Bagikan:

Bisnis musiman meski durasinya tidak lama kerap memberikan keuntungan yang berlipat-lipat. Misal saat Idul Fitri dan puasa Ramadan, bisnis kue kering dan makanan berbuka puasa dilakukan meski hanya satu bulan saja. Nah, hampir sama dengan konsep bisnis musiman tersebut, pada bulan Februari ini, Anda bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan momen. Anda bisa memanfaatkan Valentine’s Day atau Hari Valentine untuk membuat bisnis musiman yang idenya ada di bawah ini:

1. Bisnis Cokelat

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Valentine selalu identik dengan cokelat. Cokelat dianggap sebagai simbol sayang. Pria atau wanita biasanya membuat cokelat untuk diberikan kepada mereka yang disayangi sebagai wujud rasa cintanya.

Meski cokelat dianggap simbol kasih sayang, pada faktanya tidak semua orang bisa membuat makanan manis ini. Akhirnya, mereka lebih memilih membeli cokelat dengan desain khusus untuk diberikan kepada mereka yang terkasih.

Menyongsong bulan kasih sayang ini, Anda bisa mencoba membuat bisnis kecil-kecilan dengan bahan baku cokelat. Misal cokelat dengan aneka bentuk, aneka isian, atau yang bisa didesain khusus sesuai dengan keinginan. Manfaatkan momen singkat ini untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

2. Bisnis Bunga

Selain cokelat, Valentine juga selalu identik dengan memberi sesuatu yang indah seperti bunga kepada wanita. Beberapa pria biasanya mengirimkan bunga untuk kekasih, istri, atau bahkan ibu mereka untuk mengungkapkan rasa cinta.

Selain mengirimkan secara langsung, ada yang lebih suka memberikan buket bunga secara langsung agar lebih romantis. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual berbagai jenis buket bunga dengan harga bersaing. Lakukan promosi jauh-jauh hari agar saat Hari Valentine tiba semua bunga bisa dikirimkan dengan jelas.

Baca juga  Keuntungan Bisnis Boneka Ternyata Luar Biasa

Bisnis ini hanya bertahan selama 1-2 hari saja. Namun, permintaan akan sangat tinggi saat Hari Valentine tiba. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan sehari untuk mengambil untung sebanyak-banyaknya.

3. Bisnis Kue

Kue juga bisa diandalkan untuk momen hari kasih sayang. Anda bisa membuka order pembuat kue dengan desain khusus. Misal diberi aneka tulisan, diberi hiasan dari fondan dalam karakter tertentu, atau sekadar kue sederhana yang elegan.

Bisnis kue cukup menjanjikan untung yang banyak. Anda bisa membanderol aneka produk dengan harga sedikit lebih mahal, tapi diberi tambahan kartu ucapan atau diberi layanan kirim gratis ke alamat penerima kue asal masih satu kota.

Setelah Hari Valentine berakhir, Anda bisa memodifikasi desain dari kue dan bisnis bisa dilanjutkan lagi. Jadi, apa yang sudah Anda mulai bisa terus berjalan hingga akhirnya bertemu lagi dengan Valentine tahun depan.

4. Bisnis Fotografi

Merayakan Valentine dengan berfoto bersama pasangan adalah hal yang sangat mengasyikkan. Ide ini bisa Anda gunakan untuk membuka peluang bisnis fotografi dengan tema Valentine.

Anda bisa melakukan promosi di media sosial atau aplikasi chat tentang layanan khusus Valentine. Misal diberi bonus makan malam romantis atau bonus beberapa item kejutan yang bisa membuat sesi fotografi menjadi sangat memikat.

Di era kekinian seperti sekarang, fotografi adalah hal yang sangat diminati oleh banyak orang. Pertama, fotografi bisa mengabadikan momen dengan sempurna. Kedua, sebagian besar masyarakat sudah keranjingan dengan Instagram sehingga foto Valentine bisa membuat akun yang mereka miliki terlihat lebih berwarna.

5. Bisnis Traveling

Jasa pengaturan wisata untuk event Valentine masih belum banyak dilakukan oleh beberapa agen perjalanan. Nah, dari peluang yang cukup besar ini, Anda bisa membuat bisnis traveling dengan destinasi romantis, seperti Bali atau pun Lombok.

Baca juga  Berbagai Bisnis dengan Modal di Bawah Rp1 Juta

Masyarakat yang ikut dalam program ini bisa diberangkatkan sebelum Hari Valentine dan pulang setelah Valentine. Layanan yang diberikan tidak hanya mengajak wisata ke tempat-tempat menarik saja. Anda juga bisa memesankan hotel, merancang makan malam romantis, dan aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh pasangan.

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan terlebih kalau yang berminat tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi wisatawan mancanegara yang ingin jalan-jalan romantis di Indonesia.

Karena sifatnya yang cepat dan serba instan, bisnis musiman bisa berlalu begitu saja. Banyak yang ingin memanfaatkan momen khusus ini tapi bingung mencari modal dengan cara yang mudah, cepat, dan aman. Pegadaian memberikan solusi lewat produk Kredit Cepat dan Aman (KCA) yang bisa memberikan Anda pinjaman secara mudah, cepat, dan aman hanya dalam waktu 15 menit. Tinggal Anda sendiri yang menentukan berapa pinjaman yang dibutuhkan dan menyerahkan barang agunan yang variatif, mulai dari logam mulia, emas perhiasan, berlian, mobil, motor, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Inilah beberapa ide peluang bisnis di hari Valentine yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Semoga ide-ide di atas bisa memunculkan bisnis yang menguntungkan dan bertahan lama, tidak hanya musiman saja.