Anda ingin mengembangkan produk? Gadai emas Anda untuk modal dan terapkan tips-tips inovasi berikut ini.
Bagikan:

Seiring masuknya pasar bebas ke Indonesia, persaingan bisnis semakin ketat. Agar bisa bersaing, Anda harus memiliki inovasi. Tentunya, untuk mewujudkan inovasi tersebut, Anda butuh modal. Salah satu cara mendapatkan modal, yaitu dengan gadai emas di lembaga formal pinjaman uang.

Jika modal sudah berada di genggaman tangan, saatnya Anda melakukan inovasi dengan tips-tips berikut.

1.Optimalkan Pemakaian Teknologi

Dukungan teknologi di era pasar bebas, membantu memperlancar proses produksi. Pasalnya, Anda bisa mengurangi kegagalan produksi akibat human error. Selain itu, teknologi juga memudahkan promosi dan distribusi produk ke berbagai lokasi.

2.Maksimalkan Branding Awareness

Saat ini, branding awareness menjadi modal utama untuk menarik minat konsumen. Contohnya, kopi merek Kopi-Qu harga Rp45.000 lebih laku di pasaran ketimbang kopi kiloan yang dijual senilai Rp80.000.

Jadi, kuncinya, Anda harus memiliki brand unik dengan jaminan kualitas. Jika berupa jasa, berarti Anda mesti memperbarui fitur-fiturnya. Sementara untuk produk barang, coba perbaiki bentuknya agar lebih menarik.

3.Buatlah Inovasi Layanan

Apakah selama ini Anda hanya memasarkan produk secara offline? Jika ingin memenangkan persaingan, bangun pelayanan dengan cara berbeda. Sebagai contoh, pengiriman barang gratis ongkos kirim, booking online, dan harga murah untuk pesanan jumlah besar.

4.Berikan Rasa Berbeda pada Produk yang Sama

Untuk menciptakan inovasi, Anda tidak harus membuat produk berbeda. Anda cukup menyematkan rasa yang unik di produk serupa. Contoh, kafe A menjual susu kambing orisinal dengan sajian panas dan dingin. Agar memberikan rasa berbeda, kemas susu kambing tersebut menjadi milk shake atau pasteurisasi.

5.Perbaiki Tampilan Visual

Sebuah riset membuktikan, bahwa tampilan visual produk mampu memengaruhi minat beli konsumen. Karena itu, Anda harus memperbaiki tampilan kemasan. Misalnya, dengan menambahkan aksesori, mengubah warna, dan membuat bentuk hiasan.

Demikian lima tips yang bisa diterapkan dalam melakukan inovasi produk. Jangan ragu mewujudkan semua ide inovasi Anda selagi belum digunakan orang lain. Jika kekurangan modal untuk berinovasi, gadai emas sekarang di lembaga formal pinjaman uang terdekat. Pastikan, Anda mendapatkan modal sesuai kebutuhan.