Bagikan:

Perkembangan teknologi informasi membuka kesempatan bagi siapa pun untuk memiliki usaha sendiri. Dengan adanya akses internet yang mudah dan berbagai platform pendukung, kini mulai banyak orang yang mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis online. Dan kabar baiknya, Anda bisa melakukan bisnis online tanpa modal.

Jenis-jenis Bisnis Online Tanpa Modal yang Banyak Diminati

Dengan banyaknya platform yang ada di dunia maya, bisnis online muncul dalam berbagai bentuk dan jenis usaha. Beberapa di antaranya yang paling banyak diminati adalah sebagai berikut:

1. Toko Online

Membuat toko online bisa dilakukan dengan cara membuat website, blog, ataupun memanfaatkan media sosial dan marketplace yang sudah ada. Setelah memiliki lapak di dunia maya, selanjutnya Anda bisa menjual produk Anda melalui platform tersebut. Jika tidak punya modal untuk berjualan, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

2. Membuat Blog atau Website

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang IT, khususnya dalam membangun sebuah blog atau website, jasa pembuatan blog atau website bisa menjadi bisnis online tanpa modal yang cocok bagi Anda. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak platform yang dapat mempertemukan freelancer dengan calon klien.

3. Affiliate Marketer
Menjadi affiliate marketer atau makelar online juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Jika makelar di dunia nyata biasanya mendapat komisi mulai dari 1% sampai 10%, di dunia bisnis online, seorang affiliate marketer bisa mendapatkan komisi rata-rata 25% sampai 80% dari setiap produk yang berhasil dijualnya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal?

Memulai bisnis online tanpa modal sebenarnya tidaklah susah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulainya:

1. Mulai dari Hal yang Anda Suka

Baca juga  Hidup Sederhana ala Mark Zuckerberg

Selalu mulai sesuatu dengan hal yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda memiliki ketertarikan dalam hal fesyen, Anda bisa memulai dengan menjual barang-barang fesyen.

2. Gunakan Platform yang Sudah Ada

Cara paling mudah untuk memulai bisnis tanpa modal adalah dengan memanfaatkan platform yang sudah ada. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram ataupun memanfaatkan marketplace yang sudah ada.

3. Bangun Jaringan

Untuk membangun jaringan, Anda bisa mengikuti akun-akun yang berpotensi besar menjadi pelanggan Anda ataupun meminta bantuan teman dan kerabat untuk mempromosikan usaha Anda.

4. Tidak Perlu Memiliki Stok Terlebih Dahulu

Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu memiliki stok terlebih dahulu saat menjalankan bisnis toko online. Jika ada pelanggan yang memesan barang di toko Anda, barulah Anda meneruskan informasi tersebut ke produsen atau pedagang yang sudah bekerja sama dengan Anda.

5. Fokus
Terakhir, fokuslah dalam menjalankan bisnis online Anda. Mulai dari membalas pertanyaan pelanggan dengan baik, membangun relasi seluas-luasnya, hingga menjaga kualitas produk dan layanan.

Dengan tetap fokus dan konsisten menjalankan bisnis, lambat laun bisnis Anda pun pasti akan semakin berkembang. Jika dirasa Anda perlu modal tambahan untuk mengembangkan bisnis, tidak ada salahnya untuk mencari dana lainnya. Salah satunya dengan mengajukan kredit yang dikhususkan bagi para pengembang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh Sahabat Pegadaian dengan sebutan Kreasi. Nantinya, nasabah bisa mengajukan kredit mudah dengan jaminan BPKB untuk mendapatkan pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 200 juta rupiah. Bunga yang murah dan angsuran tetap per bulan serta pinjaman berjangka waktu yang fleksibel tidak memberatkan para pengembang UMKM.

Seperti kata mutiara berikut ini:

Bangunan kesuksesan itu memang tinggi untuk didaki. Tapi jika kita mau fokus, kita akan melihat bahwa ternyata bangunan itu memiliki tangga dan lift yang bisa dilalui.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online tanpa modal. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga  5 Cara Bisnis Kecil-kecilan di Rumah