Bagikan:

Menjadi seorang wirausaha kini semakin diminati dari berbagai kalangan. Tak hanya usia dewasa yang sudah berpengalaman, menjalankan usaha pun sudah mulai banyak dilirik dan dicoba oleh kawula muda. Umumnya, ketertarikan ini berasal dari kisah pengusaha yang sukses dan mendapatkan banyak laba dari bisnis yang dijalankan. Namun yang sedikit diabaikan, melakoni usaha pun sebetulnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain usaha yang mati-matian untuk hasil yang maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik puncak juga tidak bisa dikatakan singkat. Kendati demikian, bukan berarti Anda yang ingin mencoba berbisnis harus berkecil hati. Dari sekian banyak peluang yang ada, terdapat beberapa opsi yang cukup berprospek cerah seperti empat usaha menjanjikan untuk pemula berikut ini.

Bisnis Online

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis usaha yang satu ini. Kini tidak hanya bisnis perseorangan, setiap perusahaan besar pun turut berkompetisi memenangkan persaingan dalam dunia digital.

Namun sebenarnya, internet hanyalah sebuah media. Jenis usaha yang Anda tawarkan dapat berbagai macam, baik produk maupun jasa. Anda bisa menjual apa pun yang menjadi kegemaran maupun spesialisasi yang dimiliki, seperti kuliner, pakaian, sepatu, barang-barang unik, parfum, dan masih banyak lainnya.

Bila Anda akan melakoni bisnis produk, maka sebaiknya pahami istilah dropshipper dan reseller. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melangkah terutama jika bingung dengan kapasitas modal yang dimiliki.

Dropshipper

Sebutan dropship mungkin tidak asing lagi di telinga Anda, tetapi boleh jadi maknanya belum benar-benar mengena. Jika menjadi dropshipper, Anda hanya perlu meminta supplier untuk mengirim barang ke pelanggan yang memesan melalui Anda. Dengan demikian, boleh dibilang Anda adalah perpanjangan tangan supplier yang tidak memiliki stok barang. Sistem ini cocok jika Anda tidak memiliki modal yang besar.

Baca juga  6 Pertimbangan dalam Memilih Lokasi Usaha

Reseller

Bila menjadi seorang reseller, berarti Anda membeli sejumlah produk kepada supplier dan menjadikannya stok pribadi. Anda dapat kembali menjual barang tersebut sesuai kebijakan sendiri, termasuk besarnya margin yang diharapkan. Bagi Anda yang memiliki modal cukup besar, bisnis ini mungkin bisa menjadi alternatif yang pas.

Bisnis Laundry

Untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan dengan modernitas tinggi, laundry adalah salah satu usaha menjanjikan bagi pemula yang patut dicoba. Melihat gaya hidup masyarakat yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan kurang memiliki waktu untuk mengerjakan urusan domestik, usaha ini memberikan peluang cukup besar.

Tidak perlu terburu untuk membuka usaha laundry dalam skala yang besar. Anda bisa menyesuaikan sesuai modal yang dimiliki sembari melihat grafik peningkatan bisnis yang dijalankan. Setidaknya, Anda bisa memulainya dengan satu atau dua buah mesin pencuci baju dan perlengkapan setrika di dalam sebuah ruangan yang tidak terlalu besar.

Bisnis Kos-Kosan

Bila ingin mendapatkan passive income, menjadi juragan kos-kosan adalah pilihan yang sangat menggiurkan. Modal awal yang dibutuhkan memang besar, tetapi hasil yang akan diperoleh juga seimbang asal memiliki strategi yang tepat.

Setidaknya, pastikan Anda akan mendirikan bangunan indekos di lokasi yang strategis—kawasan perkantoran, kawasan universitas atau pendidikan, rumah sakit, dan sebagainya. Bila saat ini lokasi tersebut belum terlalu ramai tetapi memiliki prospek yang cerah, jangan terburu menutup mata. Pasalnya, sering kali usaha properti memang dimulai dari kawasan yang dianggap tidak memiliki kemungkinan justru bernilai berkali-kali lipat setelah beberapa tahun.

Bisnis Industri Kreatif

Di zaman globalisasi yang semakin memperkecil batas ini, berkecimpung dalam industri kreatif adalah opsi yang juga menjanjikan. Bagian terbaiknya, tidak seluruh orang dapat menjalankannya jika tidak memiliki apa yang disebut bakat maupun keterampilan. Anda dapat bekerja di mana saja dan kapan saja dengan mengandalkan kombinasi laptop, internet, dan otak.

Baca juga  4 Peluang Usaha Ternak yang Menjanjikan

Menjadi penulis misalnya. Di samping menjadi seorang penulis buku, profesi seorang content writer dan copywriter juga cukup menjanjikan. Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing juga dapat menjadi penerjemah lepas dengan penghasilan yang menggiurkan.

Menjadi desainer juga merupakan profesi di bidang industri kreatif yang cukup menjanjikan di saat ini. Anda dapat menjadi ilustrator, web designer, dan lain-lain. Di samping itu, peluang industri kreatif lainnya seperti dalam bidang fotografi dan filmografi semakin bersinar.

Seorang pemula yang belum memiliki banyak pengalaman tentu membutuhkan banyak masukan dalam memulai bisnis, salah satunya dalam mencari dana untuk modal. Beberapa di antaranya memulai bisnis dengan cara patungan. Ada juga yang mencari investor. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan pembiayaan di Pegadaian untuk kebutuhan produktif lewat Kredit Cepat dan Aman. Pembiayaan yang satu ini cocok untuk pebisnis yang masih pemula karena untuk bisa mendapatkan pinjaman dari Pegadaian, syaratnya hanya menyerahkan barang jaminan. Barang jaminan di sini memiliki banyak ragamnya, mulai dari emas perhiasan, emas batangan, mobil, sepeda motor, sampai dengan barang elektronik. Sehingga, terbuka kemungkinan bagi pebisnis pemula untuk mendapatkan kredit yang bisa digunakan sebagai modal usaha.

Itulah empat usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa Anda lakukan serta bagaimana caranya mendapatkan modal bagi pebisnis pemula. Tidak harus memerlukan modal banyak dengan pilihan yang konvensional, beragam peluang dengan modal yang kecil juga sama terbukanya di era ini. Selamat mencoba!