Bagikan:

Filosofi seorang yang kaya dan yang miskin adalah: Orang kaya menginventasikan uang dan menghabiskan sisanya. Orang miskin menghabiskan uang dan menginvestasikan sisanya. Robert T. Kiyosaki

Menabung kini tak hanya identik dengan menyimpan uang di bank. Banyak orang mulai melirik investasi sebagai tabungan yang menguntungkan. Dari sekian banyak instrumen investasi, emas tetap berada pada urutan pertama instrumen investasi yang paling banyak diminati masyarakat. Berbagai lembaga keuangan pun turut menawarkan kemudahan investasi emas melalui tabungan dan kredit emas.

Simulasi kredit emas Pegadaian merupakan salah satu program pembiayaan investasi yang ditawarkan lembaga gadai tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam menghimpun kekayaannya. Tertarik untuk menabung emas di Pegadaian? Simak beberapa ulasan penting berikut ini.

Bagaimana Cara Kerja Simulasi Kredit Emas Pegadaian?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan investasi emas di Pegadaian:

1. Membuka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Pembukaan rekening Tabungan Emas dapat dilakukan di kantor cabang Pegadaian terdekat. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyiapkan berkas yang diperlukan yakni fotokopi identitas resmi yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau Paspor. Setelah itu, isi formulir pembukaan rekening yang disediakan pihak Pegadaian. Pembukaan rekening emas di Pegadaian dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 serta biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000. Anda bisa menabung emas mulai dari kelipatan 0,01 gram dengan nominal sekitar Rp 5.000-an.

2. Kredit Emas Lewat Produk Emasku

Selain menabung emas, Pegadaian juga menyediakan layanan investasi emas melalui produk Emasku. Di sini, Anda bisa memiliki emas logam mulia 24 karat dengan cara yang mudah, praktis, ekonomis, ditambah dengan perlindungan asuransi. Mengapa demikian? Karena, mulai dari Rp 150.000, Anda sudah dapat berinvestasi emas, dengan rincian Rp 100.000 untuk uang muka logam mulia 1 gram beserta dengan Rp 50.000 untuk asuransi kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya, nasabah akan memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000.

Baca juga  Pilih Beli Emas atau Gadget Baru?

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi emas lewat produk Emasku, Anda harus menyerahkan fotokopi KTP/SIM/paspor atau identitas yang masih berlaku. Setelah itu, Anda memilih layanan paket. Selain paket emas Rp 150.000, harga paket lain yang disediakan oleh Pegadaian adalah Rp 300.000, Rp 550.000, dan Rp 1.250.000. Jika sudah menentukan paket mana yang akan diambil, nasabah tinggal melakukan akad cicilan emas. Nasabah diharuskan untuk membayar cicilan emas dalam masa angsuran sebanyak 12 kali, yang bisa dilakukan via Pegadaian atau bank. Setelah cicilan lunas, maka emas menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Keuntungan Simulasi Kredit Emas Pegadaian

Beberapa keuntungan yang dapat kamu rasakan dari adanya simulasi kredit emas Pegadaian di antaranya:

1. Bebas Rasa Khawatir

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang memiliki kredibilitas, sehingga Anda tidak perlu takut akan segala risikonya. Serahkan segala urusan investasi pada lembaga yang telah terbukti reputasi dan legalitasnya.

2. Emas Pegadaian Memiliki Sertifikat Resmi

Emas yang dijual Pegadaian telah memiliki sertifikat resmi dari produsen emas terpercaya, yakni PT ANTAM dan PT UBS. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas dan keasliannya. Bahkan, Pegadaian pun mengeluarkan produk emasnya yang diberi nama emas Pegadaian.

3. Harga Emas Pegadaian Masih Tergolong Wajar

Harga emas yang diterapkan Pegadaian relatif normal. Proses pembukaan rekening dan transaksi pun terbilang sederhana dan cepat. Hanya dalam jangka waktu 20 menit, Anda sudah bisa menyelesaikan proses transaksi.

4. Emas Dapat Digadaikan Kembali

Jika dalam proses cicilan Anda memiliki keperluan mendesak, emas yang sedang dicicil pun dapat digadaikan di Pegadaian. Pegadaian akan menghitung kembali semua jumlah cicilan dalam jangka waktu tertentu dan Anda pun dapat memperoleh uang sesuai dengan jumlah cicilan yang dibayarkan. Jika sudah memiliki uang, Anda bisa membayar tagihan gadaian dan melanjutkan cicilan.

Baca juga  Manfaat Emas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang simulasi kredit emas Pegadaian. Sebelum berinvestasi, bijaklah dalam mempertimbangkan segala risikonya agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.