Ketahui sistem konsinyasi emas di pegadaian
Bagikan:

Apakah kamu berpikir untuk membeli emas sebagai investasi, tetapi bingung mencari tempat penyimpanan yang aman? Sistem konsinyasi emas dari Pegadaian bisa menjadi pilihan. Kamu tidak hanya bisa membeli emas, tetapi juga menyimpannya dengan aman di tempat terpercaya. Cocok untukmu yang takut risiko menyimpan emas di rumah atau tidak memiliki penyimpanan aman.

Penasaran ingin mencoba? Ketahui dulu informasi rinci tentang sistem ini.

Definisi Konsinyasi Emas

Sistem konsinyasi emas adalah layanan Pegadaian untuk membeli, menjual, dan menyimpan emas batangan. Kamu bisa membeli emas langsung di Pegadaian, lalu menitipkannya di tempat penyimpanan mereka dalam jangka waktu tertentu sesuai kontrak (minimal tiga bulan). Selama jangka waktu itu, jika emasmu terjual, Pegadaian akan membagi untungnya denganmu menggunakan sistem bagi hasil.

Sistem bagi hasil dalam Pegadaian cukup menguntungkan, karena kamu mendapat 2/3 dari keuntungan penjualan. Jika kamu membutuhkan emasmu, atau jika emas tersebut tidak terjual hingga kontrak habis, kamu bisa mengambilnya kembali.

Mengapa Ikut Konsinyasi Emas?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan mencoba konsinyasi emas, yaitu:

  • Emas lebih aman

Menyimpan emas di rumah cukup rawan karena ada ancaman seperti pencurian atau kebakaran. Dengan menyimpan emas di Pegadaian lewat konsinyasi, asetmu akan tetap aman selama belum terjual.

  • Ada keuntungan saat harga emas turun

Jika kamu menyimpan emas di rumah, kamu harus menunggu sampai harga emas naik sebelum bisa menjual. Sistem konsinyasi emas Pegadaian memberimu keuntungan bahkan saat harga emas sedang turun, kecuali jika kamu memutuskan untuk mengambil emasmu kembali.

  • Investasi dengan sistem yang jelas

Bosan menunggu tabungan bertambah, tetapi tidak ingin terjun ke investasi menggiurkan yang ternyata bodong? Konsinyasi emas adalah jawabannya. Selain sistem yang mudah, pengelolaannya jelas dan transparan. Plus, Pegadaian adalah BUMN, sehingga reputasinya terjamin.

  • Bisa mulai dengan dana kecil

Kamu tidak perlu memiliki dana investasi besar untuk mengikuti sistem ini. Pegadaian menawarkan batas minimum berat emas sebesar 5 gram untuk berinvestasi.

Sistem konsinyasi juga terbuka untuk siapa saja selama sudah memiliki KTP dan punya dana untuk membeli emas. Siapa bilang investasi hanya untuk orang kaya?

Cara Melakukan Konsinyasi Emas

Sudah siap melakukan konsinyasi emas? Berikut beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

  • Siapkan persyaratan awal

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah fotokopi KTP, SIM, atau paspor yang masih berlaku. Jangan lupa siapkan dana sesuai kebutuhan untuk membeli emas di Pegadaian.

  • Lakukan transaksi di Pegadaian

Datangkah ke cabang Pegadaian atau Galeri 24 terdekat di areamu. Setelah melakukan pembelian, kamu wajib meminta kuitansi atau surat bukti serah terima untuk emasmu. Pastikan semua informasinya lengkap tercantum, seperti tanggal, identitas, dan berat emas yang kamu beli.

  • Lakukan registrasi

Proses registrasi konsinyasi emas cukup mudah. Kamu hanya harus mengisi formulir pendaftaran serta menandatangani dua rangkap dokumen pengajuan konsinyasi. Dokumen ini harus ditempeli meterai senilai Rp6.000.

  • Cek status konsinyasi

Kamu bisa memeriksa status konsinyasi lewat situs Pegadaian. Caranya, masuklah ke halaman Produk, pilih Konsinyasi Emas, lalu klik tombol “Cek Status Konsinyasi”. Masukkan nomor konsinyasi untuk melihat informasinya.

Ingat, setiap dokumen pengajuan konsinyasi hanya berlaku selama tiga bulan. Anda harus datang ke Pegadaian jika ingin memperpanjang kontrak.

Kesimpulan

Lysander Spooner, wirausahawan, pejuang anti perbudakan, dan filsuf Amerika pernah berkata bahwa investasi emas “tidak mengenal inflasi, tetapi uang kertas bisa mengalami penurunan nilai”. Emas adalah salah satu investasi termudah dan paling stabil, cocok untukmu yang menginginkan investasi lebih besar dari tabungan biasa tetapi tanpa risiko. Akan tetapi, menyimpan emas di rumah sendiri juga menawarkan risiko.

Konsinyasi emas adalah solusi untukmu yang ingin berinvestasi emas secara mudah dan aman, tanpa harus menumpuk emas di rumah. Selain aman, kamu juga bisa mendapat keuntungan ekstra dari hasil penjualan emasmu di Pegadaian, walau secara fisik kamu masih memilikinya. Sistem bagi hasilnya juga cocok untukmu yang ingin menghindari riba.

Konsinyasi emas Pegadaian jelas merupakan investasi terbaik dan teraman untuk penyuka risiko rendah. Untuk ketersediaan layanan Konsinyasi Emas, kamu dapat menghubungi cabang Pegadaian terdekat. Semoga bermanfaat!