ide bisnis industri kreatif anak muda
Bagikan:

Yang muda, yang berkarya. Yang muda, yang berbisnis.

Zaman sekarang, sudah tidak zamannya lagi anak mudah malas-malasan. Meski masih sekolah atau mungkin kuliah, mereka sudah harus memulai sebuah usaha atau bisnis. Mengapa? Karena zaman sekarang, mencari pekerjaan itu sangat sulit. Bahkan, meski sudah bergelar sarjana atau magister sekali pun.

Berangkat dari sini, Anak mudah sangat dianjurkan, ah tidak, diwajibkan untuk bisa menjadi kreatif. Mereka diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan/atau orang lain.

Oh ya, kalau Anda adalah seorang pemuda yang ingin berkembang dan memulai bisnis, berikut beberapa ide bisnis industri kreatif anak muda yang bisa dipertimbangkan.

  1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh anak muda ada tiga jenis. Pertama yang membutuhkan tempat entah berupa kedai atau kafe. Untuk yang satu ini memang butuh modal untuk menyewa tempat. Kedua menggunakan kendaraan seperti mobil atau yang memiliki boks besar. Kelebihan cara ini adalah bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Terakhir yang hanya melayani delivery order sehingga tidak butuh mobil dan tempat usaha.

Ketiga cara di atas bisa berjalan dengan lancar asal produk kuliner yang dihasilkan unik dan nikmat. Zaman sekarang mungkin sudah banyak yang menjual jenis makanan tertentu, katakanlah olahan ayam. Namun, dengan sedikit inovasi, calon pembeli akan tertarik dan mencoba. Apalagi harganya cukup ramah di kantong.

  1. Bisnis Distro

Anak mudah dan fashion adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Di tangan anak muda yang kreatif, bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kalau Anda ingin memulai bisnis di bidang ini, disarankan untuk mampu berpikir out of the box. Jangan sekadar meniru apa yang telah ada di pasaran saja. Kalau bisa menciptakan sesuatu yang baru dan bisa memunculkan tren. Anda bisa membuat aneka kaos dengan desain unik atau sepatu dan tas yang desainnya bisa sesuai dengan keinginan pembeli.

  1. Bisnis Desain

Desain yang dimaksud di sini tidak hanya berkutat pada pakaian saja, desain untuk undangan, karakter orisinal, hingga website. Zaman sekarang, untuk bisa membuat desain tidak harus kuliah. Ada banyak tutorial atau kursus yang membuat seseorang jadi ahli dengan aneka jenis desain. Selama hasil desain yang dihasilkan bagus, klien akan terus mencari keberadaan Anda.

  1. Bisnis Kerajinan

Kerajinan yang dimaksud bisa berupa kerajinan dari kayu, barang bekas, atau bahan lain yang awalnya tidak berguna. Anda bisa membuat benda dari bahan itu dan meningkatkan nilai jualnya. Misal membuat lampion dari botol bekas. Setelah membuat barang itu, Anda bisa melakukan promosi di media sosial untuk mendapatkan calon pembeli.

Inilah 4 contoh ide industri kreatif anak muda yang memiliki peluang besar akan berkembang. Jadi, Anda akan memulai bisnis kreatif apa?

Mulai bisnis Anda bersama Pegadaian! Dapatkan beragam informasi tentang layanan pendanaan bisnis yang mudah cepat dan aman dari Pegadaian di halaman berikut ini: http://sahabatpegadaian.com/produk-pegadaian