bisnis waralaba
Bagikan:
Aplikasi Sahabat Pegadaian

Siapa bilang berbisnis itu sulit? Bagaimana dengn bisnis waralaba?

Tidak dapat dimungkiri, masalah modal kerap jadi kendala seseorang untuk memulai bisnis. Belum lagi, perihal risiko kegagalan bisnis itu sendiri. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa mencoba bisnis waralaba–atau yang biasa disebut dengan franchise. Biasanya, sebuah produk yang dijadikan franchise merupakan produk yang sudah terbukti sukses dan “stabil”. Ini artinya, tanpa perlu harus didampingi pengalaman, pada dasarnya Anda sudah bisa “memanen” keuntungan. Adapun keuntungan ini bahkan bisa meningkat, jika Anda membeli waralaba sebuah merek dagang yang sudah terkenal…

Lalu bagaimana dengan dana/cost yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bisnis? Bukankah waralaba merek dagang terkenal biasanya mahal?

Jangan khawatir. Dewasa ini, ada banyak sekali bisnis franchise yang ditawarkan dengan harga terjangkau, kok. Bahkan, untuk merek waralaba lokal, ada pula yang menawarkan harga sekitar Rp5 juta! Apa saja, sih?

  1. Makanan dan Minuman

Bukan hanya di ranah bisnis waralaba. Pada dasarnya, produk makanan dan minuman memang kadung punya potensi bisnis yang menggiurkan. Hal ini, dikaitkan dengan kebutuhan dasar manusia yakni: konsumsi. Nah, untuk memastikan “barang dagangan” Anda selalu dicari orang, pastikan untuk memilih waralaba yang unik dan bermanfaat.

Perihal harga, ada banyak bisnis waralaba makanan dan minuman yang menawarkan franchise-nya dengan murah. Anda bisa memilih bisnis mana yang cocok bagi Anda. Ini dapat berupa waralaba kebab, kopi, es krim, jagung manis, dim sum, lekker, minuman bubble, dan masih banyak lagi.

  1. Laundry

Bagi Anda yang berdomisili di dekat kampus, atau kawasan yang punya banyak tempat kos-kosan, bisnis waralaba laundry bisa jadi pilihan. Nah, untuk yang satu ini–tidak perlu pusing-pusing memikirkan strategi bisnis, kok. Pasalnya, si franchisor (pemilik waralaba) akan membantu Anda dalam menentukan lokasi strategis;  bahkan di sini Anda hanya berperan sebagai “pengantara” saja. Mudah bukan?

  1. Tempat Fitness atau Area Olahraga

Meningkatnya kesadaran manusia akan kesehatan rupanya berdampak pada besarnya kebutuhan mereka akan tempat-tempat untuk berolahraga. Inilah salah satu alasan, mengapa membeli waralaba tempat fitness atau justru refleksi, bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Salon dan Produk Kecantikan

Kebutuhan kaum hawa untuk selalu terlihat cantik dan menarik, tentu saja bisa jadi pilihan Anda untuk menjajal bisnis waralaba salon atau justru produk kecantikan. Nah, keunggulan dari produk waralaba ini sendiri–terletak pada kemudahan Anda untuk berbisnis. Tidak perlu repot menentukan orang/ahli salon; membeli produk ini-itu; dsb–sebab biasanya, franchisor akan mengatur dan menyediakannya langsung untuk Anda.  Modalnya? Tentu bervariasi, bergantung pada jenis usaha apa yang akan Anda pilih.

Itulah empat jenis bisnis waralaba bermodal kecil yang bisa Anda jadikan inspirasi. Harus diingat, kendati Anda begitu “dimanjakan” dengan peluang dan kemudahan bisnis yang ada, jangan lupa untuk senantiasa belajar dan mengatur bisnis, ya. Selain dapat meningkatkan potensi keuntungan, siapa tahu suatu saat nanti, Anda justru bisa menjual merek waralaba sendiri…

 

Gadai Fleksi