Menjelaskan bagaimana sistem gadai emas di pegadaian agar mempermudah anda
Bagikan:

Ada saatnya, kamu akan membutuhkan uang cepat untuk berbagai keperluan. Karena itu, Joe Hartanto—pengusaha properti Indonesia—menganjurkan berinvestasi pada properti. Lantas, bagaimana kalau tidak punya investasi properti? Solusinya adalah gadai emas.

Ada banyak keuntungan mengapa orang memilih emas sebagai jenis investasinya, salah satunya karena harga emas tetap tinggi. Kamu bisa coba sistem gadai emas di Pegadaian. Selain dikemas dengan proses mudah, cicilan per bulan maupun pelunasannya juga murah.

Apa Itu Sistem Gadai Emas di Pegadaian?

Konsep gadai emas hampir sama seperti saat kamu menggadaikan BPKB atau barang elektronik. Bedanya, jaminan yang diberikan berupa perhiasan atau emas batangan. Jika emas memenuhi syarat, peminjam akan memperoleh uang sesuai nilai taksir pinjaman.

Sebagai contoh, kamu punya emas yang ditaksir senilai Rp5.000.000. Saat digadaikan menggunakan pembiayaan Gadai Bisnis, nilai gadainya 86,5 persen. Berarti, kamu akan mendapatkan uang sebesar 86,5 persen dari Rp5.000.000 atau setara dengan Rp4.325.000.

Apa Saja Syarat yang Berlaku dalam Sistem Gadai Emas di Pegadaian?

Secara umum, syarat untuk gadai emas di Pegadaian meliputi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, barang jaminan berupa emas perhiasan, emas batangan, atau emas lantakan, dan Kartu Keluarga (KK). Syarat lainnya disesuaikan dengan model pembiayaan yang diambil. Untuk gadai emas, kamu bisa gunakan KCA, KCA Prima, Gadai Bisnis, dan Krasida. Ini ketentuan khususnya.

  • KCA (Kredit Cepat & Aman)
    KCA melayani pembiayaan dengan tenor 4 bulan yang bisa diperpanjang. Selain syarat tersebut di atas, nasabah KCA harus menandatangani Surat Bukti Gadai.
  • KCA Prima (Kredit Cepat & Aman Prima)
    KCA Prima merupakan pinjaman tanpa bunga (0%) dengan tenor pinjaman selama 60 hari. Untuk mengikuti pembiayaan ini, kamu hanya perlu melampirkan e-KTP yang terdaftar di Di Dukcapil.
  • Gadai Bisnis
    Pembiayaan Gadai Bisnis diberikan khusus untuk usaha. Syarat-syaratnya, yaitu membayar biaya administrasi Rp100.000, bisa dicicil, uang pinjaman 86,5 persen dari harga emas, serta plafon maksimal Rp100.000.000.
  • Krasida
    Krasida menggunakan sistem angsuran dengan nilai gadai mencapai 95 persen dari nilai taksir. Tenornya bisa sampai 36 bulan atau 3 tahun. Untuk syaratnya, hanya perlu melampirkan KTP dan ada bukti emas.

Emas Tidak Memiliki Surat, Bisakah digadaikan?

Salah satu syarat wajib untuk gadai emas adalah surat. Pasalnya, surat merupakan bukti keaslian emas. Tanpa dokumen tersebut, emas yang diberikan bisa jadi bermasalah. Tentunya, Pegadaian tidak ingin menangani barang tersebut karena akan menimbulkan dampak negatif.

Mungkin saja, di kemudian hari, terjadi perselisihan antara orang yang menggadaikan emas dengan pemilik aslinya. Pegadaian—dalam hal ini—berkomitmen menyelesaikan masalah tanpa harus menimbulkan masalah baru. Jadi, tetap siapkan surat resmi atau sertifikat saat kamu ingin menggadaikan emas.

Berapa Biaya Titip Gadai dan Pelunasannya?

Setelah kamu penuhi semua persyaratan, biasanya Pegadaian akan menjelaskan tentang biaya administrasi atau titip gadai. Besaran biaya disesuaikan dengan jumlah pinjaman. Tapi intinya, semakin besar dana yang kamu pinjam, biaya administrasi pun bertambah.

Sementara itu, untuk pelunasan, kamu bisa lakukan sebelum jatuh tempo atau tepat di tanggalnya. Sebagai contoh simulasi pelunasan; nasabah A menggadaikan emas untuk mendapatkan uang sebesar Rp2.760.000 dalam jangka waktu 4 bulan.

Tarif sewa modal selama 15 hari sebesar 1,150%. Berarti total tarif sewa modal 4 bulan adalah 9,2% dari pinjaman. Maka total biaya pelunasannya senilai Rp3.014.000 ditambah administrasi Rp35.000.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Gadai Emas

Salah satu alasan orang melakukan gadai emas, yaitu membutuhkan dana dalam waktu cepat. Gadai emas memang solusi tepat di saat itu. Tapi, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan kalau ingin proses gadai terus lancar.

  • Syarat Administrasi Harus Lengkap
    Lolos syarat administrasi adalah langkah awal kamu untuk menggadaikan emas. Kalau syarat tidak dipenuhi, permohonan sudah pasti ditolak.
  • Jangan Sampai Melewati Masa Tenggang Pelunasan
    Ketika awal melakukan gadai emas, kamu pasti mendapatkan penjelasan seputar pembayaran. Jika itu berupa cicilan, berupayalah untuk membayar tepat waktu. Begitu juga dengan pembiayaan yang memakai sistem tempo; pastikan kamu mampu melunasi di tanggal jatuh tempo.

Sistem gadai emas di Pegadaian merupakan solusi praktis bagi kamu yang membutuhkan dana di saat terdesak. Tidak perlu ragu ataupun bimbang; gadai emas di Pegadaian pasti aman dan nyaman.