Persiapan mudik ini perlu kamu ketahui
Bagikan:

“Tak peduli siapa Anda dan di mana Anda berada, naluri menyuruh Anda untuk pulang” – Laura Marney (Novelis asal Skotlandia)

Lebaran menjadi salah satu momen terbaik untuk bertemu dengan keluarga yang tinggal berjauhan dan merayakan Idul Fitri bersama. Di Indonesia sendiri mudik seolah menjadi tradisi yang wajib dilakukan ketika Idul Fitri tiba. Bagi kamu yang tengah bersiap untuk pulang ke kampung halaman, berikut ini 5 persiapan mudik yang wajib kamu ketahui agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.  

  • Mudik dengan Mobil Pribadi? Jangan Lupa Periksa Kondisi Kendaraan

Mudik menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu alternatif yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hemat dan memudahkan mobilitas menjadi alasan utamanya. Sebelum melakukan perjalanan jauh, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar mobil dalam kondisi prima. Yang paling penting adalah melakukan tune-up untuk mengecek kondisi komponen vital pada mobil seperti mesin, oli mesin, air radiator, wiper, oli transmisi, dan  keadaan kelistrikan mobil.

Setelah itu, kamu pun perlu memastikan kondisi ban termasuk ban cadangan. Pastikan juga bila peralatan pendukung seperti dongkrak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terakhir, cek kondisi AC supaya kamu bisa berkendara secara nyaman saat terik matahari menyengat.

Nah, jika kamu berniat mudik dengan kendaraan pribadi tapi belum memilikinya, Pegadaian punya solusi terbaik untuk pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor lewat Pegadaian Amanah. Untuk kepemilikan mobil, uang mukanya mulai dari 20% dengan cicilan sampai dengan 60 bulan. Selain itu, pembiayaan ini bisa untuk mobil baru maupun mobil second.

  • Siapkan Persediaan Makanan yang Cukup

Terjebak macet selama perjalanan dapat membuat seseorang mengalami stres hingga berpotensi menyebabkan lapar dan haus. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, sediakan sejumlah makanan dan minuman yang praktis namun tetap sehat seperti buah, roti, biskuit, air, dan susu.

Mengemudi dengan kondisi lapar bukanlah pilihan yang tepat karena bisa menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi saat menyetir sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh sebab itu, penting untuk kamu menyiapkan bekal yang cukup. Bila membawa serta anak kecil ketika mudik, pastikan pula snack dan minuman mereka cukup selama perjalanan.

  • Persiapan Mudik dengan Transportasi Umum: Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Selain mobil pribadi, menggunakan transportasi masal seperti pesawat atau kereta api pun turut digemari masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang merantau. Supaya tidak kehabisan tiket ada baiknya bila kamu membelinya jauh-jauh hari. Biasanya sih, tiket kereta api mulai dijual sekitar H-90 keberangkatan. Memesan tiket jauh-jauh hari juga meminimalisasi pembelian tiket dengan harga terlampau mahal.

Sementara waktu ideal untuk membeli tiket pesawat adalah H-54 sebelum keberangkatan. Adapun beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah ialah maskapai yang digunakan, tidak membeli tiket di hari minggu karena harganya bisa melambung tinggi, dan berlangganan news letter untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Aman

Tips persiapan mudik selanjutnya adalah gunakan pakaian yang nyaman dan aman. Terlebih bagi kamu yang memilih transportasi masal untuk mudik. Sebaiknya gunakan pakaian dari bahan katun yang mampu menyerap keringat. Terkadang suhu AC di pesawat atau kereta api terlalu rendah sehingga bisa menyebabkan kamu kedinginan. Untuk itu, jangan lupa membawa jaket atau sweater.

Mengingat kejahatan bisa terjadi kapan saja, kamu juga perlu menghindari penggunaan pakaian yang terlalu mencolok. Selain itu, jangan menggunakan aksesori berlebihan supaya tidak mengundang perhatian pelaku kejahatan.  

  • Bawa Perlengkapan Pendukung

Terakhir, persiapkan peralatan pendukung perjalanan. Misalnya, untuk kamu yang menggunakan transportasi umum, jangan lupa sediakan barang yang mampu mengusir rasa bosan seperti buku favorit, bantal leher, dan play list musik favorit.

Sementara bagi pengguna mobil pribadi, aktifkan selalu GPS untuk memudahkan kamu mencari alternatif rute apabila terjebak macet. Penting juga menyiapkan kotak P3K untuk menangani kondisi tak terduga. Kalau kamu mudik bersama balita atau anak kecil, beberapa perlengkapan seperti popok, tisu basah, car seat, dan mainan kesayangan si kecil pun wajib dibawa.

Itulah 5 persiapan mudik yang wajib kamu ketahui. Oh iya, satu hal lagi yang harus kamu perhatikan ketika mudik adalah memilih waktu yang tepat supaya kamu bisa terhindar dari risiko macet sekaligus mengurangi kepadatan di jalan. Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, puncak arus mudik biasanya jatuh pada H-3 atau H-2. Oleh karena itu, untuk kamu yang mendapat jatah libur lebih awal, kamu bisa berangkat H-7 sebelum lebaran. Semoga bermanfaat, Sahabat!