beli emas sekarang
Bagikan:

Sukses dalam berinvestasi terkait erat dengan diversifikasi dan manajamen resiko. Ini artinya Anda lebih baik berinvestasi pada banyak sektor dan memastikan tiap resiko yang bisa terjadi pada tiap investasi Anda. Salah satu investasi yang minim resiko adalah investasi emas.

Bagi Anda yang ingin membeli emas untuk investasi, menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas pasti menjadi salah satu pertimbangan utama. Pada masa yang serba tidak pasti ini, kewaspadaan dan kesadaran akan resiko sangatlah penting dan resiko sistematik juga harus dipertimbangkan.

Banyak orang mencari dan membeli emas batangan karena karakteristiknya yang unik dalam hal ketahanan, keindahan, kelangkaan dan statusnya sebagai alat tukar dan mata uang universal selama berabad-abad.

Bagi negara, emas merupakan alat tukar internasional sekaligus instrumen untuk mempertahankan kekayaan dan meningkatkan kekuatan ekonomi negara. Sedangkan bagi individu, emas dimanfaatkan sebagai instrumen proteksi dan jaminan atas investasi, penurunan nilai uang, resiko makroekonomi dan geopolitis yang lain serta untuk menyimpan kekayaan.

Faktor utama investasi khususnya membeli emas batangan bukan dari banyaknya dana, melainkan seberapa cepat anda mulai berinvestasi emas. Makin cepat makin baik.

Ikuti Tren Harga Emas

Saat Anda rajin mengikuti trend harga emas, maka Anda akan dapat melihat bagaimana sebenarnya pergerakan harga emas satu atau beberapa tahun terakhir. Hal ini juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan logika dan insting Anda dalam memperhitungkan fluktuasi nilai harga emas. Salah satu contoh trend harga emas, yaitu: Catatan sejarah menyebutkan kenaikan harga emas per tahun rata-rata 20%. Sedangkan deposito yang ditawarkan bank saja hanya berkisar 5-6%.

 

Perhatikan Stabilitas Harga Emas

Selain mengikuti perkembangan pergerakan nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS dan mengikuti trend harga emas, faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah stabilitas harga emas.

Apakah harga emas yang terjadi saat itu akan bertahan dalam waktu yang cukup lama atau hanya sementara? Apakah harga emas saat itu cukup stabil?

Hal ini juga perlu menjadi perhatian Anda saat menentukan waktu membeli emas.

 

Perhatikan Mata Uang Rupiah

Nilai harga emas mempunyai hubungan korelasi negatif dengan nilai mata uang. Bila di Indonesia, tentu saja hubungan korelasi negatif yang dimaksud di sini yaitu dengan nilai mata uang rupiah. Anda harus sering mengikuti perkembangan pergerakan nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang Amerika (standar acuan mata uang di dunia). Apakah stabil, menguat, atau melemah?

Saat nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS sedang stabil, maka harga emas biasanya akan cukup murah atau juga stabil. Bila nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS sedang menguat, harga emas kemungkinan besar akan lebih murah. Sedangkan bila kondisi nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS sedang melemah, maka harga emas dapat diprediksi akan cukup mahal.

Nah, bila melihat faktor pergerakan mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dolar AS, maka pastinya Anda sudah tahu bahwa waktu yang tepat untuk membeli emas adalah pada saat mata uang rupiah stabil atau menguat.

 

Anda bisa memulai tabungan emas dari sekarang, karena tabungan emas jauh lebih fleksibel dalam hal seberapa banyak uang yang Anda bayarkan. Anda bisa memulai menabung emas mulai dari 0,05 gram. Tentunya ini semakin mudah karena kini Anda bisa menabung emas melalui otlet Pegadaian, ATM Bank, dan juga Internet Banking.

Selamat mencoba!