4 Produk Berprinsip Syariah dan Syarat pengajuannya
Bagikan:

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda dan cenderung tidak terduga. Terkadang kebutuhan mendadak ini terjadi karena ada kejadian di luar prediksi yang mengganggu post-post dana yang sudah disiapkan. Agar tetap stabil menghadapi kondisi yang tidak terduga, penting bagi setiap orang mempunyai aset yang bisa dimanfaatkan secara cepat. Sehingga aset tersebut bisa dimanfaatkan dengan dijual ataupun digadai di Pegadaian.

PT Pegadaian (Persero) merupakan lembaga keuangan dengan inti usaha gadai dan pembiayaan. Salah satu Unit usaha yang dimiliki adalah Pegadaian Syariah. Pegadaian syariah hadir dengan bermacam produk. Berikut ini adalah empat produk Pegadaian Syariah dan syarat pengajuannya:

1. Rahn (Gadai)

Pembiayaan Rahn (gadai) dari Pegadaian Syariah menjadi solusi untuk mendapatkan dana secara cepat dan mudah dengan prinsip Syariah. Selain prosesnya mudah, barang jaminan pada pembiayaan Rahn terjamin aman. Barang jaminan yang bisa digunakan dalam transaksi rahn  ini berupa emas perhiasaan, emas batangan, berlian, smartphone, laptop, sepeda motor, mobil atau barang bergerak lainnya.

Pembiayaan Rahn memberikan pinjaman mulai dari Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 1.050.000.000. Jangka waktu peminjaman Rahn ini selama 120 hari atau empat bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali.

Untuk pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan Mu’nah (biaya pemeliharaan) selama masa pinjaman. Kelebihan lain dari pembiayaan Rahn adalah proses pinjaman tanpa harus membuka rekening dan peneriman Marhun Bih dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening nasabah. Saat ini, pelayanan Rahn tersedia di lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.

Persyaratan Pembiayaan Rahn

  1. Fotokopi KTP atau Kartu Identitas resmi lainnya
  2. Memiliki marhun (barang jaminan) berupa barang bergerak (seperti emas, kendaraan bermotor, hp, laptop)
  3. Untuk barang jaminan kendaraan bermotor membawa BPKB dan STNK asli
  4. Nasabah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR)

2. Amanah

Amanah adalah pemberian pinjaman berprinsip syariah kepada karyawan dan pengusaha mikro/kecil, untuk pembelian kendaraan bermotor. Pinjaman pembiayaan Amanah mulai dari Rp. 5.000.000 sampai 450.000.000 dengan biaya administrasi Rp. 200.000 untuk Mobil dan Rp. 70.000 untuk Motor dan jangka waktu pinjaman 12 – 60 Bulan.

Persyaratan Pembiayaan Amanah

  1. Pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta minimal telah bekerja selama 2 tahun atau SIUP/ Surat Keterangan Usaha bagi pengusaha mikro/kecil
  2. Melampirkan kelengkapan: Fotokopi KTP (suami/istri), Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai / karyawan tetap, Rekomendasi atasan langsung, Slip gaji 2 bulan terakhir
  3. Mengisi dan menandatangani form aplikasi AMANAH
  4. Membayar uang muka yang disepakati Minimal 10 % untuk Motor dan Minimal 20 % untuk mobil
  5. Menandatangani akad AMANAH

3. Arrum BPKB

Arrum BPKB adalah pembiayaan untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB Kendaraan Bermotor. Pinjaman pada Arrum BPKB ini mulai dari Rp. 3.000.000 sampai Rp. 400.000.000. Untuk pilihan jangka waktu pinjaman, Pegadaian Syariah memberikan pilihan mulai dari 12, 18, 24, 36 bulan. Karena ini merupakan pembiayaan dengan jaminan BPKB kendaraan, maka Pegadaian hanya menyimpan BPKB dan berkas-berkas saja. Sementara kendaraan masih dapat digunakan nasabah.

Persyaratan Arrum BPKB

  1. Memiliki usaha mikro/kecil yang memenuhi kriteria kelayakan serta berjalan lebih dari satu tahun dan menjalankan usahanya secara sah secara syariat islam dan perundang-undangan RI
  2. Fotocopy KTP, Kartu Keluarga dan Surat Nikah dengan menunjukan aslinya
  3. Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotocopy STNK dan Faktur Pembelian).

4. Arrum Haji

Arrum haji adalah pembiayaanbagi siapapun yang ingin mewujudkan  ibadah haji. Produk arrum haji memudahkan mendapatkan porsi haji hanya dengan emas batangan 3.5 gram atau 5 gram perhiasan dengan nilai setara. Pendaftar haji akan memperoleh pinjaman senilai Rp25.000.000,- yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji. Jangka waktu pembiayaan arrum haji fleksible dari 1 tahun hingga 5 tahun. Barang jaminan dan Dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian dan bisa diambil saat pelunasan.

Persyaratan Arrum Haji

  1. Memenuhi syarat sebagai pendaftar haji
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy KK
  4. Jaminan Emas Batangan (LM) minimal 3,5 gr atau emas perhiasan berkadar minimal 70 % dengan berat sekitar 5  gram

Bagi siapa saja yang membutuhkan dana dengan prinsip syariah, Pegadaian memberikan berbagai macam produk syariah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan memahami jenis produk dengan baik serta persyaratan apa saja yang dibutuhkan agar proses pengajuan berjalan cepat.