ide bisnis kopi
Bagikan:

Dewasa ini, peran kopi bukan hanya sebagai teman begadang; atau justru memulai pagi. Kopi yang mulanya menjadi minuman pendamping; perlahan bergerak sebagai alat maupun cara menunjang gaya hidup. Dengan alasan ini, tentu saja selain dinikmati, kopi juga bisa jadi ide bisnis yang mendulang rupiah. Apalagi, sudah ada banyak orang yang menjadikan hobi ngopi-nya sebagai “ladang” untuk menambah pendapatan.

Perkembangan bisnis kopi sendiri seakan sudah “menjamur” di banyak daerah Indonesia, apalagi kota-kota besar. Entah sekadar warung kopi, gerobak keliling, atau justru sudah berbentuk kafe; kopi selalu punya “pelanggan” dan pasarnya masing-masing. Sayang, bagi para pebisnis pemula—mendirikan bisnis berbasis kopi bukanlah hal yang dianggap mudah. Beberapa di antaranya, masih terkendala masalah modal kecil. Padahal, untuk mulai terjun di “dunia kopi”, tidak harus selalu mengeluarkan modal yang besar, lho. Sebagai inspirasi, berikut adalah empat ide bisnis kopi bermodal kecil yang bisa Anda coba!

  • Jual “Biji-nya”

Selain modal uang (yang ringan), bekal lain yang Anda butuhkan adalah koneksi dengan para roaster, pabrik, maupun petani kopi. Nah, namanya juga “menjual”; Anda hanya perlu mendapatkan pembeli biji-biji kopi tadi (yang didapatkan dari para petani, pabrik, maupun roaster). Biasanya, harga biji-biji kopi tadi cenderung lebih murah. Menjual dengan harga di atas harga beli tentu saja bisa mendatangkan keuntungan.

Tidak perlu takut kehabisan pembeli. Pasalnya, Anda toh tahu bahwa ada banyak sekali pecinta kopi “fanatik” di Indonesia. Jika perlu, cobalah untuk menawarkan barang dagangan ke coffee shop, atau justru perorangan. Adapun agar menarik dan tepercaya, pilih biji berkualitas, lalu lengkapi dengan segel dan kemasan yang menarik, ya.

  • Kedai Kopi “Kecil-kecilan”
Baca juga  Pegadaian KRASIDA dan Peluang Bisnis Jelang Tahun Ajaran Baru

Anda tidak harus mendirikan kafe, kok. Bisnis Anda dapat dimulai dengan membuka kedai kopi sederhana; dengan alat-alat yang sederhana pula. Agar semakin menarik, Anda bahkan bisa melengkapi kedai kecil Anda dengan tempat duduk sederhana; atau justru obrolan dan diskusi ringan. Percaya, deh, jika rasa kopi Anda enak dan berkualitas, pelanggan setia pasti akan selalu datang!

  • Olahan Kopi Kemasan

Cara yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang terkendala modal—juga waktu. Caranya, cukup membeli bubuk kopi; mengolah atau justru meraciknya sendiri; lalu kemaslah di dalam botol dan pasarkan. Bahkan, untuk pemasaran, Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial, kok! Apalagi dewasa ini, ada banyak sekali jasa pengiriman praktis dan berbiaya murah.

  • Coffee Truck atau Gerobak Kopi

Keberadaannya di Indonesia memang masih jarang. Namun, di luar negeri, ini adalah  hal yang lumrah, kok. Ini sebabnya, Anda bisa berinovasi dengan ide bisnis kopi yang satu ini. Selain modal yang ringan, siapa tahu cara ini bisa menjadi terobosan baru di dunia kopi, lho!

Itulah empat ide bisnis kopi bermodal kecil yang bisa Anda jadikan inspirasi. Selamat mencoba!