Ketahui cara mencairkan tabungan emas di Pegadaian.
Bagikan:

Pebasket legendaris sekaligus pebisnis sukses Amerika Serikat, Michael Jordan pernah mengatakan, “In any investment, you expect to have fun and make money.” Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu dalam memilih instrumen investasi yang tak membuat pusing dan sekaligus menguntungkan secara finansial.

Dari sekian banyak instrumen investasi, emas merupakan pilihan terbaik yang dijamin tak akan membuat kamu pusing. Apalagi, saat ini kamu bisa menjumpai produk Tabungan Emas yang diluncurkan oleh Pegadaian. Kamu bisa dengan mudah melakukan pendaftaran untuk memperoleh kepemilikan tabungan emas ini. Selanjutnya, cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian juga bisa dilakukan dengan mudah.

5 Alasan Kenapa Investasi Tabungan Emas Pegadaian Begitu Menguntungkan

Ketika memilih untuk berinvestasi emas, khususnya Tabungan Emas di Pegadaian, kamu bisa mendapatkan 5 keuntungan utama, yaitu:

  • Emas memiliki harga yang cenderung stabil

Tabungan Emas Pegadaian memiliki harga yang tak ubahnya seperti emas di pasaran yang punya kecenderungan stabil. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, harga emas memiliki harga yang cenderung naik. Kondisi ini bakal sangat jauh berbeda ketika kamu memilih untuk berinvestasi di dunia saham yang dipenuhi dengan fluktuasi yang tinggi.

  • Tabungan Emas Pegadaian aman dan legal

Pegadaian merupakan perusahaan yang telah berdiri semenjak 1901 dan saat ini berstatus sebagai BUMN. Dengan status sebagai BUMN yang memiliki nilai sejarah tinggi, kamu bakal memperoleh jaminan legalitas ketika menabung emas di Pegadaian. Kondisi ini akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan sarana menabung emas secara digital yang tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sempat marak beberapa waktu lalu.

  • Mudah dicairkan

Investasi emas menjanjikan likuiditas yang tinggi. Cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian juga begitu mudah. Kamu dapat menjualnya secara langsung ataupun mencetak Tabungan Emas menjadi emas fisik. Menariknya lagi, layanan cetak Tabungan Emas Pegadaian dapat dilakukan dalam bentuk emas batangan atau emas perhiasan.

  • Cara pembelian yang mudah

Kepemilikan Tabungan Emas Pegadaian bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tinggal melakukan pendaftaran melalui aplikasi Pegadaian Digital, Agen Pegadaian atau Outlet Pegadaian terdekat. Apalagi, untuk melakukan top up saldo tabungan juga dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM dan 4400 Outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

  • Bisa didapatkan dengan harga terjangkau

Tak hanya bisa didapatkan dengan mudah, kamu juga bisa membeli emas dengan harga yang terjangkau di Pegadaian. Ketika sudah memiliki rekening Tabungan Emas Pegadaian, kamu dapat menambah saldo tabungan secara fleksibel. Kamu tak harus menyetor uang senilai harga 1 gram emas. Pihak Pegadaian memberi kelonggaran penyetoran saldo Tabungan Emas senilai emas 0,01 gram.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Seperti yang telah disebutkan, proses pencairan saldo Tabungan Emas di Pegadaian sangatlah mudah. Kamu bisa menjumpai 3 opsi cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian, yakni:

  • Menjual kembali emas ke Pegadaian

Cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian yang pertama bisa kamu lakukan dengan menjualnya secara langsung ke Pegadaian. Metode ini dapat kamu pilih ketika ingin mendapatkan uang tunai dalam waktu singkat.

Ketika memutuskan untuk menjual kembali emas ke Pegadaian, kamu akan mendapatkan harga sesuai harga pasaran. Ketika menggunakan cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian yang satu ini, kamu harus memastikan bahwa saldo yang tersimpan di tabungan minimal senilai harga 1 gram emas.

  • Mencetak Tabungan Emas menjadi emas fisik

Cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian yang selanjutnya adalah dengan mengajukan pencetakan emas fisik kepada Pegadaian. Tersedia berbagai opsi berat emas fisik yang bisa kamu cetak lewat Pegadaian, yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Proses pengajuan pencetakan emas fisik tersebut bisa kamu lakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital atau mendatangi outlet Pegadaian tempat pembukaan rekening. Untuk setiap permintaan pencetakan emas fisik, kamu akan dikenakan biaya cetak yang nominalnya disesuaikan dengan berat emas. Selanjutnya, pengiriman emas fisik akan dilakukan setelah proses pencetakan selesai.

Khusus untuk pencetakan menjadi emas perhiasan kamu dapat lakukan melalui website https://ubslifestyle.com

Itulah informasi cara mencairkan Tabungan Emas Pegadaian yang bisa kamu lakukan dengan cara yang begitu sederhana. Tabungan ini bisa menjadi sarana untuk berinvestasi ataupun dana simpanan untuk situasi darurat. Yuk, mulai hari ini menabung emas di Pegadaian!