Bagikan:

Siapa yang tidak kenal dengan Rio Hariyanto. Namanya melejit ketika berhasil membawa nama Indonesia di ajang prestisius F1. Dia adalah pembalap asal Indonesia pertama yang bisa membalap di level GP2. Dia juga adalah pembalap Indonesia pertama dalam sejarah yang bisa menjajal mobil Formula Satu.

Pabrik kertas Kiky milik keluarga pembalap muda, Rio Haryanto dilalap api pada Jumat malam, 31 Juli 2015. Pabrik kertas PT Solo Murni itu berada di Desa Bangak, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Menggeluti dunia balap selama belasan tahun, bukan berarti Rio Haryanto tidak punya mimpi lain di masa depan.

Pembalap asal Solo ini mengaku ingin melanjutkan bisnis ayahnya yang merupakan pemilik pabrik buku tulis bermerk KiKy. Menurut Rio, rencananya itu sesuai dengan jurusan yang diambilnya saat kuliah yaitu jurusan. Pria ini telah berhasil menyabet gelar sarjana ekonomi dari Universitas Anglia Ruskin di Singapura.

Sang ayah adalah anak pemilik pabrik rokok dari Solo, yang kemudian mendirikan usaha buku tulis. Di tangan Sinyo, usaha ini berjalan sukses dan nama merek buku tersebut menjadi kian besar. Bahkan, tak hanya dijual secara lokal, produk buku tulis itu diekspor sampai ke luar negeri.

Pada tahun 2015 terjadi kebakaran di pabrik kertas PT Solo Murni milik keluarga Rio Haryanto di Kecamatan Banyudono. Api sulit dipadamkan karena isi pabrik itu adalah kertas yang sangat mudah terbakar. Musibah ini menyebabkan kerugian yang diperkirakan lebih dari Rp 300 miliar.

Rio Haryanto, tak bisa menutupi kesedihan dengan adanya musibah kebakaran yang menimpa pabrik buku milik ayahnya. Rio berharap keluarganya kuat menghadapi musibah ini menimbulkan kerugian tersebut. Meskipun kebakaran dan kerugian yang terjadi cukup parah, bisnis besar tersebut tetap bertahan.

Baca juga  Macam-Macam Pelanggan yang Cocok untuk Bisnis Kreatif

Saat Rio Haryanto beraksi di ajang F1, ratusan karyawan pabrik kertas KIKY PT Solo Murni, Bangak, Banyudono, mengelar nonton bareng untuk mendukung Rio Haryanto. Tentunya ini membuktikan dukungan para karyawan pada penerus bisnis ini.

Pembalab kelas dunia seperti Rio Haryanto saja ingin jadi pebisnis, kenapa anda tidak? Bila Anda membutuhkan informasi mengenai modal untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat mengunjungi halaman Pegadaian ini. Pegadaian menyediakan produk pembiayaan dengan persyaratan mudah bagi Anda para wirausaha tanah air. Dapatkan informasi lebih lanjut di seluruh outlet Pegadaian di Indonesia.