Bagikan:

Membantu keuangan keluarga bisa menjadi peran penting bagi seorang istri. Apalagi, beragam bisnis ibu rumah tangga bisa dijalankan dari dalam rumah. Dengan begitu, kewajiban menjadi ibu rumah tangga pun tetap bisa ditunaikan. Di waktu yang sama, Anda juga bisa menambah pemasukan keluarga.

Seperti diketahui, bisnis apapun yang dijalankan tetap membutuhkan modal. Tidak terkecuali dengan bisnis yang akan dijalani oleh kaum ibu ini, meski jumlahnya tidak terlalu besar di tahap awal. Para ibu bisa memanfaatkan berbagai barang yang sudah tersedia di dalam rumah untuk dijadikan modal.

Seperti Gadai Fleksi dari Sahabat Pegadaian yang merupakan solusi fleksibel dan mengerti kebutuhan ibu rumah tangga dengan memberikan layanan kredit cepat dan aman untuk pendanaan dengan barang jaminan yang dekat dengan dunia ibu, mulai dari emas perhiasan, emas batangan, berlian, barang elektronik, smartphone, kamera, sampai kendaraan bermotor. Gadai Fleksi memberikan tiga keunggulan, yaitu jangka waktu lebih fleksibel, sewa modal harian, dan uang pinjaman yang lebih besar.

Ibu rumah tangga bukanlah seorang pengangguran yang tak punya penghasilan. Berbagai keahlian bisa dimanfaatkan.

Tidak heran kini banyak ibu yang ikut membantu kondisi keuangan rumah tangga dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Jika dirasa sudah memiliki modal yang cukup untuk membuat bisnis kecil-kecilan, lalu apa saja ide bisnis rumahan yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga?

Menjual Pulsa, Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan di Mana Saja

Menjual pulsa bisa menjadi pilihan pertama bisnis ibu rumah tangga. Beragam jenis pulsa bisa Anda jual. Mulai dari token listrik, pulsa telepon, hingga layanan pembayaran berbagai jenis tagihan bulanan.

Menjalankan usaha seperti ini juga tidak sulit, cukup dengan berbekal ponsel pintar di tangan. Kelebihan lainnya, perputaran uang yang terjadi saat menjalankan bisnis pulsa juga cukup cepat. Ditambah lagi, hampir semua orang membutuhkan layanan ini.

Baca juga  6 Cara Jitu Mengatur Alokasi Modal Usaha untuk Meningkatkan Keuntungan

Saat menjalankan bisnis ini, Anda harus memperhatikan persaingan harga yang ada di pasaran. Jangan mematok tarif terlalu tinggi ataupun terlalu murah. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah pelayanan yang ramah. Jangan sampai konsumen enggan datang lagi karena merasa pelayanan yang mengecewakan.

Kuliner Menjadi Pilihan Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Mahir Memasak

Bisnis ibu rumah tangga berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah usaha kuliner. Hal ini dapat menjadi pilihan kalau Anda punya keahlian dalam memasak. Anda pun bisa memilih untuk menawarkan berbagai jenis makanan ataupun kue kepada calon konsumen.

Potensi bisnis ibu rumah tangga ini juga sangat besar. Terutama untuk penyediaan makan siang. Anda pun bisa menawarkan jasa katering harian kepada teman atau saudara. Lebih khusus kepada seorang istri yang memilih untuk menjadi wanita karier. Anda bisa melampirkan berbagai jenis menu harian kepada mereka. Semakin variatif masakan, semakin bagus.

Mesin Cuci Juga Bisa Jadi Modal Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga

Jenis usaha untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah menjalankan bisnis laundry. Modal yang diperlukan untuk usaha ini juga tidak berat. Apalagi, kalau Anda sudah memiliki mesin cuci di dalam rumah. Jadi, modal tambahan yang diperlukan hanya untuk pembelian deterjen serta pewangi pakaian.

Usaha laundry pun jadi pilihan bisnis yang potensial di berbagai jenis kawasan permukiman. Terlebih, di daerah yang penuh rumah indekos yang di dalamnya berpenghuni para pekerja kantoran. Dengan kesibukannya, mencuci pakaian merupakan aktivitas yang cukup merepotkan. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menambahkan layanan setrika baju kepada konsumen.

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pilihan yang bijak. Dan ingat, keharmonisan keluarga harus menjadi prioritas utama. Jangan sampai bisnis ibu rumah tangga menimbulkan keretakan dalam hubungan suami istri.

Baca juga  Tips Menjalankan Bisnis UKM Kreatif