Bagikan:

Jack Ma sempat mengungapkan pandangannya tentang hidup pada sebuah wawancara di statisun TV Korea. Pada saat itu Jack Ma memberikan wejangan tentang kisah suksesnya pada pemuda pemudi di Korea Selatan. Tak hanya itu, Jack Ma juga mengungkapkan penyesalan yang pernah dialami dalam hidup. Menurut Jack Ma, terdapat garis waktu yang dijalani seseorang ketika hidup. Dalam garis waktu tersebut, seseorang mengalami beragam tahapan kehidupan yang harus dilalui. Umur 20 tahun hingga umur 60 tahun, terdapat tahapan berbeda yang harus dilalui seseorang.

Bagaimanakah pandangan pebisnis sukses seperti Jack Ma tentang Hidup? Rupanya pandangannya ini menginspirasi banyak orang.

Berikut ulasan apa yang diungkapkan Jack Ma di hari itu:

“Sebelum Anda menginjak usia 20, jadilah murid yang baik. Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman. Sebelum Anda menginjak usia 30, ikutlah seseorang.”

Masuklah ke sebuah perusahaan kecil. Umumnya, di perusahaan besar, bagus untuk Anda mempelajari proses; Anda adalah bagian dari mesin besar. Tapi, di perusahaan kecil, Anda dapat belajar tentang passion dan semangat, Anda belajar tentang mimpi. Anda akan mempelajari banyak hal dalam satu waktu. Jadi, sebelum usia 30, bukan perusahaan mana yang Anda tuju, tapi bos mana yang Anda ikuti. Bos yang baik mengajari Anda dengan cara yang berbeda.

“Antara usia 30 sampai 40 tahun, Anda perlu benar-benar memikirkan apakah Anda ingin bekerja sendiri, jika Anda ingin sekali menjadi entrepreneur.”

“Antara usia 40 sampai 50 tahun, Anda harus melakukan semua hal yang benar-benar Anda kuasai.”

Jangan pernah berpikir untuk memulai sesuatu yang baru, itu sudah sangat terlambat. Anda bisa saja sukses, tapi tingkat pengorbanannya terlalu tinggi. Jadi, antara usia 40 sampai 50 tahun, Anda harus fokus mengerjakan hal-hal yang memang Anda kuasai.

“Tapi, antara usia 50 sampai 60 tahun, bekerjalah untuk anak muda.”

Karena anak muda bekerja jauh lebih baik dari Anda. Jadi, andalkan mereka, berinvestasi-lah pada mereka, dan pastikan mereka memang bekerja dengan baik.

“Ketika Anda sudah di atas usia 60 tahun, nikmati waktu Anda.”

Ketika Anda telah menginjak usia 60 tahun, sudah sulit untuk merubah diri sendiri dan keadaan. Nikmatilah apa yang ada, misalnya berada di pantai hingga menikmati sinar matahari.

Baca juga  Pegadaian KRASIDA dan Peluang Bisnis Jelang Tahun Ajaran Baru

Ini saran saya untuk para anak muda: Usia 25 tahun, buatlah kesalahan. Jangan khawatir! Anda jatuh, Anda bangkit, Anda jatuh lagi….nikmatilah! Anda baru 25 tahun, nikmati pertunjukannya!

Selain memiliki beragam pesan insiratif, Jack Ma rupanya juga memiliki penyesalan, lho!

“Banyak hal yang saya sesali. Saya menyesal bertemu dengan media. Saya menyesal berbicara di depan publik. Karena seharusnya saya bisa melindungi privasi saya. Saya menyesal bekerja begitu keras dan menghabiskan waktu yang sangat minim dengan keluarga saya.

Dan jika saya memiliki kesempatan hidup yang berbeda, saya tidak akan pernah melakukan ini semua. Istri saya berkata, “Kamu bukan milik saya, kamu milik Alibaba.” – Jack Ma

Menurut Jack Ma, kehidupan berlalu begitu cepat. Segala hal yang dilaluinya adalah wujud dari pengalaman luar biasa. Selain itu Jack Ma juga menyadari bahwa setiap orang memiliki pandangan yang berbeda satu sama lain. Ada orang yang menganggap Anda berlimpah harta dan menikmati kesuksesan, namun kenyataanya ternyata tidaklah seperti itu. Beberapa orang berfikir dia orang yang kekurangan dan menyedihkan, tapi bisa saja sebenarnya kekayaan dan kebahagiaannya tersembunyi.

Ternyata memiliki bisnis besar dengan karyawan lebih dari 500 juta orang justru membuat Jack Ma menangis dan bersedih karena memiliki masalah yang tidak pernah dibayangkan orang lain. Dia harus berkutat dengan pekerjaannya serta berurusan dengan banyak orang yang memiliki itikad tidak baik.

Sebagai penutup Jack Ma juga mengungkapkan bahwa saat ini sudah terlambat baginya untuk menyesal. Dia berpesan lupakan tentang penyesalan! Pikirkan, saya punya 10-20 tahun lagi”, nikmati pertunjukannya, nikmatilah perjalanannya.