Ayo temukan inspirasi usaha sampingan 2017 untuk masa depanmu!
Bagikan:

Usaha sampingan yang berkaitan dengan perangkat mobile begitu meroket saat teknologi telepon seluler merebak di pertengahan tahun 2000-an. Satu dekade kemudian, internet menjadi semakin mudah diakses dan beragam jenis bisnis online mulai tumbuh menjamur. Lalu tren usaha apa yang sedang berkembang saat ini dan tetap potensial di tahun-tahun mendatang?

Penasaran? Yuk, kita simak beberapa bisnis sampingan yang patut dicoba di tahun 2017 berikut ini!

Blogging

Jika dilihat dari tingkat perkembangannya, tak pelak lagi, bisnis sampingan yang berkaitan dengan teknologi informasi memiliki potensi pasar yang cukup tinggi. Blogging adalah salah satu pintu usaha yang bisa Anda pilih untuk meraup keuntungan secara virtual. Blog berkualitas dengan konten-konten yang bermanfaat bisa dimonetisasi atau dijadikan mesin penghasil uang melalui beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Jual beli produk-produk virtual, seperti materi-materi pelatihan/training, eBook, webinar, berbagai produk audio/video, dsb.
  • Jual beli jasa/layanan khusus, seperti desain website, desain grafis, hosting & domain, jasa SEO, jasa penulisan artikel, penerjemahan, konsultan, dsb.
  • Media periklanan, yaitu melalui berbagai channel seperti AdNetwork, Pay par Post, Text links Ads, Newsletter, dan;
  • Flipping blog atau jual beli blog

Usaha Sampingan Toko Online

Sejauh ini, toko online masih menjadi bisnis sampingan yang potensial, mengingat semakin hari orang-orang semakin enggan repot dan selalu ingin mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk dalam urusan berbelanja. Anda bisa menjual berbagai jenis produk di toko online Anda sendiri, yaitu dengan membuatnya secara gratis menggunakan akun WordPress atau dengan menjadi vendor di salah satu marketplace. Atau jika ingin lebih keren dan profesional, buatlah website toko online berbayar sesuai karakter usaha Anda.

Usaha Kuliner Kemasan Bisnis makanan adalah salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi peminat, karena pada dasarnya makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi. Namun demikian, dengan semakin tingginya tingkat mobilitas, orang-orang memiliki waktu lebih sedikit untuk bisa makan dengan santai. Mereka lebih suka jika makanannya tersaji dengan cepat dan bisa dibawa kemana-mana. Itu sebabnya, jika Anda berencana merintis usaha kuliner, selain urusan rasa, perhatikan juga cara penyajian dan pengemasan praktisnya sebagai nilai jual utama.

Baca juga  Inilah Tips Jitu Mencari Uang Lewat Internet dan Sosial Media

Usaha Kreatif

Bisnis kuliner, fashion, atau jasa cuci kendaraan sepertinya terdengar sangat biasa, tapi bagaimana halnya jika Anda menyisipkan sejumput kreativitas di sana? Bagaimana jika Anda membuka restoran steak dengan konsep sederhana ala warung angkringan dengan free wifi dan live music, atau jasa laundry dengan konsep drive thru yang dikombinasikan dengan cuci mobil otomatis?

Pada usaha kreatif, fokus bisnis Anda tidak hanya terletak pada produk atau jasa yang dijual. Anda justru dituntut untuk menjual ide yang menawarkan sesuatu yang baru, sebuah konsep gila, tidak disangka-sangka, dan pastinya tidak dimiliki oleh orang lain.

Demikian tadi beberapa usaha sampingan yang patut di coba di tahun 2016 ini. Semoga bisa menginspirasi dan menggugah kejelian Anda dalam menemukan peluang usaha baru yang potensial dan sesuai dengan karakter. Salam sukses.

Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dan kebingungan mendapatkan biaya, Anda dapat mencoba mendapatkan modal usaha melalui Pegadaian. Pegadaian menghadirkan pembiayaan bagi Anda wirausaha Tanah Air. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat klik disni.