Gaya hidup minimalis memiliki keuntungan
Bagikan:

“It’s not your salary that makes you rich. It’s your spending habits. – Charles A. Jaffe.

Apakah kamu pernah mendengar tren gaya hidup minimalis? Ya, pola hidup yang hanya berdasarkan pada kebutuhan dan bukan keinginan ini sedang sangat diminati oleh masyarakat beberapa waktu terakhir ini. Pasalnya, gaya hidup ini akan lebih membuat kamu mengerti, sebenarnya apa yang sedang kamu butuhkan saat ini. Tentu saja, ini akan menghindarkan kamu dari gaya hidup konsumtif.

Pola hidup apa adanya alias minimalis diperkenalkan pertama kali oleh seorang konsultan kerapian sekaligus penulis asal Jepang, Marie Kondo melalui “Konmari”. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa sebenarnya gaya hidup sederhana ini berasal dari aliran Zen yang dibawa oleh umat Budha. Sederhananya, aliran ini mengimbau kepada manusia untuk mengatur finansial lebih baik dengan mengurangi barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Lalu, apa sih manfaat dari menerapkan gaya hidup minimalis untuk finansial kamu?

  1. Membuat Kamu Bisa Lebih Berhemat

Artinya, tentu saja kamu jadi memiliki lebih banyak uang untuk disimpan alias ditabung. Kamu perlu tahu, pola hidup minimalis bukan berarti mengajarkan kamu untuk menjadi pelit, perhitungan, atau apa pun sebutannya. Namun, gaya hidup ini akan memberi tahu kamu bagaimana caranya menentukan skala prioritas.

Coba pikirkan, apakah selama ini kamu membeli sesuatu, atau berbelanja hanya berdasarkan keinginan dan bukannya kebutuhan? Coba tengok isi lemari pakaian atau meja belajar milikmu, apakah semua barang yang ada di sana memang kamu butuhkan? Jika tidak, maka kamu perlu mulai mengubah sifat konsumtif ini. Jika kamu tidak segera menghentikannya, jangan harap kamu punya tabungan di masa depan.

  1. Meminimalisir Stres

Stres memang menjadi masalah yang kerap dialami oleh kaum urban, mungkin kamu pun termasuk salah satunya. Sayangnya, sebagian besar orang memilih untuk berbelanja atau menghabiskan uang untuk mengatasinya. Padahal, masih banyak alternatif lain yang lebih membantu.

Tidak hanya cepat membuat isi dompet menipis, mengatasi stres dengan belanja juga akan membuat rumah penuh karena barang yang sebenernya tidak perlu. Akibatnya, stres mana mungkin bisa hilang kalau kamu harus merapikan berbagai barang tadi secara terus-menerus? Berbeda dengan jika kamu hidup minimalis, barang yang tidak terlalu banyak akan membuat kamu lebih mudah dalam menatanya.

  1. Tak Ada Lagi Saling Membandingkan

Tidak hanya karena stres, pola hidup konsumtif juga bisa dipicu karena kamu selalu membandingkan apa yang menjadi milikmu dengan apa yang dimiliki orang lain. Misalnya, temanmu baru saja membeli ponsel baru. Kamu yang gengsi lantas tidak mau kalah dengan turut membeli ponsel yang lebih bagus dari milik kawanmu. Mau sampai kapan begitu terus?

Tidak akan ada habisnya jika kamu mengikuti hawa nafsu, yang ada malah isi dompet semakin tipis. Jangan pernah mengira bahwa sukses terukur dari seberapa branded barang yang kamu pakai atau seberapa banyak uang yang kamu punya untuk membeli semuanya. Jangan lupa juga, bahwa iri adalah penyakit hati yang paling berbahaya. Jadi, terapkan pola sederhana dan kurangi sifat iri dengan orang lain sekarang juga!

  1. Waktu untuk Beristirahat Jadi Lebih Banyak

Mengapa demikian? Masih terkait dengan manajemen stres yang pastinya akan menyita hampir sebagian besar waktumu, bahkan mengganggu tidurmu, membuat tidak nyenyak dan tidak nyaman. Kamu akan memikirkan banyak hal, dan semuanya terbawa bahkan hingga kamu pergi tidur. Akibatnya, mimpi buruk mudah menyerang, dan keesokan harinya, kamu akan terbangun dengan tubuh pegal, semangat redup, lingkar mata menghitam, dan kurang konsentrasi.

  1. Kamu akan Menjadi Lebih Produktif

Coba kamu pikirkan, apakah kamu memiliki cukup waktu untuk produktif baik di hari kerja maupun di akhir pekan? Bekerja memang sangat melelahkan, terlebih jika setelahnya kamu masih harus mengurus urusan rumah atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Lalu, mengapa kamu tidak mencoba menerapkan gaya hidup minimalis? Ini akan mengurangi waktu yang selalu kamu gunakan untuk beres-beres.

Dengan demikian, kamu bisa mengerjakan hal lainnya, seperti misalnya mencari penghasilan tambahan dengan mengambil beberapa pekerjaan ringan. Dijamin, stres tak akan menghantui, dompet pun terus terisi. Mengapa harus konsumtif sih, kalau kamu bisa menggunakannya untuk hal lain yang lebih penting? Yuk, mulai gaya hidup minimalis dan sederhana dari sekarang!