Bagikan:

Pergantian tahun ajaran baru merupakan siklus yang selalu rutin terjadi setiap tahun. Dalam periode tersebut, siswa mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA akan memulai belajar di tingkatan kelas yang baru. Tidak heran menjelang tahun ajaran baru seperti sekarang ini, banyak orang mencari peluang bisnis untuk mendapatkan dana tambahan, baik itu untuk dana pendidikan buah hati Anda atau sebagai modal bisnis di tahun ajaran baru.

Pegadaian menawarkan KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran) sebagai kredit angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif maupun produktif nasabahnya. Calon nasabah hanya perlu membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga, berbagai dokumen yang sah, dan barang jaminan berupa perhiasan emas ke Pegadaian. Dengan proses cepat, mudah dan murah, pinjaman Anda akan diproses mulai dari 1 juta sampai dengan 250 juta rupiah yang cocok dijadikan sebagai modal usaha untuk peluang bisnis di tahun ajaran baru. Anda pun bisa mendapat pinjaman maksimal 95% dari nilai taksiran agunan.

KRASIDA juga menawarkan pinjaman dengan sewa modal yang relatif murah dengan angsuran tetap per bulan dan jangka waktu yang fleksibel dengan pilihan waktu 6, 12, 24, dan 36 bulan. Jika suatu saat Anda ingin melakukan pelunasan swaktu-waktu, maka Anda akan akan mendapat pemberian diskon untuk sewa modal. Ditambah, Pegadaian tengah mengeluarkan promo TEMAN (Tabungan Emas untuk Pendidikan Anak) dengan voucher sebesar 100 ribu rupiah yang bisa Anda tukarkan menjadi saldo tabungan emas saat Anda melakukan kredit angsuran minimal 10 juta rupiah dengan jangka waktu pinjaman minimal 12 bulan.

Pada momen seperti ini, biasanya terjadi peningkatan permintaan akan kebutuhan sekolah, mulai dari seragam, buku pelajaran, alat tulis, hingga tas dan sepatu sekolah. Jika Anda jeli, momen ini bisa menjadi saat tepat untuk memulai usaha dan mendulang banyak rezeki.

Baca juga  Tips Menjalankan Bisnis UKM Kreatif

Tips Menjalankan Peluang Bisnis Saat Pergantian Tahun Ajaran Baru

Agar bisnis yang Anda jalankan dapat mendatangkan keuntungan yang besar, ada beberapa tips yang penting untuk Anda perhatikan, berikut adalah beberapa di antaranya:

• Perhatikan Kesiapan Modal yang Anda Miliki

Berjualan perlengkapan dan peralatan sekolah tidak harus dengan modal yang besar. Keuntungan yang Anda terima bisa sampai 2 kali lipat dari modal.

• Tentukan Produk yang Akan Anda Jual

Selanjutnya, tentukan produk perlengkapan sekolah yang akan Anda jual. Jika modal Anda tidak banyak, Anda bisa mengakalinya dengan menjual satu jenis produk perlengkapan sekolah. Misalnya dengan menjual buku tulis atau tas sekolah saja.

• Tentukan Lokasi yang Cocok untuk Memulai Usaha

Pilihlah lokasi yang berjualan di tempat-tempat yang dekat dengan sekolah atau banyak dikunjungi oleh anak-anak. Jika Anda pintar memanfaatkan kesempatan, Anda juga bisa membuka lapak saat momen pendaftaran peserta didik baru atau saat pengambilan rapor.

• Beli Produk di Pusat Grosir
Belilah produk yang akan Anda jual kembali di pusat-pusat grosir, karena harga yang ditawarkan tentunya lebih murah. Dengan begitu, keuntungan yang Anda terima juga bisa lebih besar.

Berbagai Peluang Bisnis Saat Pergantian Tahun Ajaran Baru
Di antara peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan pada siklus pergantian tahun ajaran sekolah adalah sebagai berikut:

• Bisnis Perlengkapan dan Peralatan Sekolah

Berbagai perlengkapan dan peralatan sekolah selalu menjadi sasaran utama. Karenanya, bisnis yang menjajakan keperluan tersebut akan selalu mengalami peningkatan yang signifikan menjelang tahun ajaran baru.

• Bisnis Seragam Sekolah

Produk berikutnya yang juga selalu banjir permintaan pada saat musim pergantian tahun ajaran adalah seragam sekolah. Selain seragam sekolah, atribut-atribut pendukungnya pun juga banyak dicari, seperti dasi, topi, ikat pinggang, sepatu, kaus kaki, dan lain sebagainya.

Baca juga  Mau Buka Usaha Tapi Bingung Cari Modal? Ini 5 Cara Mencari Modal Usaha yang Perlu Anda Coba

• Bisnis Buku Pelajaran Sekolah
Saat memasuki tahun ajaran baru, siswa-siswa tentu akan membutuhkan buku pelajaran yang sesuai dengan tingkatannya. Tak hanya itu, sejumlah buku pendukung biasanya juga turut dicari. Sebut saja buku rumus matematika, kamus Bahasa Inggris, peta Indonesia, serta buku-buku umum lainnya yang dapat membantu menambah pengetahuan siswa.

• Peluang Bisnis Jasa Antar Jemput

Jasa antar jemput juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan saat musim pergantian tahun ajaran. Dalam mencari anggota atau mempromosikan jasa, Anda bisa menyebarkan info secara online, melalui broadcast di media sosial, atau menyebarkan brosur secara langsung pada orang tua siswa saat pendaftaran siswa didik baru atau penerimaan rapor. Selain itu, pilihan lain yang juga efektif adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak sekolah.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana caranya bagi Anda yang ingin mendapatkan modal serta beberapa peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan menjelang tahun ajaran baru sekolah.

Segeralah mengambil kesempatan, atau kesempatan itu akan meninggalkan Anda.

Semoga bermanfaat!