Bagikan:

Tidak terhitung jumlah orang yang tengah mencoba peruntungannya dalam dunia usaha. Melihat cukup banyak contoh pengusaha yang sukses tentu membuat rasa penasaran tergelitik. Namun faktanya, lebih banyak pula yang justru layu sebelum berkembang.

Anda mungkin pernah mengenal seseorang yang sedang mencoba karirnya dalam berbisnis. Usaha yang dilakukan pun terbilang cukup sukses dan memuaskan. Sayangnya, usia bisnis tersebut tidak bertahan lama.

Tentu ada banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, termasuk strategi yang digunakan. Adapun yang menjadi bagian paling penting dari strategi selain teknik memenangkan pasar dan perencanaan yang efektif adalah mengetahui usaha yang bagus untuk dilakukan.

Pasalnya, tidak semua jenis usaha memiliki prospek baik untuk jangka panjang. Oleh karena itu, dibutuhkan gagasan cerdas untuk menentukan usaha apa yang kira-kira dapat bertahan dan terus berkembang hingga waktu yang sangat lama seperti berikut ini.

Kursus Bahasa, Pendidikan, atau Keterampilan

Usaha yang satu ini sama sekali bukan jenis usaha yang baru. Kendati demikian, prospek yang dimiliki untuk janga panjang juga tidak berkurang. Pasalnya, jumlah penduduk yang semakin banyak juga diimbangi dengan tuntutan untuk memiliki keterampilan tertentu demi menjadi yang terbaik.

Anda dapat memanfaatkan usaha yang bagus ini sebagai alternatif berbisnis. Jenis kursus yang dilakukan pun beragam, seperti pendidikan untuk tingkat SD hingga SMA, keterampilan bahasa asing seperti Mandarin, Jerman, Arab, atau yang lain, keterampilan komputer dan pemrograman, dan masih banyak lainnya.

Kuliner

Selama satu dekade terakhir, Anda tentu dapat melihat betapa bisnis kuliner di Indonesia menjadi sangat berkembang. Pemain yang mendominasi bisnis ini pun berasal dari golongan muda yang memiliki kreativitas tinggi. Sajian yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kudapan hingga makanan berat.

Namun Anda juga tentu dapat mengamati bahwa banyak usaha kuliner yang tidak bertahan lama. Faktor utama yang menjadi penyebabnya tidak lain adalah tidak konsistennya rasa yang diberikan. Banyak pelaku usaha kuliner yang hanya sekadar mengikuti tren tanpa benar-benar mementingkan esensi makanan yang sesungguhnya: rasa. Maka dari itu, bila ingin terjun dalam usaha ini, pastikan Anda dapat menjaga konsistensi cita rasa.

Industri Kreatif

Didukung dengan keberadaan dunia digital yang semakin erat menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, peluang usaha di bidang industri kreatif semakin terbuka lebar. Bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan seperti tas, aksesoris wanita, sepatu, dan lain-lain, kehadiran platform digital akan sangat membantu dalam urusan pemasaran.

Di samping itu, industri kreatif lain yang melibatkan keterampilan lebih modern juga memiliki peluang yang tak kalah lebar. Kesempatan untuk berkarya dalam bidang menulis, desain, arsitektur, fotografi, sinematografi, komputer, dan sebagainya juga terbuka luas. Ditambah dengan hadirnya konsep freelancing dan kerja remote, tidak ada lagi batasan untuk bekerja melalui karya.

Bengkel

Usaha yang satu ini boleh jadi terlihat sepele, tetapi perhatikan fakta yang ada. Berapa banyak jumlah kendaraan, baik motor maupun mobil, yang keluar dari dealer atau showroom setiap harinya? Berapa banyak peningkatan jumlah pengguna ruas jalanan hari ini dibandingkan bulan lalu?

Tentu membuka bengkel adalah usaha yang bagus untuk memanfaatkan kesempatan ini. Untuk memulainya pun jangan terburu untuk membuat dalam skala besar. Anda dapat mencobanya dalam lingkup yang lebih kecil untuk memancing animo masyarakat sekaligus mempelajari pola dan respon yang diberikan. Dengan keuletan dan kesabaran, bukan tidak mungkin Anda bahkan akan memiliki banyak cabang dan omzet yang menggiurkan di masa mendatang.

Cuci Kendaraan

Selaras dengan jenis usaha sebelumnya, membuka bisnis  cuci kendaraan juga memberikan prospek yang cukup menjanjikan untuk jangka panjang. Masyarakat zaman sekarang yang lebih menginginkan segala sesuatu dengan instan membuat jenis jasa ini menjadi begitu cerah untuk dilakoni.

Selain melengkapi beragam perlengkapan untuk kebutuhan cuci motor maupun mobil, pastikan Anda memiliki lokasi di titik strategis. Di samping itu, perhatikan pula kenyamanan tempat sehingga membuat pelanggan yang menunggu dapat merasa betah dan selalu ingin kembali ke tempat usaha Anda.

Meski memiliki proses keberlangsungan dalam jangka panjang, bukan berarti usaha tersebut bisa jalan dengan sendirinya. Jika tidak dikelola dengan baik, kelima prospek usaha yang bagus di atas pun bisa jalan di tempat, bahkan mencapai kebangkrutan. Untuk itu, Anda sebagai pebisnis perlu memikirkan banyak solusi, di antaranya bagaimana mengembangkan bisnis tersebut. Bisa dengan menambah jumlah karyawan, terus berinovasi, sampai dengan menambah modal. Untuk hal yang terakhir disebutkan, Anda bisa memanfaatkan banyak saluran, di antaranya dengan mengajukan Gadai Bisnis dari Pegadaian sebagai solusi tepat pendanaan usaha Anda. Produk ini merupakan fitur dari Kredit Cepat dan Aman yang memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman sampai lebih dari 1 miliar rupiah. Dengan proses yang cepat, mudah, dan aman, pinjaman didapat dengan sewa modal mulai dari 0,65% dan dapat diperpanjang berulang kali. Siap untuk mencoba?