manfaat emas
Bagikan:

Siapa yang tidak mengenal emas? Ya, logam mulia yang dalam ilmu kimia dilambangkan dengan unsur Au ini memang banyak diminati orang karena manfaatnya yang begitu beragam. Tidak sebatas pada fungsi perhiasan dan investasi, emas ternyata juga punya manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia lho.
Salah satunya adalah dalam hal kecantikan. Emas dipakai sebagai metode perawatan kulit dipercaya mampu mempertahankan kecantikan dan membuat pemakainya awet muda. Perawatan kulit dengan memakai emas semacam ini bahkan sudah ada sejak zaman dulu. Cleopatra, ratu Mesir yang terkenal sangat cantik itu, konon juga menggunakan emas sebagai perawatan utama tubuhnya.
Kini, dengan teknologi yang jauh lebih canggih, orang pun mulai memanfaatkan emas tidak hanya dalam dunia kecantikan, tapi juga kesehatan.

•    Mempercantik Wajah

Anda tentu tahu kalau sekarang sudah banyak sekali dijumpai beragam perawatan wajah dan tubuh yang menggunakan emas, mulai dari facial emas, masker emas, lulur emas, dan sebagainya. Dokter kulit dan ahli kecantikan profesional pun sudah banyak merekomendasikan perawatan emas untuk para pasiennya.
Hal ini memang tidak mengherankan, sebab logam mulia yang satu ini memang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kulit, mulai dari membuang toksin penyebab radikal bebas, melancarkan aliran darah di wajah, merangsang pembentukan kolagen, meremajakan, serta mencerahkan kulit wajah dan tubuh.

•    Menjaga Kesehatan Jantung

Emas diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperlancar oksigen dalam darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Nah, hal inilah yang membuat emas banyak dimanfaatkan sebagai salah satu campuran obat menyembuhkan penyakit jantung. Metode pengobatan seperti ini bahkan sudah dimanfaatkan masyarakat India sejak dulu.

•    Melancarkan Aliran Kelenjar Getah Bening

Tidak sebatas pada melancarkan aliran darah saja, emas juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dalam melancarkan aliran kelenjar getah bening (terutama di area wajah). Dengan teratur menjalani perawatan kulit memakai emas ini, kulit wajah akan terhindar dari pembengkakan, iritasi, kemerahan, serta menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

•    Mengganti Gigi yang Tanggal

Manfaat lain dari emas yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah dalam dunia kedokteran gigi, emas sering dimanfaatkan untuk melapisi gigi palsu sebagai ganti gigi yang berlubang atau sudah tanggal.
Pemilihan emas ini bukan tanpa sebab. Emas dipilih karena sifat logam ini tidak akan bereaksi terhadap oksidasi alias tahan karat, sehingga sangat aman dipakai untuk menggantikan gigi.
Karena nilainya yang cukup tinggi, melakukan perawatan dengan menggunakan emas memang sedikit menguras kantong. Meski demikian, mengingat manfaat emas yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan, rasanya tidak salah kalau kita mulai mencoba merawat diri dengan logam berkilau yang satu ini.