Bagikan:

“In any investment, you expect to have fun and make money”

Michael Jordan

Emas kerap dianggap masyarakat umum sebagai salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Keuntungan tersebut di antaranya adalah minim risiko, bisa dijual dengan cara yang sangat mudah, serta butuh biaya yang tidak terlalu banyak. Apalagi, saat ini kamu juga bisa memanfaatkan layanan bernama Tabungan Emas dari Pegadaian.

Layanan ini merupakan solusi yang disediakan oleh Pegadaian sebagai salah satu BUMN milik pemerintah dalam menyediakan emas secara mudah kepada masyarakat. Caranya, kamu tinggal membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian. Sebagai informasi, berikut ini 4 tahapan simulasi Tabungan Emas Pegadaian yang perlu kamu lakukan kalau ingin menggunakan layanan ini:

  • Melakukan Pendaftaran di Kantor Pegadaian

Tahap pertama simulasi tabungan emas Pegadaian adalah dengan melakukan pendaftaran pembukaan rekening Tabungan Emas. Cara pendaftarannya mudah, bisa datang secara langsung ke Kantor Pegadaian dengan melakukan pengisian data pribadi sesuai kartu identitas. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan untuk durasi 12 bulan masing-masing nominalnya Rp 10 ribu dan Rp 30 ribu.

  • Unduh Aplikasi Pegadaian Digital

Setelah melakukan pendaftaran pembukaan rekening tabungan emas, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Pegadaian Digital yang dapat dijumpai di App Store dan Google Play Store. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk melakukan top-up Tabungan Emas dengan mudah lewat smartphone.

  • Lakukan Pengisian Data Pribadi

Tahap simulasi Tabungan Emas Pegadaian berikutnya di Pegadaian Digital adalah dengan melakukan pengisian data pribadi secara lengkap. Data-data tersebut di antaranya adalah nomor CIF, nomor rekening bank untuk pembayaran, nama lengkap, alamat, NPWP, dan lain-lain.

  • Mulai Lakukan Transaksi Pembelian Emas

Setelah pengisian data pribadi secara komplet, aplikasi Pegadaian Digital kemudian bisa digunakan untuk melakukan simulasi Tabungan Emas Pegadaian secara langsung. Cara pembelian emas bisa kamu mulai dari Rp 6.000-an atau setara dengan 0,01 gram emas.

Cara pembelian emas ini juga sangat mudah. Pada layar handphone, kamu bisa mengetahui secara langsung harga jual serta harga beli emas terbaru. Selanjutnya, kamu pun bisa memasukkan nominal emas yang ingin dibeli dan mengonfirmasi pembayaran. Langkah serupa juga bisa kamu lakukan kalau ingin menjual emas yang tersimpan di rekeningmu.

Selain lewat aplikasi Pegadaian Digital, penambahan Tabungan Emas Pegadaian juga bisa dilakukan dengan cara lain, termasuk di antaranya adalah lewat ATM, datang secara langsung ke outlet Pegadaian, atau memanfaatkan keberadaan Agen Pegadaian.

Keuntungan Memiliki Tabungan Emas di Pegadaian

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian yang bisa dilakukan lewat aplikasi Pegadaian Digital menyediakan informasi berharga untuk memperoleh investasi emas dengan cara yang mudah. Namun, kamu tentu bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan Tabungan Emas di Pegadaian? Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan layanan Tabungan Emas di Pegadaian, yakni:

  • Aman

Tabungan Emas di Pegadaian bisa dilakukan dengan sangat aman. Apalagi, Pegadaian merupakan BUMN yang notabene dimiliki oleh negara. Hal ini berbeda dibandingkan dengan membeli emas dari perusahaan yang legalitasnya perlu dipertanyakan.

Tabungan emas yang dimiliki di Pegadaian juga bisa diambil dalam bentuk fisik. Kamu bisa mencetak emas secara fisik dalam ukuran 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, ataupun 100 gram. Untuk memperoleh emas secara fisik tersebut, perlu waktu distribusi sekitar 1 bulan.

  • Fleksibel

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian Digital memungkinkan kamu untuk memperoleh tabungan emas dengan cara yang sangat mudah. Kamu bisa memperoleh Tabungan Emas mulai dari Rp 6.000-an atau setara dengan 0,01 gram. Selain itu, Tabungan Emas juga bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja, bahkan cukup dengan mengandalkan koneksi internet yang ada di handphone.

  • Biaya Murah

Tabungan Emas di Pegadaian juga memberikan sarana kepemilikan emas dengan biaya yang murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya administrasi serta biaya titipan emas kepada pihak Pegadaian. Selain itu, ada pula biaya administrasi yang dibayarkan kepada bank untuk setiap transaksi pembelian emas yang dilakukan.

Memiliki investasi emas di Pegadaian sangat mudah, kan? Kamu bisa menambah jumlah kepemilikan emas semuanya cukup dilakukan dari aplikasi di handphone.