tips dan cara dagang sembako
Bagikan:

Sembako atau sembilan bahan pokok adalah produk yang paling laku di pasaran. Memulai usaha dengan menjual sembako akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Bahkan, peluang usaha menjadi terus membesar bukanlah isapan jempol belaka.

Nah, berangkat dari peluang tersebut, Anda pun bisa memulai bisnis sembako yang menggiurkan ini. Kalau tidak tahu caranya, coba simak tips dan cara dagang sembako yang akan memberikan cukup banyak keuntungan.

 

  • Cari lokasi dagang yang tepat

 

Sebelum memutuskan untuk menjual sembako yang sangat dibutuhkan. Carilah beberapa lokasi yang tepat. Syarat lokasi yang bisa dijadikan lahan untuk menjual sembako adalah memiliki banyak penduduk di sekitarnya. Selain itu, carilah tempat yang tidak ada penjual sembako atau penjualnya sedikit. Lakukan survei selama beberapa kali ke lokasi yang tepat.

Oh ya, sangat disarankan membuka toko sembako di kawasan urban atau tidak terlalu ke desa atau kota. Masyarakat desa bisanya memiliki sawah sehingga mereka jarang sekali beli. Selanjutnya masyarakat kota juga lebih suka berbelanja di supermarket atau minimarket.

 

  • Mencari supplier yang tepat

 

Barangkali semua orang bisa menjual sembako dengan mudah. Anda pun, saat ini juga bisa menjualnya kepada warga sekitar. Namun, apakah harga yang Anda dapatkan adalah yang termurah sebelum dijual kembali? Jawabannya bisa iya atau tidak. Jika iya, dagangan bisa laku keras. Jika tidak, dagangan tidak laku dan akhirnya Anda pakai sendiri.

Dengan mencari supplier yang tepat, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah. Dengan harga murah itu, Anda bisa mengambil untung banyak dan dijual pun masyarakat masih menganggapnya murah.

Jika masyarakat menganggap dagangan Anda murah, apa yang akan terjadi? Ya, benar sekali. Akan laris dan peluang mendapatkan untung besar cukup tinggi.

 

  • Memberikan promosi yang menggiurkan

 

Salah satu daya tarik yang membuat masyarakat ingin membeli sembako adalah diskon. Pada periode tertentu seperti awal bulan, Anda bisa memberikan diskon barang tertentu. Misal beras diskon 10-15% dengan pembelian di atas 5 kilogram. Selebihnya, Anda juga bisa memberikan potongan harga jika membeli telur lebih dari 3 kilogram, dan promosi-promosi lain.

Dengan promosi tersebut, masyarakat akan langsung tertarik untuk membeli. Dampaknya, mereka akan menjadi pembeli yang loyal dan akan datang setiap bulan atau setiap hari jika membutuhkan sembako jenis apa pun.

 

  • Jasa pengiriman gratis

 

Semakin laris usaha yang Anda lakukan, peminatnya akan bertambah dengan domisili yang cukup beragam. Untuk mengakomodasi kebutuhan mereka, Anda bisa memberikan jasa pengiriman gratis dengan syarat tertentu, misal pembelian sembako lebih dari Rp100.000.

Dengan pengiriman gratis ini, pembeli yang akan mengambil sembako akan semakin banyak. Mereka yang berasal dari desa atau kecamatan lain bisa saja memborong dari toko Anda. Akhirnya, untung yang didapatkan bisa berlipat-lipat.

Inilah empat tips dan cara dagang sembako yang akan membuat usaha Anda semakin maju dan berkembang. Selamat berdagangan dan semoga sukses!