Bagikan:

Tahukah kamu? Sampai saat ini emas kerap dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Menurut prediksi, harga emas di tahun 2019 diperkirakan akan meningkat dan menyentuh level terkuatnya pada 3 bulan terakhir. Banyak faktor yang menjadi pemicu kenaikan harga emas, di antaranya pelemahan mata uang dollar Amerika Serikat serta meningkatnya kekhawatiran atas defisit anggaran negara adi daya tersebut.

Emas selalu menjadi primadona investasi karena nilainya yang terus naik dari tahun ke tahun. Tidak seperti barang elektronik atau otomotif, nilai emas tidak pernah turun. Jika ingat tren #10YearsChallenge di media sosial baru-baru ini, harga emas 10 tahun lalu berada di kisaran Rp270.000-an per gramnya. Bandingkan dengan harganya sekarang yang mencapai Rp600.000-an per gramnya. Sehingga emas juga cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena harganya yang cenderung stabil dan tidak terpengaruh dampak inflasi. Itulah mengapa emas disebut juga sebagai aset save haven.

Faktor lainnya mengapa emas dijadikan aset investasi banyak orang adalah sifat emas yang likuid atau mudah dicairkan. Saat kamu membutuhkan dana darurat, emas bisa kamu jual atau gadai. Selain itu, emas juga terjangkau dan bisa dimiliki oleh semua kalangan karena kepemilikannya bisa didapat dengan cara yang beragam, mulai dari membeli secara tunai, cicilan, atau menabung.

Untuk yang terakhir, menabung emas tumbuh menjadi semangat gaya hidup masa kini bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi dengan mudah, aman, dan terjangkau. Menabung emas sama dengan menabung uang di lembaga keuangan. Kamu menyetorkan sejumlah uang dengan minimal tertentu, kemudian uang tersebut dikonversikan ke dalam bentuk gram emas yang akan tercatat di buku tabungan kamu.

Salah satu lembaga yang menyediakan layanan ini adalah Pegadaian melalui Tabungan Emas. Transaksi menabung emas di Pegadaian pun aman terjamin karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, layanan yang diberikan sangat profesional, transparan, serta mudah. Kamu dengan mudah mencairkan saldo tabungan emas kamu, baik itu dalam bentuk tunai atau cetak emas jika sudah mencapai berat 1 gram.

Prosedur untuk membuka rekening Tabungan Emas juga terbilang sederhana. Kamu perlu menyiapkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. Kemudian isi formulir secara lengkap dan jujur sesuai dengan identitas kamu serta membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan emas sebesar Rp30.000 untuk 1 tahun. Kamu pun sudah bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau setara dengan Rp6.000-an. Untuk mengetahui update harga terbaru, kamu pun bisa mengeceknya di aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diunduh di ponsel Android atau iOS.

Kemudian jika terbesit di pertanyaan kamu, “Bagaimana dengan top up saldonya?” Pegadaian memberikan kemudahan dengan menyediakan banyak channel bagi kamu untuk top up saldo Tabungan Emas kapan pun dan dimana pun. Cara konvensional adalah dengan mendatangi outlet Pegadaian terdekat. Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat lebih dari 4.000 outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kamu dengan mudah melakukan transaksi Tabungan Emas tanpa perlu bingung mencari lokasinya.

Pegadaian pun juga terus update dengan perkembangan teknologi masa kini. Melalui aplikasi Pegadaian Digital, kamu juga bisa melakukan top up saldo Tabungan Emas dengan mudah melalui genggaman jari di ponsel kamu. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau Agen Pegadaian terdekat untuk membuka rekening baru atau sekedar top up saldo Tabungan Emas. Pilihan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk top up saldo Tabungan Emas adalah ATM dan internet banking.

Pegadaian kini juga bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan layanan Tokopedia Emas bagi kamu yang ingin investasi emas secara mudah dan terjangkau. Sekarang semua orang dapat memiliki emas hanya dengan bermodalkan Rp500. Transaksi hanya bisa kamu lakukan melalui aplikasi Tokopedia, sehingga rekeningnya berbeda dengan rekening Tabungan Emas Pegadaian. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi, seperti pembukaan, top up, buyback, dan transfer ke sesama pengguna akun Tokopedia Emas. Tokopedia Emas pun memberikan akses nonstop 24/7 bagi kamu yang ingin mengecek harga emas dunia hari ini secara online.

Mudah, bukan? Yuk, tumbuhkan semangat investasi kamu dengan semangat investasi emas. Mulai tahun 2019 dengan sesuatu yang bermanfaat untuk masa yang akan datang. Semoga bermanfaat!