Bagikan:

Bulan Ramadhan sudah tiba! Selain menyibukkan diri dengan menjalankan ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunah, ada banyak kegiatan lain yang bisa dikerjakan di bulan suci ini, salah satunya adalah berbisnis. Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk menjalankan berbagai jenis usaha. Nah, buat Anda yang sedang bingung memilih jenis usaha apa yang cocok, daftar peluang usaha bulan Ramadhan berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi:

  1. Usaha Katering

Peluang usaha paling menjanjikan di bulan Ramadhan yang pertama adalah katering. Kita semua tentu tahu pada bulan ini kebutuhan makan untuk sahur maupun berbuka selalu mengalami peningkatan.

Jika Anda punya hobi memasak, tidak ada salahnya memulai usaha katering. Selain modalnya tidak begitu besar, makanan adalah barang jualan paling laku di bulan suci.

  1. Takjil

Ingin berjualan makanan di bulan Ramadhan, tapi tak ingin repot? Coba saja membuat takjil (menu makanan manis untuk berbuka) seperti kolak, bubur kacang hijau, es campur, kurma, dan sebagainya.

Selain makanan utama, takjil adalah menu wajib berbuka puasa yang paling banyak diburu orang. Tidak heran kalau makanan ini selalu laris diserbu pembeli menjelang waktu berbuka.

  1. Perlengkapan Salat

Peluang bisnis bulan Ramadhan berikutnya yang tak kalah menjanjikan adalah perlengkapan salat, seperti mukena, sajadah, peci, dan sarung. Ya, selama bulan suci permintaan akan perlengkapan salat selalu melonjak.

Nah, daripada punya tabungan yang tidak tahu mau dipakai untuk apa, lebih baik manfaatkan saja untuk modal berbisnis perlengkapan salat. Selain pemasarannya mudah, untungnya juga lumayan, lho.

  1. Pakaian dan Busana Muslim

Selain perlengkapan salat, berjualan pakaian dan busana muslim selama bulan Ramadhan adalah pilihan yang patut Anda coba. Pada bulan ini, orang-orang cenderung lebih memperhatikan cara berpakaiannya, termasuk dengan mengenakan baju-baju muslim.

Baca juga  Usaha Sampingan yang Patut Dicoba di 2017

Pakaian biasa pun akan tetap diburu selama Ramadhan, biasanya untuk persiapan hari raya. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba peruntungan dengan berbisnis fashion. Kuncinya, pilih model pakaian yang sedang tren, ya.

  1. Kue Kering

Pakaian sudah, perlengkapan salat juga sudah, lalu peluang bisnis apa lagi ya yang cocok dijalankan selama bulan suci? Ya, kue kering jawabannya! Kue kering adalah camilan yang wajib ada di meja saat Lebaran. Maka tidak heran kalau makanan ini sudah diburu sejak jauh-jauh hari sebelum hari raya.

Melihat peluangnya yang cukup menggiurkan, tidak ada salahnya Anda mencoba peruntungan dengan berbisnis kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, dan sebagainya. Kalau belum punya pasar yang jelas, Anda bisa kok menitipkannya di warung-warung atau toko terdekat.

Nah, itu dia berbagai peluang bisnis selama Ramadhan yang bisa dicoba. Jika Anda memiliki kesulitan modal untuk memulai usaha, Sahabat Pegadaian memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dengan sistem kredit yang lebih fleksibel melalui program Kreasi Fleksi. Semoga bermanfaat!