strategi pemasaran
Bagikan:

Strategi pemasaran menjadi sebuah kunci penting kesuksesan bisnis. Bayangkan saja, perusahaan besar bisa menghabiskan alokasi dana besar-besaran hanya untuk pemasaran, mulai dari pemasangan iklan di media, mengadakan event di mall dan venue ternama, serta menjalin kerjasama dengan distributor besar.

Namun strategi pemasaran skala besar tersebut akan sulit dilakukan oleh bisnis UKM dikarenakan keterbatasan dana yang dimiliki. Namun bukan berarti UKM tidak bisa menjalankan strategi pemasaran jitu untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan memanfaatkan kesempatan yang ada, strategi pemasaran dengan cara hemat bisa dijalankan.

Kali ini Sahabat Pegadaian akan memberikan informasi seputar strategi pemasaran yang mudah untuk dijalankan oleh pemilik Usaha Kecil dan Menengah. Berikut adalah sekumpulan strategi pemasaran untuk UKM yang dapat dicoba dengan budget yang tergolong kecil:

Memanfaatkan Sosial Media

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna sosial media terbesar di di dunia. Sosial media sudah menjamur di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar hingga orang tua. Smartphone yang berisi aplikasi sosial media seakan sudah menjadi hal wajib bagi banyak kalangan.

Ini adalah kesempatan Anda untuk memanfaatkan fitur sosial media untuk memasarkan produk UKM Anda. Buat akun untuk bisnis Anda, karena pasar konsumen Anda ada di sosial media. Anda bisa mencoba metode gratisan dengan promosi biasa dan memanfaatkan followers Anda. Anda juga bisa mencoba ads berbayar yang memungkinkan bisnis Anda terpapar pada target konsumen yang Anda inginkan. Biaya pemasangan iklan di sosial media bisa dikatakan jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya pemasangan iklan di media konvensional.

Jadi tunggu apa lagi? Segera buat akun sosial media untuk bisnis Anda baik di Facebook, twitter, LinkedIn dan juga Instagram.

Baca juga  Inilah Tips Jitu Mencari Uang Lewat Internet dan Sosial Media

Membuat Kontes atau Kuis Online

Salah satu cara ampuh dengan memanfaatkan internet dan sosial media adalah membuat kontes online yang menarik. Anda tidak perlu menjanjikan hadiah bernilai miliyaran, cukup dengan hadiah bernilai jutaan bahkan ratusan ribu rupiah sudah bisa menarik perhatian orang yang ingin berpartisipasi. Siapkan misalnya voucher belanja, voucher pulsa, tiket menonton, hingga barang-barang fashion maupun gadget.

Buatlah kontes semenarik mungkin hingga orang-orang berkeinginan untuk mencoba dan memajangnya di media sosial. Tentunya ini akan menarik perhatian pengguna internet lainnya untuk berpartisipasi dalam kontes Anda. Beberapa contoh kontes adalah kontes bertema foto, video, maupun tulisan.

Mengikuti Penghargaan Bisnis

Ada beragam ajang penghargaan alias award yang bisa diikuti oleh bisnis Anda. Biasanya setiap jenis bisnis memiliki ajang penghargaan tersendiri. Daftarkan usaha Anda pada penghargaan bisnis skala UKM. Jika berhasil masuk dalam seleksi apalagi sampai menang, akan membuat nama usaha Anda akan semakin dipercaya oleh pasar.

Belum lagi jika award yang diikuti digelar oleh bank yang bekerjasama dengan media massa seperti radio, koran, media online atau televisi. Hal ini tidak beda halnya dengan iklan gratis pada media-media tersebut.

Menjadi Sponsor Acara

Ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh banyak bisnis, baik kecil maupun besar. Dengan mensponsori suatu acara apalagi acara dengan peserta yang banyak, secara tidak langsung Anda ikut serta memperkenalkan bisnis Anda pada target market tertentu.

Tentukan acara yang cocok bagi konsumen Anda. Misalnya bila Anda memiliki bisnis camilan, Anda bisa menargetkan acara yang dihadiri banyak anak muda seperti acara musik sekolah. Bila Anda punya bisnis pakaian anak, Anda bisa turut mensponsori perlombaan fashion anak kecil. Hanya dengan modal kecil untuk memberi hadiah, Anda bisa memasang banner, poster yang mengiklankan produk bisnis Anda.

Baca juga  4 Bisnis Anak Kuliahan yang Inspiratif

Mendapatkan Koneksi Media

Wartawan membutuhkan berita untuk ditulis dan Anda membutuhkan media untuk publikasi. Dekati sejumlah media baik itu online ataupun cetak, radio maupun televisi. Caranya bisa datangi langsung pada kantor media yang bersangkutan atau mengirim rilis mengenai profil bisnis Anda.

Siapa tahu, model bisnis yang Anda kembangkan menarik di mata wartawan. Jika baru mulai, jangan terlalu berharap bisnis Anda langsung dipublikasi. Tapi manfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi.

 

Itulah cara-cara pemasaran produk UKM yang dapat Anda coba dengan budget minimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba!

Pegadaian menyediakan peminjaman dana untuk pengembangan bisnis. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk Pegadaian di halaman solusi.