Menjadi sukses di usia muda bukan lah hal yang tidak mungkin. Sukses dapat diraih mulai dari sekarang. Karena sukses bukanlah hanya untuk mereka yang sudah memiliki pekerjaan, malainkan untuk mereka yang ingin berjuang meraih kesuksesan tersebut.
Bagikan:

If you don’t build your dreams, someone will hire you to help build theirs.” – Tony Gaskin.

Banyak orang beranggapan bahwa sukses hanyalah milik mereka yang telah bekerja bertahun-tahun dengan mengumpulkan lembar demi lembar uang. Pengalaman telah begitu banyak, juga relasi yang berlimpah. Inilah yang membuat pola pikir generasi muda salah kaprah. Mereka lalu mengikuti pemikiran bahwa sukses harus didahului dengan bekerja menjadi karyawan.

Pola pikir ini harus diubah. Sukses di usia muda bukan hanya sekadar impian. Kesuksesan sejak dini adalah hak setiap orang yang ingin berjuang, yang ingin berusaha untuk meraihnya. Bagaimana memulainya? Sederhana. Awali langkah kamu dengan mengubah gaya hidup malas-malasan dan menunggu keajaiban dengan lima gaya hidup yang memicu munculnya kesuksesan berikut ini:

Disiplin adalah Kunci Sukses di Usia Muda. Bangunlah Lebih Pagi
Terdengar sepele, tetapi ternyata tidak semua orang bisa bangun lebih pagi untuk memulai aktivitas. Padahal, disiplin diri adalah kunci sukses supaya kamu bisa meraih sukses di usia muda. bangunlah tiga jam lebih awal dari waktu biasa kamu membuka mata.

Awali hari dengan berolahraga, lalu siapkan semua hal yang berkaitan dengan aktivitas yang akan kamu lakukan hari itu. Satu lagi, jangan pernah lupa sarapan, karena ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan mampu berpikir lebih jernih dalam setiap situasi. Dengan membiasakan bangun lebih pagi, kamu tidak akan tergesa-gesa dalam melakukan segala sesuatunya.

Tuliskan Semua Tujuanmu untuk Meraih Sukses di Usia Muda dalam Buku Agenda
Tidak masalah kalau kamu memiliki banyak cita-cita yang ingin diraih atau tujuan yang ingin dicapai. Sebanyak apa pun keinginan dan cita-citamu, keberhasilannya ditentukan dari bagaimana kamu mencapainya, dan bermalas-malasan tidak akan pernah membantu.

Baca juga  6 Gaya Hidup Orang Sukses yang Bisa Ditiru

Belilah sebuah buku agenda dan tuliskan semua keinginan dan tujuan yang ingin kamu capai. Buat prioritas, mana yang lebih penting dan bagaimana kamu akan mencapainya. Jangan lupa pula tuliskan tenggat waktunya, untuk membuat kamu lebih termotivasi dalam meraihnya. Setelah kamu berhasil mewujudkannya satu-demi satu, coretlah mana yang sudah terpenuhi.

Belajar Bagaimana Menghargai dan Mengatur Waktu
Generasi muda masa kini sering sekali membuang-buang waktu untuk melakukan sederetan aktivitas yang tidak menghasilkan, seperti terlalu banyak bermain ponsel, bermalas-malasan, dan terlalu banyak tidur. Mengapa tidak dialihkan menjadi suatu kegiatan yang lebih bermanfaat?

Kamu harus tahu, rahasia dibalik sukses di usia muda adalah bagaimana kamu menghargai waktu. Caranya? Aturlah sebaik mungkin untuk semua aktivitas yang bermanfaat. Cari informasi dari internet, temukan peluang, istirahat ketika sudah waktunya, dan bekerja sesuai dengan jamnya. Jangan terlalu berlebihan, karena memang semua ada porsinya.

Uang Mungkin Bukan Segalanya, tapi Kamu Tetap Perlu Bijak Menggunakannya
Hampir semua hal membutuhkan uang. Memang benar, tapi bukan berarti kamu bisa asal saja menghabiskannya. Gunakan dengan bijak, tulis semua pengeluaran harian juga pendapatan yang kamu peroleh. Jangan lupa, kamu juga perlu menabung. Simpan sebagian uang kamu di bank, atau alihkan untuk berinvestasi jangka panjang. Salah satunya bisa dengan melakukan Tabungan Emas di Pegadaian untuk investasi jangka panjang. Lewat layanan ini, kamu bisa berinvestasi emas mulai dari 5.000-an rupiah atau setara dengan 0,01 gram. Menarik, bukan?

Sukses di usia muda tidak serta merta bagaimana kamu jeli melihat peluang yang ada di depan mata. Kamu juga perlu menjadi ahli analisa sekaligus ahli keuangan yang mumpuni. Jika menulis setiap hari terlalu merepotkan, manfaatkan saja teknologi. Ada banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu pakai. Yuk, mulai investasi cerdas dari sekarang!

Baca juga  5 Anak Indonesia Berprestasi di Tingkat Dunia

Lebarkan Sayap dengan Menambah Relasi
Punya banyak teman tidak bisa disebut sukses, lho, karena kamu perlu cara yang tepat untuk bisa berkomunikasi demi menjalin relasi. Jika kamu sudah menguasainya, kamu pun akan lebih mudah untuk mendapatkan relasi baru dari berbagai sisi bisnis. Psst! ini rahasia utama untuk berkomunikasi dengan baik: jadilah pendengar yang baik. Lalu, tunjukkan simpati, sampaikan sesuai porsi dengan ramah, open minded, dan respect. Kuasai rahasia tadi, kamu sudah jadi ahli komunikasi yang mumpuni.

Itu tadi lima gaya hidup yang bisa kamu contoh supaya lebih mudah mewujudkan sukses di usia muda. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu memiliki niat dan kemauan yang keras dan mau berjuang. Yuk, raih sukses di usia muda!

Buat sukses di usia muda menjadi nyata dengan mengunduh ebook "Buat Sukses Jadi Nyata".