Bagikan:

Apakah Anda  pernah makan bakpia? Makanan ringan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta biasanya membeli bakpia sebagai buah tangan untuk keluarga. Lain halnya jika Anda berkunjung ke Medan. Kota ini identik dengan oleh-oleh berupa bika Ambon. Setiap daerah memang memiliki makanan khas yang bisa diandalkan sebagai daya tarik wisata. Ini tentu merupakan sebuah peluang bisnis yang menggiurkan. Nah, jika Anda tertarik untuk berkecimpung di tengah bisnis ini, pelajari terlebih dahulu seluk-beluk peluang bisnis oleh-oleh khas daerah berikut ini:

 

Diperlukan Inovasi Supaya Bisa Bersaing

Di sebuah daerah yang merupakan destinasi wisata, tentu ada banyak gerai yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas daerah. Misalnya, penjual bakpia di Yogyakarta jumlahnya tak terhitung. Bahkan, di daerah Pathuk, toko-toko yang menjual bakpia berjejer di sepanjang jalan. Secara tidak langsung, hal ini menandakan persaingan sangat ketat. Nah, supaya bisnis oleh-oleh khas daerah Anda tidak mandek, tetapi menghasilkan omzet yang lumayan, diperlukan inovasi khusus. Inovasi bisa terwujud dalam bentuk rasa, tampilan, maupun kemasan yang berbeda daripada yang lain. Jangan salah, hal-hal sederhana seperti ini sangat berpengaruh pada psikologis pembeli.

 

Ciptakan Tren Baru

Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah bukanlah bisnis yang hanya berkutat pada produk yang itu-itu saja. Jika diamati, ada banyak artis yang berhasil memperkenalkan oleh-oleh baru dari suatu daerah. Misalnya, Teuku Wisnu yang menciptakan produk oleh-oleh Malang Strudel. Ada pula Dude Herlino yang menciptakan Jogja Scrummy. Namun, sebelum membuat sebuah produk baru, ada baiknya Anda mempertimbangkan keterkaitan produk tersebut dengan daerah yang diwakilinya. Misalnya, karena Malang merupakan daerah penghasil apel, Anda bisa menciptakan makanan baru berbahan dasar apel.

Baca juga  Dari Kuli Masak Jadi Bos Katering

 

Manfaatkan Daerah Destinasi Wisata

Perlu diakui, belum semua daerah mengembangkan potensi wisatanya dengan baik. Nah, bagi yang menginginkan tantangan, Anda bisa memilih mengembangkan oleh-oleh baru dari daerah yang belum dikenal luas. Hanya saja, pengunjung yang datang ke daerah ini biasanya tidak sebanyak yang datang ke daerah tujuan wisata. Sebaliknya, Anda memiliki kemungkinan untuk berhasil lebih besar jika memulai bisnis oleh-oleh di daerah yang dikenal sebagai pusat wisata. Ini berarti, Anda tidak akan kesulitan mencari pembeli karena sudah datang sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan produk tersebut dikenal dengan baik.

 

Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah sebenarnya sangat banyak. Hanya saja, tidak semua orang peka melihat kesempatan tersebut dan mengolahnya hingga menghasilkan keuntungan maksimal. Anda bisa memulai bisnis dengan mencoba menciptakan makanan khas yang unik dan tidak biasa. Manfaatkan juga media sosial untuk memperkenalkan produk Anda ke seluruh penjuru Tanah Air sehingga merek produk tersebut lebih dikenal dan dicari wisatawan.

Tentunya bisnis pun tidak akan berjalan jika tidak adanya modal. Pegadaian memberikan solusi bisnis tanpa batas dengan program Gadai Bisnis, yang mana memberikan Anda fitur Kredit Cepat dan Aman dengan proses mudah, cepat, dan aman. Yuk, mulai berdayakan dan gali potensi daerahmu!