Bagikan:

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah sekaligus mendatangkan banyak manfaat, tidak hanya umat Muslim, tapi bagi siapa saja. Salah satu kegiatan yang cukup bergeliat di bulan suci adalah ekonomi dan bisnis.
Pada bulan Ramadhan, ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa dicoba, mulai dari usaha menjual katering dan menu berbuka, berjualan pakaian dan perlengkapan salat, bisnis kue kering Lebaran, sampai bisnis sewa mobil.

Nah, yang terakhir disebutkan adalah bisnis yang beberapa tahun belakangan sudah mulai dijajal para pelaku usaha, selain tidak repot, alasan lain kenapa banyak orang memilih bisnis sewa mobil saat Lebaran adalah keuntungan yang cukup menggiurkan. Semua tentu tahu kalau menjelang Hari Raya, angka permintaan rental mobil selalu naik tajam.

Ada beberapa alasan mengapa orang lebih suka merental mobil untuk keperluan mudik daripada menggunakan transportasi umum, salah satunya adalah kenyamanan. Ya, mudik dengan mobil pribadi memang jauh lebih nyaman dibanding dengan mudik menggunakan angkutan umum, terutama jika membawa anak kecil.

Itu baru dari sisi penyewa. Bagaimana keuntungan bisnis sewa mobil dilihat dari kacamata pengusaha? Yuk, simak poin-poin berikut:

1. Tidak Repot
Alasan pertama yang membuat bisnis rental mobil kian menjamur adalah si pemilik mobil tidak perlu repot-repot memajang atau men-display barang dagangannya (mobil yang akan direntalkan) sepanjang hari. Sebagai pengusaha, Anda cukup memasang info mengenai bisnis rental mobil yang Anda kelola dan menyebarkannya di pasar-pasar yang potensial, salah satunya adalah media sosial. Cukup duduk manis dan menunggu pelanggan datang. Mudah sekali, kan?

2. Tidak Perlu Takut Rugi
Anda tidak akan rugi hanya dengan menyewakan mobil-mobil yang Anda miliki kepada orang lain. Untuk meminimalisasi risiko kejahatan, lebih baik minta setiap penyewa mobil untuk meninggalkan kartu identitas asli sebagai jaminan. Anda juga bisa memberikan syarat-syarat rental mobil kepada penyewa, misalnya mobil tidak boleh dipakai untuk kebut-kebutan, atau semacamnya. Dengan begitu, risiko kerusakan bisa dicegah.

Baca juga  Menyebarkan Inspirasi Investasi Emas Lewat Seminar Kemilau Emas

3. Keuntungan yang Sangat Menggiurkan
Meski sekilas terdengar membutuhkan modal yang sangat besar, ada banyak kredit mobil yang disediakan pihak ketiga untuk mempermudah Anda membuka bisnis sewa mobil. Salah satunya dengan produk Amanah dari Pegadaian yang memberikan pinjaman berprinsip syariah guna pembelian kendaraan bermotor. Dengan kredit yang mudah, Anda sebagai pelaku usaha sewa mobil bisa dengan aman memulai bisnis ini.

Nah, apalagi ketika masa Lebaran, biasanya orang menyewa mobil untuk mudik bukan hanya untuk sehari dua hari, tapi bahkan sampai seminggu. Kisaran biaya rental mobil selama seminggu adalah 5 juta rupiah. Itu belum ditambah biaya sopir (jika penyewa menghendaki tambahan fasilitas sopir pribadi). Bisa dibayangkan berapa besar keuntungannya? Sebagai pemilik, Anda hanya perlu menyewakan mobil dan duduk manis menerima uang sewa, selanjutnya urusan mengisi bahan bakar menjadi tanggung jawab si penyewa.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis ini adalah melakukan perawatan terhadap kendaraan secara berkala. Bagaimanapun, pelanggan berhak mendapat pelayanan terbaik dari Anda.

Bagaimana, setelah selesai membaca artikel ini, sudah mantap, kan,mau menjalankan bisnis sewa mobil saat Lebaran besok?