Beli emas secara cicilan bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan modal terbatas. Yuk, simak dulu pertimbangannya.
Bagikan:

Emas menjadi pilihan terbaik buat Anda yang baru ingin mulai berinvestasi. Selain nilainya relatif stabil, risiko investasinya juga terbilang rendah. Bahkan, dengan modal yang terbatas, Anda bisa beli emas dengan cara cicilan. Sehingga, penghasilan rendah tidak seharusnya menghalangi semangat untuk berinvestasi dengan produk emas baik perhiasan emas maupun emas batangan.

Kehadiran lembaga pembiayaan yang melayani pembelian emas secara cicilan menjadi bukti betapa mudahnya berinvestasi emas saat ini. Namun, sebelum Anda mengeksekusi rencana itu, sebaiknya ketahui lebih dulu apa saja pertimbangan beli emas secara cicilan.

Pertimbangan Beli Emas dengan Cicilan

Emas memang populer sebagai instrumen investasi yang tergolong cair, mudah dibeli, dan dijual kembali. Beragam cara bisa Anda tempuh untuk membeli emas, mulai dari membelinya secara tunai hingga mencicil. Lalu, apa saja pertimbangan membeli emas lewat sistem cicilan?

Modal terbatas tidak masalah

Ya, dengan investasi emas secara mencicil, tidak masalah jika modal Anda terbatas. Apalagi, jika Anda hanya bisa mengalokasikan sedikit dana dari penghasilan karena kebutuhan sehari-hari yang cukup banyak. Berapa pun modal yang ada, Anda bisa mewujudkan impian berinvestasi emas dengan mudah.

Tidak usah pusing soal penyimpanan emas

Berhubung Anda mengandalkan sistem kredit emas, maka emas yang dicicil itu belum ada di tangan Anda. Lembaga pembiayaan yang melayani cicilan emas akan menyimpannya dengan aman. Maka, Anda tidak harus menyewa safety deposit box atau sejenisnya di lembaga tersebut. Percayakan saja pada lembaga tempat Anda mencicil emas.

Berfungsi sebagai jaminan

Jika Anda mengambil cicilan emas di lembaga seperti Pegadaian, Anda bisa menggadaikan emas itu ketika memerlukan dana segera. Meski belum lunas, emas tersebut bisa tetap digadaikan sejumlah cicilan yang sudah Anda bayarkan. Dengan kata lain, emas itu menjadi jaminan dan Pegadaian akan membuat perhitungan pinjaman baru dari pinjaman yang sudah diambil.

Membuat Anda disiplin menabung

Mencicil emas cocok untuk Anda yang sering melewatkan pos investasi. Adanya kewajiban mencicil emas setiap bulan membuat Anda lebih disiplin menabung. Boleh jadi jumlah cicilan emas itu tampak “tidak seberapa besar.” Namun, jika Anda rajin menabung secara rutin, hasil tabungan itu akan mulai terlihat. Sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit, kan?

Risiko harga emas mengalami fluktuasi

Harga emas memang relatif stabil, tetapi tidak menghindarkan emas dari fluktuasi. Membeli emas dengan cara cicilan membuat Anda terhindar dari fluktuasi harga emas. Harga emas yang dibayarkan tetap sesuai dengan harga emas saat melakukan perjanjian cicilan. Meski begitu Anda tetap harus jeli memahami waktu yang tepat untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan emas.

Keluar biaya tambahan

Ketika memutuskan untuk membeli emas dengan cara mencicil, maka emas akan disimpan oleh lembaga pembiayaan tersebut. Maka ada biaya tambahan baik untuk penyimpanan maupun administrasi yang harus dikeluarkan. Besaran biayanya tergantung lembaga pembiayaan masing-masing.

Emas masih ditahan

Sampai cicilan emas Anda lunas, emas tetap disimpan atau ditahan oleh lembaga pembiayaan. Ini berbeda dengan kredit barang lain yang bisa Anda bawa pulang dan pakai dulu meski cicilan belum lunas. Emas baru bisa dibawa pulang ketika cicilan sudah lunas.

Risiko tidak bisa melunasi cicilan

Selalu ada kemungkinan nasabah tidak bisa melunasi cicilan emas atau gagal bayar. Imbasnya, emas yang Anda cicil akan disita oleh kreditur dan diproses lelang. Hasil lelang itu akan digunakan untuk melunasi sisa cicilan yang belum terbayar.

 

Nah, Anda sudah tahu apa saja pertimbangan beli emas secara cicilan. Semua kembali pada keputusan dan besaran modal yang Anda punya saat ini. Namun, membeli emas secara cicilan adalah langkah bijak bagi Anda yang baru mulai berinvestasi.

Sekarang Anda bisa mengandalkan aplikasi Pegadaian Digital di smartphone untuk mulai berinvestasi emas. Pegadaian memiliki dua produk emas bagi Anda yang memiliki modal sedikit namun ingin beli emas yaitu pembelian emas dengan sistem cicilan dan Tabungan Emas Pegadaian. Membeli emas dengan sistem cicilan adalah pembelian emas batangan dengan membayar cicilan tetap setiap bulannya. Jika tidak suka terikat cicilan tetap, Anda lebih cocok memiliki Tabungan Emas Pegadaian. Dengan Tabungan Emas Pegadaian, Anda bisa membeli emas dengan uang mulai dari Rp7.000-an saja!

Yuk, nikmati kemudahan beli emas secara cicilan di Pegadaian dengan download aplikasi Pegadaian Digital sekarang juga!