Jika kamu memiliki saldo tabungan emas, kamu bisa melakukan gadai emas untuk mendapatkan dana segar. Prosesnya tidak rumit dan bunganya ringan.
Bagikan:

Situasi darurat memang tidak bisa diprediksi. Namun, kamu dapat bersiap-siap terlebih dahulu untuk menghadapinya. Salah satunya dengan menyiapkan dana darurat yang bisa dipergunakan sewaktu-waktu. Dana tersebut dapat disimpan di rekening bank.

Alternatif lain adalah menyimpan dana dalam bentuk emas. Apabila suatu saat membutuhkan, kamu bisa langsung gadai emas untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Tabungan Emas di Pegadaian

Pada umumnya, emas yang digadaikan adalah emas perhiasan. Emas dalam bentuk perhiasan memang lebih umum dibeli, terutama oleh para wanita, karena berfungsi sebagai aksesori. Namun, selain emas perhiasan yang memiliki wujud, ada pula yang disebut tabungan emas yang disimpan di Pegadaian. Tabungan emas ini dapat digadaikan jika kamu membutuhkan dana segar.
Fasilitas gadai emas dengan menggunakan agunan tabungan emas di Pegadaian menawarkan sejumlah keuntungan, yaitu:

• Proses gadai dapat dilayani di berbagai gerai Pegadaian.
• Proses yang harus dilewati untuk mengajukan gadai emas cukup mudah dan cepat.
• Untuk menentukan plafon pinjaman, petugas akan melihat jumlah yang ada di saldo Tabungan Emas.
• Kamu dapat memilih tenor 30 hari, 60 hari, 90 hari, dan 120 hari untuk membayar pinjaman.
• Minimal saldo Tabungan Emas yang tersisa adalah 0,1 gram.
• Sewa modal atau bunga pinjaman adalah 0,75% per 15 hari.
• Biaya administrasi sangat ringan, yaitu 0,05%, dengan jumlah minimal Rp2.000 dan maksimal
Rp25.000.

Cara Gadai Tabungan Emas

Lalu, bagaimana cara menggadaikan tabungan emas di Pegadaian? Sebelumnya, kamu tentu harus memenuhi persyaratan, yaitu memiliki Tabungan Emas di Pegadaian. Kedua, melakukan registrasi di gerai pegadaian. Jangan lupa untuk membawa KTP, buku Tabungan Emas, dan mengisi form registrasi gadai.

Nah, untuk melakukan gadai emas, prosesnya sangat mudah. Pertama, kamu harus mengisi form pengajuan. Selanjutnya, tentukan berat gram yang akan digadai dan jangka waktu gadai. Setelah itu, kamu harus membayar biaya administrasi sesuai ketentuan. Terakhir adalah pencairan dan dapat dilakukan secara transfer maupun tunai.

Nah, inilah hal yang perlu kamu lakukan apabila ingin gadai emas di Pegadaian. Mudah, bukan? Yuk, manfaatkan fasilitas ini ketika keuanganmu sedang berada dalam kondisi darurat.