Produk lokal Indonesia berikut ini berhasil menembus kancah bisnis internasional.
Bagikan:

“Cintailah produk-produk Indonesia.” –Alim Markus.

Siapa bilang produk lokal Indonesia tidak berkualitas? Faktanya, banyak produk asli Indonesia yang berhasil merambah pasar dunia. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa potensi produk lokal sangat baik. Alih-alih menggunakan produk dalam negeri, tak sedikit orang yang lebih memilih produk impor.

Selain lebih “wah” dan dapat meningkatkan gengsi, produk impor dipercaya memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, tahukah kamu kalau kualitas produk lokal tak kalah dengan produk impor? Bahkan, beberapa di antaranya sangat disukai oleh masyarakat dunia. Hal ini merupakan bukti bahwa produk lokal pun mampu bersaing dengan produk buatan luar negeri.

Produk Lokal Indonesia yang Dikenal Dunia

Lantas, apa saja produk asal Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional? Berikut uraiannya.

  • Indomie

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Indomie, bukan? Mi instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini tidak hanya disukai masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat dunia. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1972 ini tercatat sebagai penyuplai mi instan ke sejumlah negara di Eropa, Amerika, Asia, Afrika, dan Australia.

Bukan hal yang aneh jika Indomie mudah diterima oleh masyarakat dunia. Rasanya lezat, khas, dan sulit dilupakan. Selain itu, Indomie pun mudah diolah dan disantap dalam berbagai suasana.  Tak heran jika makanan siap saji ini menjadi favorit banyak orang.

  • Tolak Angin

Tak banyak yang tahu bahwa Tolak Angin pun terkenal hingga mancanegara. Produk herbal andalan PT Sido Muncul ini dapat membantu meringankan gejala flu, masuk angin, tenggorokan gatal, dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Sejak dijual secara bebas pada tahun 1951, Tolak Angin sukses menyedot perhatian masyarakat. Bahkan, hingga kini Tolak Angin dipercaya sebagai produk herbal untuk kesehatan.

Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya merupakan rempah alami yang terbukti berkhasiat, seperti kayu ules, biji adas, daun cengkeh, dan jahe. Herbal yang dibuat oleh Ibu Rahmat Sulistyo ini telah diekspor ke sejumlah negara, seperti Australia, Hong Kong, Belanda, dan Amerika Serikat.

  • Lea Jeans

Banyak yang mengira Lea Jeans adalah produk impor asal Amerika. Maklum saja, Lea Jeans menggunakan logo yang menyerupai bendera Amerika. Bahkan, iklannya pun menggunakan model asing. Faktanya, Lea Jeans merupakan produk lokal Indonesia yang berada di bawah naungan PT Lea Sanent.

Produk yang diproduksi sejak tahun 1976 ini memang dikenal sebagai jeans berkualitas tinggi. Bahannya nyaman dikenakan, warnanya tidak mudah luntur, modelnya pun beragam. Tak heran jika Lea Jeans sukses mendobrak pasar dunia dan mampu bersaing dengan produk impor lainnya.

  • Polygon

Polygon dikenal sebagai salah satu produsen sepeda terbaik di Indonesia. Sayangnya, banyak orang yang menganggap Polygon merupakan produk impor padahal asli buatan Indonesia. Merek lokal asal Sidoarjo, Jawa Timur ini selalu menciptakan sepeda kualitas unggul. Desainnya menarik, awet, dan fleksibel. Pilihan yang tersedia pun beragam, mulai dari sepeda gunung, sepeda lipat, hingga sepeda khusus anak.

Polygon tidak hanya populer di Indonesia, melainkan juga dunia. Bahkan, sepeda Polygon tercatat pernah digunakan oleh atlet Downhill kelas dunia, Hutchinson UR Team yang bertanding di UCI DH World Cup pada tahun 2013.

  • GT Radial

Satu lagi produk lokal yang sukses dikenal hingga mancanegara, GT Radial. Merek ban yang berada di bawah naungan PT Gajah Tunggal ini telah diekspor ke lebih dari delapan puluh negara di dunia, seperti Amerika, seluruh Asia kecuali Tiongkok, Timur Tengah, Selandia Baru, Australia, dan Eropa. GT Radial pun tercatat memiliki lebih dari 100 cabang di seluruh dunia.

Tak hanya itu saja, GT Radial pun pernah meraih penghargaan dari General Motor sebagai pemasok ban terbesar di dunia. Maklum saja, GT Radial selalu menciptakan ban berkualitas tinggi yang didukung oleh teknisi handal di bidangnya. Hampir semua ban GT Radial memiliki akselerasi yang baik, tidak bising, dan memiliki daya cengkram sempurna.

Itulah sejumlah produk lokal Indonesia yang berhasil merambah pasar dunia dan dikenal sebagai produk berkualitas tinggi. Jangan lupa bagikan artikel ini, ya!