Cara Memulai Usaha Tanpa Modal
Bagikan:

Salah satu alasan mengapa banyak orang enggan melakukan bisnis adalah masalah permodalan. Banyak dari mereka menganggap kalau ingin memulai bisnis, modal yang besar harus digelontorkan. Padahal, ada juga bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali atau kalau pun ada tidak terlalu besar.

Kalau Anda tergiur untuk menjalankan bisnis tapi modalnya tidak ada atau sangat terbatas. Berikut beberapa cara memulai usaha tanpa modal yang bisa dicoba.

  1. Dropship

Zaman sekarang, Anda bisa menjual barang yang bahkan tidak pernah Anda pegang atau lihat. Dengan sistem dropship, Anda cukup melakukan promosi pada produk tertentu yang dimiliki oleh supplier. Selanjutnya, pembeli akan melakukan transaksi dan pihak gudang segera mengirim barang itu dengan alamat yang telah tertera.

Dengan konsep dropship, Anda bisa menjual ribuan barang atau bahkan lebih dengan sistem komisi atau Anda mengambil untung sendiri. Misal harga dari supplier Rp35.000. Anda bisa mengambil untung dengan menjualnya menjadi Rp50.000 plus masih ada tambahan komisi sesuai kebijakan supplier.

  1. Jasa Titip Barang

Bagi Anda yang hobi belanja, kebiasaan ini bisa dijadikan ladang untuk memulai usaha loh. Caranya gampang saja, Anda cukup menjadi orang yang bisa dititipi barang. Seseorang yang menginginkan barang tertentu akan titip kepada Anda dengan tambahan jasa sesuai dengan nominal atau kesulitan mendapatkan barang tersebut.

Misal Anda membeli buku pada pameran internasional dengan jasa 5-10% dari harga buku. Seseorang yang ingin titip barang diwajibkan untuk melakukan transfer terlebih dahulu. Selebihnya, Anda juga bisa menerapkannya pada bidang lain seperti baju, aksesori, atau barang yang hanya bisa didapat di luar negeri.

  1. Menulis dan Menerjemahkan

Kalau Anda memiliki kemampuan yang cukup baik dalam dunia menulis atau menerjemahkan. Bukalah dua jasa itu untuk melayani banyak orang yang membutuhkan. Zaman sekarang ada banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa seseorang yang andal dalam menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke Indonesia atau bahasa lain ke Bahasa Indonesia. Begitu sebaliknya.

Baca juga  Tutorial Bisnis Online bagi Pemula

Selanjutnya, Anda yang memiliki kemampuan menulis berbagai jenis tulisan bisa membuka jasa penulisan artikel untuk blog, web perusahaan, SEO, dan copywriting.

  1. Guru Les

Usaha tanpa modal selanjutnya adalah membuka bimbingan belajar. Anda bisa menjadi tutor untuk mengajar mata pelajaran tertentu atau mencari orang lain untuk menjadi guru. Anda bisa menjadi murid sebanyak-banyaknya dan menetapkan tarif les atau privatnya sesuai dengan keinginan.

Beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Sains, Bahasa Inggris, hingga pelajaran seni seperti gitar atau piano bisa Anda sediakan. Semakin banyak jenis mata pelajaran yang Anda sediakan, semakin banyak pula pemasukan yang akan didapatkan.

Demikianlah beberapa cara memulai usaha tanpa modal yang bisa Anda praktikkan saat ini juga. Semoga usaha atau bisnis yang akan Anda lakukan bisa berjalan lancar!