Bagikan:

“Lebih menyenangkan mengendarai mobil yang lambat dengan cepat daripada mengendarai mobil cepat dengan lambat.” – Abner Perney.

Tahukah kamu kalau tips membeli mobil bekas sangat bermanfaat? Meskipun tampak sepele, tips ini akan memudahkan kamu dalam memilih mobil bekas. Dengan tips ini, risiko salah pilih dapat diminimalisasi dengan baik.

Ingat, memilih mobil bekas jauh lebih sulit dibandingkan memilih mobil baru. Ada banyak hal yang wajib kamu perhatikan. Jika kamu kurang cermat, tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami kerugian. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Ini Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Kamu Perhatikan!

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk membeli mobil bekas? Simak tipsnya berikut ini!

  • Cari Informasi

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai harga mobil lengkap dengan spesifikasinya. Agar tak lupa, catat harga tersebut di selembar kertas. Langkah selanjutnya adalah mencari showroom yang menyediakan mobil incaranmu.

Terdapat cukup banyak showroom yang dapat dijadikan pilihan. Namun, pastikan untuk memilih showroom mobil tepercaya yang mudah dihubungi dan bersedia memberikan garansi uang kembali.

  • Jangan Tergoda Harga Murah

Sebagian besar orang akan tergoda dengan embel-embel harga murah. Belum lagi jika mobil bekas dipoles sedemikian rupa hingga menyerupai mobil baru. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mengecek kondisi mobil lebih dulu. Pasalnya, tak sedikit kasus mobil rusak setelah digunakan kurang dari satu minggu saja. Oleh karena itu, kamu harus ekstra waspada!

  • Tanyakan Sejarah Kendaraan

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah mengecek sejarah mobil yang kamu incar. Jangan ragu untuk menanyakan pada pihak showroom mengenai alasan mobil dijual, sejarah kerusakan, hingga bukti servis. Dengan bukti servis, kamu bisa mengecek kondisi mobil bekas tersebut.

Sebaiknya hindari membeli mobil bekas yang pernah mengalami tabrakan hebat, odometer dapat diatur ulang, dan terendam banjir. Pasalnya, ketiga hal ini akan memengaruhi performa mesin kendaraan.

Hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Mintalah petugas showroom untuk menunjukkan dokumen, seperti BPKB dan STNK. Cek keaslian dokumen tersebut. Pastikan pula bahwa nomor mesin yang tertera sesuai. Pemeriksaan dokumen sangat penting untuk menghindari masalah hukum lantaran terbukti membeli kendaraan curian.

Kelengkapan dokumen akan memudahkan urusan balik nama dan administrasi lainnya. Hindari membeli mobil bekas yang tidak memiliki dokumen lengkap. Jangan lupa untuk mengecek pajak kendaraan yang terdapat di balik STNK. Jika pajak kendaraan hampir habis, mintalah keringanan harga mobil. Umumnya, showroom mobil bersedia memberikan potongan harga, meskipun nilainya tidak seberapa.

  • Cek Kondisi Mobil

Setelah yakin bahwa kendaraan yang kamu incar memenuhi syarat dan bukan barang curian, langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi mobil. Lakukan pemeriksaan pada bagian eksterior secara menyeluruh. Perhatikan, apakah terdapat goresan atau kerusakan pada bodi mobil, cat mobil, kaca, lampu mobil, hingga ban.

Jika memungkinkan, periksa bagian bawah mobil. Cara ini sangat ampuh untuk menilai apakah mobil bekas tersebut layak dibeli atau tidak. Pastikan pula untuk mengecek bagian dalam mobil. Periksa bagian dashboard, AC mobil, karpet, langit-langit, dan jok mobil. Pastikan fitur lainnya, seperti LCD, radio atau audio masih berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, cek bagian mesin mobil. Mobil yang masih bagus mudah dinyalakan, suara mesinya halus, dan operan giginya pun mudah. Jika mesin sulit dinyalakan atau kesulitan dalam menggerakan kemudi, sebaiknya pilih mobil lainnya.

  • Lakukan Test Drive

Tips terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah melakukan test drive. Meskipun hal ini sedikit merepotkan, test drive bermanfaat untuk mengetahui performa kendaraan ketika digunakan. Kamu akan lebih mudah mengidentifikasi masalah atau kerusakan yang mungkin terjadi.

Sebelum melakukan test drive, kamu harus mengatur posisi duduk dan kemudi senyaman mungkin. Sebelum menyalakan mesin, biarkan mobil dalam keadaan “ON” untuk mengetahui kondisi lampu indikator. Setelahnya, kamu boleh menyalakan mesin, memeriksa transmisi, mengenakan sabuk pengaman, dan menjalankan kendaraan.

Itulah sejumlah tips membeli mobil bekas yang dapat kamu terapkan. Teliti sebelum membeli sangat penting dilakukan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau!