Bagikan:

Bisnis laundry menjadi salah satu usaha dengan profit yang cukup menjanjikan. Bisnis ini telah menjamur karena hampir ada di setiap sudut tempat. Jasa pencuci pakaian ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang sibuk bekerja atau mahasiswa perguruan tinggi yang tinggal di rumah kos. Karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari, membayangkan untuk mencuci pakaian sendiri saja sudah lelah, apalagi jika benar-benar mencucinya. Itulah mengapa bisnis ini begitu menjamur.

Profit yang didapat dari usaha laundry memang cukup menggiurkan, tapi tahukah Anda bahwa untuk membangun usaha ini tidak membutuhkan modal usaha yang besar untuk membeli peralatannya? Jika usaha Anda berada di tempat yang strategis, bisa dipastikan jasa laundry Anda akan ramai pelanggan. Usaha laundry umumnya menggunakan ukuran per kilo. Sistem ini dihargai dengan kisaran Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kilonya. Penentuan harga ini juga disesuaikan dengan lingkungan tempat usaha Anda berdiri.

Untuk berapa banyaknya modal usaha laundry yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Modal usaha laundry yang dibutuhkan kisaran 30 hingga 50 juta rupiah. Jumlahnya bisa lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.  Jika Anda telah memiliki tempat usaha sendiri sehingga tidak perlu menyewa tempat, itu kan mengurangi modal usaha laundry Anda. Untuk peralatan lainnya juga demikian, harga bisa lebih murah atau mahal sesuai dengan merek yang Anda pilih. Jumlah mesin cuci dan alat lainnya yang Anda beli juga menentukan modal usaha yang akan Anda keluarkan.

Omzet dari usaha ini bisa mencapai Rp 15 juta lebih per bulan. Terutama jika laundry-nya besar dan banyak melayani pelanggan hingga mencapai 1 atau 2 ton per hari. Dalam waktu kurang dari 6 bulan saja, Anda sudah bisa balik modal dengan asusmsi 100 kilogram pakaian perhari.

Selain jasa pencuci pakaian, Anda juga bisa memberikan pelayanan lainnya seperti cuci karpet, boneka dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pelayanan yang diberi, maka omzet yang didapat pun akan semakin tinggi,

Baca juga  Tips Merintis Bisnis Buah dan Sayuran Segar

Memulai Usaha Laundry Dari Nol

Banyak yang tertarik untuk membangun usaha laundry, tapi banyak juga yang masih belum tahu bagaimana cara memulai usaha laundry yang benar-benar dari nol. Sebelum memulai usaha ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan akan berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda ke depannya. Berbagai persiapan yang harus dilakukan dan dipahami, yaitu:

1. Mencari Lokasi Usaha

Usaha jenis apapun tidak boleh dilakukan di sembarang tempat jika Anda tidak ingin bisnis yang dijalani gagal. Kesuksesan sebuah usaha sangat bergantung pada lokasi usaha itu berdiri. Semakin strategis lokasinya, maka semakin banyak juga peluang Anda mendapatkan banyak pelanggan. Anda bisa memilih beberapa lokasi yang strategis seperti di sekitar kantor, kos-kosan mahasiswa, atau kompleks besar.

2. Merek Usaha Laundry

Anda juga perlu untuk memberikan merek berupa nama pada usaha laundry Anda. Carilah nama yang unik dan mudah diingat orang.

3. Harga Laundry

Meskipun usaha Anda berada di dekat area perkantoran atau perumahan elit, Anda harus memberikan harga yang masuk akal, dalam hal ini jangan memberikan harga terlalu tinggi. Jangan juga Anda memberi harga yang terlalu rendah meskipun berada di lingkungan kos-kosan mahasiswa. Sebelum menentukan harga, Anda bisa melakukan survei dengan melihat harga yang umum di pasaran dan harga yang harus diterapkan pada lokasi usaha Anda.

4. Pelayanan yang Bagus

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah usaha. Jika konsumen puas, bisa dipastikan mereka akan kembali menggunakan jasa kita. Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda dengan selalu bersikap ramah, menepati janji yang telah disepakati sebelumnya, dan tentunya menjaga kualitas dari jasa yang diberikan.

5. Promosi

Promosi sangat penting dilakukan agar banyak masyarakat mengetahui usaha laundry yang baru Anda buka. Promosi ini bisa berupa brosur ataupun poster. Anda juga bisa memanfaatkan media online untuk memasarkan usaha Anda. Promosi menggunakan media online juga dinilai lebih murah. Anda bisa memberikan promosi berupa pemberian diskon ketika pelanggan sudah mencuci sebanyak 10 kali.

Baca juga  5 Langkah Wajib dalam Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah

6. Mencari Karyawan

Menjalankan usaha laundry sangat sulit jika harus dilakukan seorang diri, carilah karyawan profesional yang memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi. Anda bisa mencari karyawan untuk mencuci atau menyetrika yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Peralatan Usaha Laundry Kiloan

Menjalankan usaha laundry tidak cukup jika hanya memiliki mesin cuci saja, tapi juga memerlukan peralatan-peralatan pendukung lainnya. Selain mesin cuci dan setrika, tentunya Anda juga membutuhkan meja, lemari, hanger, deterjen, pewangi, pelembut pakaian, dan telepon untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Berikut ini merupakan peralatan yang Anda butuhkan beserta asumsi harga jika Anda ingin membuka laundry dengan modal di bawah Rp 50 juta.

  1. Mesin cuci satu buah seharga Rp 5.000.000
  2. Mesin pengering dengan harga Rp. 12.000.000
  3. Pembuatan saluran air sebesar Rp 2.000.000
  4. Lemari, alat penjemur dan rak seharga Rp 2.000.000
  5. Setrika dan timbangan Rp 1.000.000
  6. Sewa tempat usaha per tahun sekitar Rp. 8.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000
  7. Promosi Rp 3.000.000

Total dari semua peralatan di atas sekitar Rp 35 jutaan, sesuai dengan modal usaha laundry pada umumnya. Tapi sekali lagi, modal yang dibutuhkan bisa bervariasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan seseorang.

Walaupun bisa dikatakan bahwa usaha laundry bisa dimulai dengan modal yang sedikit, tapi kita juga tidak bisa melupakan bahwa kondisi finansial setiap orangnya berbeda-beda. Banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk memulai usaha apapun termasuk laundry. Anda bisa memanfaatkan berbagai aset yang Anda miliki untuk mendapatkan modal dengan cara gadai. Untuk mengajukan peminjaman modal, Pegadaian bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Ada berbagai macam produk pembiayaan yang disediakan, yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan. Adapun produk-produk pembiayaan dari Pegadaian yang cocok untuk modal bisnis, yaitu:

Gadai Fleksi

Gadai Fleksi bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membangun usaha laundry. Serupa dengan produk Kredit Cepat dan Aman (KCA), Gadai Fleksi juga memberikan pinjaman dengan agunan berupa emas perhiasan maupun batangan, berlian, elektronik, smartphone, kamera, hingga kendaraan. Bedanya dengan produk KCA, dana yang Anda pinjam bisa lebih besar dengan sewa modal harian. Sewa modal yang ditetapkan ini sebesar 0.5% untuk lima hari pertama dan selanjutnya 0.1% per hari. Untuk jangka waktu peminjaman tersedia mulai dari 15, 30 dan 60 hari. Seperti yang lainnya, untuk mengajukan pinjaman ini Anda harus menyerahkan fotokopi kartu identitas dan barang jaminan.

Baca juga  4 Bisnis Anak Kuliahan yang Inspiratif

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Bagi Anda yang memiliki emas, Anda bisa menggadaikan emas yang dimiliki untuk mendapatkan modal usaha melalui produk KRASIDA. Keunggulan dari produk ini adalah Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 250.000.000 atau lebih dengan pinjaman maksimal 95% dari nilai transaksi agunan. Jangka waktu peminjaman produk ini juga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, yaitu mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu menyerahkan fotokopi identitas pribadi dan emas sebagai barang jaminan.

Gadai Bisnis

Masih bagian dari produk Kredit Cepat dan Aman (KCA), Gadai Bisnis ini bisa menjadi solusi untuk pendanaan bisnis Anda. Produk ini memang diperuntukkan bagi Anda yang ingin meminjam uang dalam jumlah yang cukup banyak, karena prosedur pinjaman dari produk ini mulai dari Rp 100.000.000 hingga lebih dari Rp. 1 milyar dengan sewa modal mulai dari 0.65% s.d 0.95% per 15 hari. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman ini adalah Anda hanya membayar biaya administrasi sebesar Rp 100.000 dengan barang jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Seperti yang telah dijelaskan, usaha laundry merupakan jenis usaha yang memiliki prospek cerah jika dipersiapkan dan dikelola dengan baik. Jangan sampai impian Anda untuk membangun usaha ini sirna karena masalah modal. Usaha jenis apapun bisa diwujudkan asal diiringi dengan kesungguhan, niat dan kerja keras. Jadi, lokasi mana yang akan Anda pilih untuk membuka usaha laundry?