Bagikan:

Menjadi seorang pengusaha tak harus butuh modal bisnis yang banyak. Anda tetap bisa menjalankan usaha meski dengan modal yang bisa dibilang cukup kecil, yaitu bisnis dengan modal di bawah Rp1 juta. Usaha dengan modal yang sedikit seperti ini sangat cocok untuk seorang pemula. Dengan pengalaman yang minim, risiko kerugian pun bisa ditekan sekecil-kecilnya. Setelah usaha berjalan dengan lancar, Anda pun bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Bisnis Online, Bisnis dengan Modal di Bawah Rp1 Juta dan Hasil Maksimal

Di era modern seperti sekarang, para pengusaha pemula benar-benar memperoleh kemudahan. Akses internet yang murah dan mudah didapatkan, memunculkan berbagai jenis bisnis online. Para pelakunya pun beragam. Mulai dari ibu rumah tangga, remaja, hingga para karyawan.

Bisnis online menawarkan penghasilan yang tidak kalah dibandingkan bisnis di dunia nyata.

Hasil yang bisa diperoleh dari bisnis online pun tak kalah dibandingkan usaha di dunia nyata. Apalagi, kalau bisnis tersebut dijalankan dengan serius. Menjadi seorang miliarder dari hasil bisnis online bukanlah isapan jempol belaka.

Pilihan Usaha Online dengan Modal Bisnis di Bawah Rp1 Juta

Lalu, bisnis online seperti apa yang bisa Anda pertimbangkan? Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan kemampuan yang dimiliki:

  • Reseller
    Dengan modal Rp1 juta, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang reseller. Caranya mudah, tinggal belanja produk yang sekiranya laku di pasaran dan menjualnya lagi. Ponsel pintar bisa menjadi senjata utama dalam hal pemasaran barang. Dengan memanfaatkan media sosial, tingkat penjualan pun bisa dimaksimalkan. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Kalau ada transaksi, Anda pun bisa memanfaatkan layanan ekspedisi sebagai sarana pengiriman barang.
  • Dropshipper
    Dropshipper memiliki sistem yang hampir mirip dengan reseller. Hanya saja, usaha online yang satu ini merupakan bisnis dengan modal di bawah Rp1 juta. Anda tak perlu belanja produk terlebih dulu. Dropshipper hanya perlu melakukan pemesanan barang kepada produsen setelah ada pembeli. Anda juga tidak perlu repot mengatur pengiriman barang, karena sudah menjadi tanggung jawab produsen. Menemukan produsen juga cukup mudah, bisa berkunjung ke berbagai marketplace yang ada di internet.
  • Penulis
    Berbeda dengan dua jenis bisnis online sebelumnya, penulis bukanlah sosok yang menjual barang, tapi menawarkan jasa. Modal bisnis yang dibutuhkan juga tak banyak. Akses internet, laptop, serta kemampuan menulis menjadi modal utama. Cara menawarkan layanan jasa yang satu ini pun cukup mudah. Anda bisa menuliskan iklan lewat forum atau media sosial. Atau, bisa pula mencari informasi tentang lowongan penulis artikel freelance.
  • Kurir
    Kurir menjadi pelaku usaha yang tak bisa lepas dari bisnis online. Bertugas untuk mengirimkan barang dari pembeli kepada penjual. Untuk menjalankan usaha ini juga cukup mudah. Cukup dengan modal bisnis berupa kendaraan bermotor serta ponsel pintar. Tidak tahu jalan? Tinggal memanfaatkan aplikasi navigasi seperti Waze ataupun Google Maps. Gampang, kan?
Baca juga  Tips Menjalankan Bisnis UKM Kreatif

Jika Anda sudah berada di titik sukses dan merasa ingin memperlebar bisnis Anda, tidak ada salahnya mengekspansi bisnis dengan menambah jumlah modal. Jangan khawatir jika Anda merasa tidak memiliki dana untuk dijadikan modal karena Pegadaian menawarkan produk Kreasi sebagai sistem kredit dengan angsuran bulan untuk pengembang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp200 juta dengan bunga murah dan angsuran tetap per bulannya.

Sudah siap menjadi seorang pebisnis? Ingat, modal bukanlah kendala untuk menjadi seorang pengusaha.