Bagikan:

Punya penghasilan tetap tanpa harus keluar pergi ke kantor setiap pagi tampaknya menjadi impian banyak orang. Salah satu cara mewujudkan impian tersebut adalah dengan memulai bisnis rumahan. Banyak bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal besar. Selama konsisten dan mau bekerja keras, bisnis sesederhana apapun pasti membuahkan hasil yang luar biasa. Jika Anda tertarik memulai bisnis tapi masih bingung bisnis apa yang menjanjikan keuntungan besar, inspirasi usaha yang diperkirakan bakal booming di tahun 2018 nanti mungkin dapat membantu Anda. Ada apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Inspirasi Usaha Katering Makanan Sehat

Semakin rentannya tubuh dengan berbagai macam penyakit membuat masyarakat mulai sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Saat ini pun mulai banyak bermunculan jasa katering makanan sehat yang ditujukan bagi orang yang tengah diet atau menjalani perawatan medis. Anda pun dapat turut terjun di bisnis ini, terlebih jika memiliki pengetahuan di bidang gizi dan pengolahan makanan. Kemampuan mengolah sayur-mayur dan bahan lainnya menjadi makanan yang tetap menggoyang lidah tentu akan membuat konsumen semakin tertarik untuk beralih ke pola makan yang sehat.

2. Inspirasi Usaha dari Fenomena Kue Artis

Tahun 2017 merupakan puncak geliat bisnis kudapan manis. Hal tersebut tidak lain disebabkan banyaknya gerai kue dan roti yang memasang wajah dan nama artis ternama sebagai brand ambassador-nya. Banyak orang bahkan rela mengantre di depan gerai kue selama berjam-jam demi mencicipi kue sang artis, tak peduli sekalipun tampilan dan rasa kuenya tidak terlalu istimewa. Buat Anda yang jago membuat kue, mungkin Anda bisa sedikit menyontek resep dan rahasia pemasaran kue kekinian tersebut untuk diterapkan pada bisnis Anda. Dengan memadukan resep kue-kue fenomenal tersebut dengan resep rahasia, kue kekinian hasil karya Anda pun dapat bersaing dengan kue sang artis.

3. Spa Bayi

Bayi pun perlu perawatan tubuh khusus untuk membantu pertumbuhannya. Dengan pengetahuan tentang perawatan bayi, inspirasi usaha satu ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Jika tertarik memulai bisnis spa bayi di rumah, Anda perlu menyediakan area khusus yang terpisah dari area kegiatan rumah tangga sebab, bayi memerlukan ketenangan dan kenyamanan ketika di spa. Untuk memulai usaha ini, Anda wajib berinvestasi di alat-alat pendukung usaha seperti bath tub khusus bayi berkualitas, area bermain, kudapan sehat, serta dekorasi yang mampu membangkitkan mood dan semangat bayi.

Di samping menyediakan pelayanan spa bayi yang berkualitas, Anda pun dapat memberikan edukasi kepada para orang tua melalui penyuluhan mengenai tumbuh kembang bayi, pelatihan memasak makanan pendamping ASI yang bergizi, atau pelatihan pertolongan pertama pada anak ketika sakit.

4. Budidaya Tanaman Hias

Siapa yang tak suka melihat indahnya tanaman hias? Bagi pencinta bunga dan tanaman hias, inspirasi usaha yang satu ini tampaknya merupakan pilihan yang menjanjikan. Tanaman hias seperti bunga anggrek yang memiliki beragam jenis varian langka bahkan dapat dibanderol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah berkat keindahannya. Selain anggrek, tanaman hias lain yang punya banyak penggemar adalah bonsai. Tanaman hias yang lekat dengan nuansa Zen ini dapat beromzet ratusan juta hingga miliaran rupiah, lo. Model variasi bonsai pun cukup banyak, mulai dari bunga azalea, kamboja, pohon kelapa, pohon cemara, dan masih banyak lagi. Tertarik?

5. Sepatu dan Busana Custom

Sepatu dan busana yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan sering kali memiliki desain dan ukuran yang tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Adanya bisnis sepatu dan busana custom yang dirancang sesuai permintaan khusus dapat membantu pembeli yang sering bermasalah dengan terbatasnya pilihan yang tersedia di pusat perbelanjaan. Anda dapat menawarkan jasa melalui media sosial dengan disertai contoh desain busana atau sepatu yang pernah dibuat. Anda pun dapat mematok harga khusus yang disesuaikan dengan kerumitan desain serta material yang diminta.

Itulah beberapa inspirasi usaha rumahan yang mungkin dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang tengah berencana memulai bisnis. Dan jika Anda ingin menambah modal usaha dengan jaminan emas, Anda bisa memanfaatkan pembiayaan Krasida dari Pegadaian. Pembiayaan yang satu ini memberikan pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 250 juta atau lebih yang cocok untuk kebutuhan produktif Anda.

Di tahun 2018 mendatang, memulai sesuatu yang baru bisa menjadi pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Selama Anda optimistis, terus bekerja keras, dan mampu berinovasi, target semustahil apapun akan dapat dicapai, seperti yang pernah diutarakan oleh Walt Disney:

Semua mimpi dapat kita capai, selama kita memiliki keberanian untuk mewujudkannya.

Selamat tahun baru 2018!