Bagikan:

Kesuksesan bukan datang kepada seseorang yang tidak pernah mengalami kegagalan, melainkan kepada seseorang yang tidak pernah berhenti berusaha. Kali ini ada satu kisah inspirasi dari pengusaha muda Riezka Rahmatiana. Woman Enterpreneur satu ini telah meraih sukses dalam bisnis makanan dan minuman sejak berusia 20-an. Usia yang masih sangat muda saat itu tidak menjadi halangan bagi Riezka untuk menghadapi beragam tantangan di dunia wirausaha.

Perjalanan Riezka mewujudkan ide bisnisnya rupanya tidak mudah. Baginya, menjadi seorang pebisnis yang sukses butuh perjuangan ekstra keras. Jatuh bangun dalam berbagai jenis usaha sering dialami olehnya hingga akhirnya camilan khas Makassar pisang ijo berhasil membawanya menuju kesuksesan luar biasa.

Sebelum sukses, Riezka sempat mengalami kegagalan dalam berbagai bisnis seperti bisnis kafe, booth makanan, dan network marketing yang pada akhirnya membuat Riezka terlilit banyak utang. Dia pun pernah dikhianati rekan kerjanya. Mulai dari mendapatkan kompetitor dari rekan kerja sendiri hingga ditipu oleh pihak yang tadinya ingin mengajak kerjasama. Dengan sisa uang yang dimilikinya, Riezka pun mendapat ide untuk menjual es pisang ijo asli Makassar pada tahun 2008.

Produk ini dikembangkannya dari makanan tradisional khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang raja dibalut dengan tepung beras, dan diberi warna hijau alami dari daun suji. Di tangan Riezka, pisang ijo ini diberi cita rasa baru dengan berbagai varian rasa, yaitu fla cokelat, vanila, stoberi, durian dan rasa orisinal pisangijo khas Makassar.

Dengan kejelian membaca peluang pasar dan membangun inovasi produk, Rizka mampu mengembangkan bisnisnya dengan relatif cepat. Dalam tempo tidak sampai dua tahun,  Ezka Giga Pratama yang didirikannya dengan modal awal sangat minimal ini telah memiliki aset ratusan juta rupiah. Berkat sistem franchise dan jaringan kemitraan yang dibangunnya, jangkauan usaha pisang ijo Riezka juga terus membesar dan beranak-pinak.

Dalam waktu empat tahun (2012), perempuan muda lulusan Universitas Padjadjaran Bandung ini sudah memiliki 210 outlet di seluruh Indonesia dan memiliki 40 orang karyawan. Kesuksesan wirausahanya ini membuatnya meraih berbagai penghargaan seperti The Young Entrepreneur Award, Top 15 Franchises Best Choice, Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012, dan lain sebagainya.

Bagi Riezka, Inovasi adalah kiat nomor satu jika ingin sukses beriwausaha, apalagi dalam bidang makanan. Konsumen biasanya cepat bosan dengan produk makanan, selain itu kompetitor pun pasti sangat banyak. Maka dari itu inovasi yang cemerlang menjadi kunci utama kesuksesan pebisnis kuliner. Riezka pun mulai mengembangkan bisnis makanan lainnya yaitu soft cake Bandung Banana dan Tokyo Banana.

Baca juga  Begini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Baru Bekerja

Riezka kini juga dipercaya menjadi mentor entrepreneurship pada workshop yang diadakan oleh Pegadaian. Workshop ini membantu para nasabah pegadaian berbagi pengalaman dengan nasabah pegadaian lainnya dalam hal berwirausaha. Semoga cerita Riezka dapat memberi inspirasi bisnis bagi Anda.