anda diminati konsumen, adalah tentukan jenis pakaian yang akan dijual sesuai dengan pangsa pasarnya. Misalnya Anda akan menjual pakaian muslim, pastikan bahan yang digunakan nyaman dipakai serta tidak tembus pandang atau membentuk tubuh.

  1. Bidang E-Commerce

Pengguna internet di Indonesia semakin bertambah secara signifikan, hal inilah yang menyebabkan banyak online shop bermunculan. Anda bisa menjalani usaha ini sebagai pemilik online shop, dropshiper, maupun sebagai penulis konten untuk mengisi website dan lain sebagainya. Tak hanya itu, sekarang banyak usaha lain yang turut memanfaatkan internet sebagai lapangan usaha sehingga memunculkan jenis usaha baru, seperti digital marketing maupun digital agency.

Bisnis di bidang ini memang sangat menjanjikan karena dengan modal kecil Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi sekarang konsumen tidak hanya bisa menggunakan internet di komputer melainkan memakai smartphone sehingga transaksi menjadi lebih mudah.

  1. Bidang Pariwisata

Jika ditekuni secara serius, usaha di bidang pariwisata akan berpotensi besar di masa depan. Hal ini terbukti dari banyaknya pengunjung berbagai negara yang datang ke tiap pameran pariwisata yang diadakan oleh pemerintah Indonesia maupun perusahaan swasta. Selain mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha, bisnis yang mampu mendatangkan turis asing ini juga menyumbang pendapatan bagi negara. Anda bisa berkecimpung di bidang ini sebagai penyedia paket wisata, penyedia tiket, planner, penyedia transportasi, pengelola tempat wisata, dan lain sebagainya.

  1. Bidang Periklanan

Setiap usaha yang dijalani seseorang pasti membutuhkan promosi agar dapat berkembang. Bahkan langkah promosi ini kerap  memakan anggaran  paling besar dalam perencanaan bisnis. Maka bisa dipastikan bidang periklanan merupakan salah satu usaha menjanjikan di masa depan. Apalagi jika Anda mampu mengembangkan ide yang inovatif dan kreatif dalam setiap karya. Tak harus memulai dengan langkah besar, Anda bisa merintis bisnis ini melalui blog yang dikelola secara profesional. Mudah bukan?

Itulah 5 usaha yang menjanjikan di masa depan. Sambil mempersiapkan usaha apa yang cocok untuk Anda jalankan di masa depan, tidak ada salahnya mempersiapkan modal usaha. Salah satunya Anda bisa mengajukan pembiayaan lewat Gadai Bisnis di Pegadaian. Pembiayaan ini merupakan solusi tepat pendanaan yang tepat bagi bisnis karena prosesnya yang mudah, cepat, dan aman. Di sini Anda bisa mendapatkan pembiayaan usaha mulai dari 100 juta sampai lebih dari 1 miliar rupiah dengan barang jaminan emas perhiasan dan emas batangan/lantakan. Anda tidak perlu repot membawa uang pinjaman dalam bentuk tunai karena uang pinjaman dapat ditransfer langsung ke rekening Anda. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk memulai bisnis sendiri.