Bagikan:

Untuk menjadi seorang wirausaha tidak diperlukan ijazah khusus. Meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar, Anda bebas memulai bisnis apa pun. Namun, agar tidak mengganggu konsentrasi belajar, mulailah usaha atau bisnis pada saat liburan. Pada saat-saat seperti sekarang ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus bisnis sehingga hasilnya pun maksimal. Apa saja ide bisnis bagi mahasiswa yang bisa dijalankan saat musim liburan? Simak uraiannya berikut ini:

1. Les Privat
Sebagai mahasiswa, Anda berkutat dengan berbagai materi pelajaran. Misalnya, jika Anda kuliah di jurusan Bahasa Indonesia, mengolah kata, mengaplikasikan tata bahasa dalam kalimat, dan menggunakan kata baku adalah makanan Anda sehari-hari. Selain itu, Anda juga tentunya masih ingat mata pelajaran lain yang dipelajari di sekolah dulu. Ilmu ini bisa Anda jadikan ide bisnis dengan membuka les privat. Untuk mencari murid les, Anda cukup mengumpulkan anak-anak di kompleks perumahan dan menawarkan bantuan dalam pelajaran yang belum mereka kuasai. Selain menghasilkan, aktivitas ini pun akan mengasah otakmu meskipun sedang menjalani masa liburan semester.

2. Menulis
Ide bisnis lainnya bagi mahasiswa di musim liburan adalah menulis. Misalnya, menulis untuk media cetak maupun media online. Akan sangat baik jika Anda fokus pada satu topik tertentu sehingga tulisan-tulisan Anda lebih berisi. Keuntungan lain yang bisakamunikmati dari aktivitas ini adalah bisa melatih kemampuan menulis secara tidak langsung. Kemampuan ini pasti akan kamu butuhkankelak, terutama pada saat mengerjakan skripsi.

3. Bisnis Kuliner
Apakah Anda senang memasak? Gunakan saja keahlian itu untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Contoh sederhana, membuat jajanan dan menjualnya ke orang-orang yang Anda kenal. Anda juga bisa menjalankan bisnis katering sederhana. Bisnis ini terbilang sangat potensial. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Intinya, miliki kemampuan melihat peluang dan berikan yang terbaik yang diharapkan oleh konsumenmu. Niscaya, produk Anda akan mendapat tempat di hati mereka.

Baca juga  Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

4. Taman Bacaan
Jika Anda memiliki koleksi buku yang cukup banyak, buka saja sebuah taman bacaan. Supaya praktis, berikan label harga peminjaman pada buku-buku tersebut. Hasilnya memang tidak seberapa. Namun, Anda telah turut berjasa menyebarkan ilmu kepada orang lain melalui buku-buku yang tersebut.

5. Pemandu Wisata
Apabila berdomisili di suatu daerah yang merupakan destinasi wisata, Anda bisa menjadi pemandu wisata dadakan saat liburan. Tawarkan jasa Anda kepada para pelancong yang ingin menjelajahi daerah tersebut dengan bayaran tertentu. Anda juga bisa berinisiatif membuat paket wisata dan bekerja sama dengan pihak penginapan, toko oleh-oleh, atau transportasi.

6. Bisnis Cuci Motor
Bisnis cuci motor merupakan ide bisnis lainnya di musim liburan yang juga bisa Anda tekuni. Faktanya, ada banyak orang yang tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan kendaraan mereka sendiri. Nah, karena Anda sedang liburan, manfaatkan saja kesempatan emas tersebut. Untuk bisnis ini, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Selain potensial, bisnis sampingan ini juga mudah dikerjakan. Daripada waktu Anda terbuang sia-sia untuk bersantai, mencoba untuk berbisnis pasti akan lebih bermanfaat.