Emas tak hanya menjadi perhiasan, tetapi juga investasi. Bagaimana peluang investasi menggunakan perhiasan emas? Selengkapnya di sini.
Bagikan:

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan harga emas yang cenderung stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas bisa berbentuk emas batangan maupun perhiasan emas. Perhiasan emas memiliki peluang investasi yang berbeda dengan emas batangan.

Bagaimana peluang investasi menggunakan perhiasan emas? Apakah bisa berinvestasi dengan menggadaikan perhiasan emas di Pegadaian? Simak informasinya berikut ini.

Peluang Investasi Perhiasan Emas Saat Ini

Perhiasan emas berbeda dengan emas batangan. Pertama, perbedaan bahan bakunya. Emas batangan umumnya bisa dibuat dari emas murni atau 24 karat. Berbeda dengan perhiasan emas yang terbuat dari campuran emas, perak, dan tembaga. Hal ini karena emas 24 karat cenderung lunak dan mudah berubah bentuk sehingga tidak cocok dijadikan sebagai perhiasan.

Perhiasan emas berstruktur stabil biasanya terbuat dari emas berkadar 18 karat. Belum lagi, harga perhiasan emas tidak sama dengan harga emas murni. Harganya dipengaruhi oleh kadar, biaya pembuatan perhiasan, serta pajak.

Lalu, apakah perhiasan emas tidak tepat untuk dijadikan alat investasi? Tentu saja tidak. Pastikan Anda memang sering menggunakan perhiasan emas dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak begitu suka menggunakan perhiasan, sebaiknya jangan membelinya untuk berinvestasi. Selain itu, lebih baik berinvestasi perhiasan emas daripada menghamburkan uang untuk barang-barang yang kurang berguna.

Jual, Lelang, atau Gadai Perhiasan Emas?

Anda bisa menjual perhiasan emas apabila harga emas terkini sedang meningkat. Ingin mendapatkan harga yang terbaik? Cobalah kunjungi beberapa toko untuk tawar-menawar dan cek respons mereka. Tak hanya itu, Anda bisa juga mengadakan lelang kecil-kecilan dengan orang-orang terdekat. Tentukan kisaran harga perhiasan yang akan dilelang.

Berikutnya, menggadaikan emas di Pegadaian. Ketika tabungan habis dan membutuhkan dana darurat secepatnya, perhiasan emas bisa digadaikan. Jangan lupa membawa data-data penting seperti surat dan sertifikat perhiasan Anda.

Itulah informasi tentang peluang investasi perhiasan emas yang penting untuk diketahui. Selain bisa digunakan untuk mempercantik diri, perhiasan emas cocok untuk investasi jangka panjang. Tambahan lagi, Anda tidak perlu bimbang untuk melakukan gadai emas di Pegadaian.