Libur lebaran seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik
Bagikan:

Libur Lebaran adalah saat paling menyenangkan bagi banyak orang. Selain mendapatkan cuti bersama, kamu juga bisa mudik ke kampung halaman. Sayangnya, tidak semua orang bisa mudik ke kampung halamannya. Ada yang karena terbentur dana dan ada juga yang sengaja melakukan mudik beberapa tahun sekali agar hemat.

Nah, kalau kamu tidak mudik Lebaran, tentu aktivitas di rumah akan lebih santai. Pekerjaan tidak ada karena kantor sedang sepi. Selain itu, aktivitas berkunjung ke saudara atau tetangga juga lebih banyak dilakukan. Selebihnya kamu akan menganggur. Lalu bagaimana agar libur Lebaran bisa lebih produktif? Begini cara yang bisa dilakukan.

  1. Menjadi Pekerja Lepas

Liburan Lebaran memang tidak lama dan hanya sekitar satu minggu saja. Namun, kalau kamu sudah tahu bakalan tidak pulang untuk mudik, kenapa tidak menjadi pekerja lepas saja. Ada banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa dilakukan mulai dari penulis, penerjemah, desainer, dan bidang profesional lain yang kamu kuasai.

Pekerja lepas bisa melakukan pekerjaan kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa memulainya sejak puasa lalu berlanjut hingga Lebaran. Saat masuk bekerja kembali, pekerjaan lepas ini bisa dilanjutkan lagi sesuai kebutuhan. Kalau memang tidak bisa dilanjutkan, ditunda dahulu sampai tidak terlalu banyak pekerjaan.

  1. Belajar Tentang Investasi

Melakukan investasi di waktu yang singkat adalah hal yang mustahil, apalagi hanya seminggu saja. Namun, kalau kamu belajar tentang investasi selama satu minggu, kemungkinan besar bisa dijalani dengan mudah. Pelajari aneka investasi yang bisa dilakukan seperti investasi emas, saham, atau mungkin valuta asing.

Luangkan waktu saat senggang dengan membaca apa saja yang berhubungan dengan investasi. Kalau kamu bisa melakukannya, setelah Lebaran pasti ada pikiran untuk melakukan investasi. Kalau libur Lebaran hanya dihabiskan dengan tidur atau makan, waktu yang banyak akan berakhir sia-sia.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Kalau kamu bingung mau melakukan apa dan agak malas untuk melakukan pekerjaan sampingan karena ingin istirahat, coba ubah gaya hidup saja. Kalau kamu awalnya pasif di rumah dan jarang olahraga, coba untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Selain olahraga, ubah juga pola makan yang salah.

Biasanya saat liburan Lebaran kita sering makan dan mengonsumsi apa saja secara berlebihan. Akhirnya saat masuk kerja malah sakit. Jadi, kalau memang tidak ada ide mau melakukan apa pun, coba perbaiki gaya hidup.

  1. Membuka Jasa Katering saat Libur Lebaran

Satu hal yang banyak terjadi pada masyarakat perkotaan kalau Lebaran tiba, biasanya asisten rumah tangga banyak yang mudik. Akhirnya banyak sekali rumah tangga yang jarang masak dan memutuskan untuk membelinya. Nah, karena kamu tidak mudik ke kampung halaman, kenapa tidak membuka jasa katering saja dan menawarkan pada mereka.

Meski hanya beberapa minggu saja, untung yang didapatkan akan besar. Apalagi kalau mereka sudah terlanjur cocok dengan masakan yang kamu atau orang tua kamu buat. Ke depannya mereka akan tetap membeli meski sudah tidak momen Lebaran lagi. Singkatnya bisnis ini bisa terus digunakan sampai libur usai.

  1. Menjadi Agen Pegadaian

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan liburan adalah dengan mengajukan diri sebagai Agen Pegadaian. Dengan menjadi agen dari Pegadaian, kamu bisa melayani masyarakat untuk bertanya tentang produk, melakukan pembayaran, atau mengajukan pinjaman di Pegadaian. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi Agen Pegadaian.

Agen Pegadaian sendiri terdiri dari tiga, pertama Agen Pemasaran, lalu Agen Pembayaran, dan Agen Gadai. Kamu bisa memilih sendiri mana agen yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau kemampuan komunikasi dan penjualan baik, Agen Pemasaran bisa diambil. Namun, kalau kamu tidak bisa selalu melakukan penjualan, bisa jadi Agen Pembayaran saja.  Datanglah ke cabang Pegadaian terdekat untuk mengajukan kerja sama mitra.

Inilah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat libur Lebaran kalau kebetulan kamu tidak mudik. Beberapa aktivitas di atas bisa dilanjutkan bahkan saat kamu sudah kembali bekerja atau mungkin kuliah untuk yang masih menjalankan studi. Walt Disney pernah berkata: If you can dream it, you can do it. Kalau kamu berusaha pasti impian sebesar apa pun bisa diwujudkan.