Bagi Anda yang sudah mempunyai Tabungan Emas dan butuh dana mendesak, layanan Gadai Tabungan Emas dari Pegadaian bisa jadi pilihan.
Bagikan:

Jika Anda nasabah Pegadaian, tentu familier dengan salah satu produk unggulannya, yaitu Tabungan Emas. Sesuai nama yang disematkan, Tabungan Emas mirip seperti menabung biasa, namun bedanya uang yang ditabung akan dikonversi menjadi emas. Jadi, saldo tabungan bukan dalam bentuk uang rupiah, tapi gram emas. Dengan begini, Anda seperti membeli emas tanpa harus menyimpannya sendiri dalam bentuk fisik karena emas tersebut disimpan oleh Pegadaian. Hebatnya, membeli emas dengan Tabungan Emas Pegadaian bisa dilakukan mulai dari Rp7.000,00-an saja!

Guna melengkapi manfaat Tabungan Emas, Pegadaian meluncurkan produk Gadai Tabungan Emas. Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda yang butuh dana mendesak dengan menggadaikan saldo Tabungan Emas di Pegadaian. Dengan kata lain, saldo Tabungan Emas yang Anda miliki menjadi agunan pinjaman dana tersebut.

Lalu, apa saja kelebihan Gadai Tabungan Emas dari Pegadaian ini? Mari simak bersama ulasan berikut.

Apa Saja Kelebihan Gadai Tabungan Emas?

Berinvestasi emas memang menguntungkan dari segala sisi. Investasi ini tergolong likuid alias mudah dicairkan saat Anda perlu dana mendesak. Tidak heran jika produk Tabungan Emas populer di kalangan nasabah Pegadaian, terutama bagi mereka yang ingin berinvestasi dengan modal terbatas.

Layanan gadai bagi nasabah pemilik Tabungan Emas yang membutuhkan dana segar dalam waktu singkat adalah salah satu inovasi Pegadaian. Beberapa kelebihan layanan ini, yaitu:

1. Proses pengajuan dana pinjaman mudah

Kalau Anda sudah menjadi nasabah Tabungan Emas, proses pengajuan dana pinjaman layanan ini tergolong mudah dan cepat. Cukup dengan memiliki Tabungan Emas, Anda sudah bisa mengajukan aplikasi gadai.

Registrasi pun bisa dilakukan langsung di outlet Pegadaian terdekat. Jangan lupa membawa kartu identitas yang masih berlaku (KTP) dan Buku Tabungan Emas. Nanti Anda akan diminta mengisi form yang diperlukan sebelum pencairan.

2. Besar plafon pinjaman disesuaikan dengan saldo Tabungan Emas

Besar plafon pinjaman yang Anda ajukan akan disesuaikan dengan saldo Tabungan Emas milik Anda. Semakin besar saldonya, otomatis jumlah pinjaman akan semakin besar. Sebagai informasi, minimal sisa saldo yang harus ada adalah 0,1 gram. Jadi, meski Anda mengajukan gadai, tabungan Anda tidak boleh kosong sama sekali.

3. Titipan emas menjadi barang jaminan

Kelebihan yang paling terasa saat memanfaatkan layanan ini adalah Anda tidak membutuhkan emas fisik sebagai barang jaminan pinjaman. Titipan emas dalam bentuk saldo tabungan itulah yang menjadi agunan. Anda tidak usah pusing memikirkan perhiasan emas kesayangan atau emas batangan yang disimpan di Pegadaian kan?

4. Variasi pilihan tenor

Anda bisa memilih jangka waktu pinjaman sesuai keinginan. Pilihan tenor tersedia mulai dari 30 hari, 60 hari, 90 hari, dan 120 hari. Pinjaman dapat diperpanjang jika belum bisa melunasinya atau bisa juga dilunasi sewaktu-waktu.

5. Nilai Sewa Modal relatif kecil

Saat mengajukan pinjaman, kadang muncul rasa khawatir jika nilai Sewa Modal alias bunganya memberatkan. Namun, di Pegadaian, layanan Gadai Tabungan Emas menerapkan Sewa Modal per 15 hari sebesar 0,75% saja.

6. Biaya administrasi terjangkau

Keuntungan lain memanfaatkan layanan gadai di lembaga pembiayaan seperti Pegadaian adalah biaya administrasi terjangkau. Besaran biaya administrasi adalah 0,05% dari uang pinjaman dengan minimal Rp2.000,00 dan maksimal Rp25.000,00. Tidak memberatkan Anda, bukan?

Ke Outlet atau via Aplikasi Pegadaian Digital?

Layanan Gadai Tabungan Emas bisa Anda lakukan melalui dua cara, yaitu dengan datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat atau via aplikasi Pegadaian Digital. Perbedaan antara kedua cara tersebut terletak pada alur proses pengajuannya.

Datang langsung ke outlet

Begitu tiba di outlet, Anda bisa langsung mengisi form pengajuan, menentukan jumlah pinjaman yang diperlukan sesuai berat emas yang ingin digadai, dan jangka waktu gadai. Setelah itu, pengajuan gadai akan diproses untuk akhirnya dicairkan. Anda pun dapat menerima dana dalam bentuk tunai atau transfer bank.

Via aplikasi Pegadaian Digital

Setelah Anda download aplikasi Pegadaian Digital di smartphone, segera lakukan aktivasi finansial di outlet Pegadaian terdekat. Ketika hendak menggadaikan Tabungan Emas, pilih Menu Emas lalu Gadai pada aplikasi. Kemudian Anda tentukan berat emas yang akan digadai, jangka waktu pinjaman, dan rekening bank untuk transfer pencairan. Jangan lupa untuk menyetujui semua persyaratan. Dalam waktu singkat, dana pinjaman Anda akan ditransfer langsung ke rekening bank pribadi Anda.

Kedua cara itu sama-sama mudah dan cepat. Namun, bagi Anda yang punya aktivitas harian padat, melakukan Gadai Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital jelas lebih praktis.

Ayo, segera download aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau App Store sekarang juga!