Bagikan:

Dalam berbisnis, lokasi menjadi faktor terpenting. Pasalnya, hal ini juga menjadi penentu keuntungan yang didapat nantinya, selain faktor pemasaran dan produk. Semakin strategis lokasi bisnis yang Anda pilih, maka keuntungan pun bisa semakin tinggi. Berbeda jika lokasinya berada di tempat yang tidak strategis, bisa jadi kerugianlah yang akan Anda dapat.

Seperti yang dikatakan oleh Richard Branson, yaitu “Kesempatan bisnis itu seperti bus; selalu ada bus lain yang akan menyusul.” Salah memilih tempat usaha, maka kemungkinan kompetitor lain akan menyusul dan mengalahkan Anda. Tentunya Anda tidak mau, kan? Jadi, mulailah memilih tempat usaha yang strategis dengan enam pertimbangan berikut:

1. Perhatikan Kepadatan Penduduk dan Tingkat Keramaian Sekitar Tempat Usaha

Lokasi dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi dan keramaian yang padat menjadi faktor utama dalam memilih lokasi. Tempat usaha yang strategis tentu dibarengi dengan banyaknya orang yang tinggal di sekitar lokasi. Hal ini, akan membawa keuntungan pada bisnis.

Pertama, orang kenal apa yang menjadi produk usaha Anda. Semakin banyak orang tahu, semakin tinggi pula hasil penjualan yang didapat. Kedua, dengan lokasi bisnis ada di tempat berpenduduk banyak, maka bisa dipastikan akses untuk menuju lokasi pun mudah. Ketiga, pembeli mudah percaya dengan bisnis yang lokasinya gampang dijangkau ketika mau dikunjungi.

2. Amati Usaha-Usaha yang Mendukung di Sekitar Lokasi

Apa pun usahanya, tentu harus mempertimbangkan hal ini. Usaha-usaha lain yang mendukung bisa menyangkut warung makan atau toko kelontong penyedia kebutuhan kecil. Anda tidak mau kan, kelaparan sepanjang hari hanya karena di sekitar lokasi usaha tidak terdapat warung makan? Sekalinya ada, jauh sekali.

Cek usaha apa saja yang ada di sekitar lokasi. Minimal, ada satu warung makan atau toko kelontong. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan sesuatu, tinggal berjalan kaki untuk membelinya.

Baca juga  5 Cara Bisnis Kecil-kecilan di Rumah

Hal tersebut dapat memberi keuntungan jika bisnis yang digeluti ada di bidang properti seperti rumah kost. Sudah pasti, adanya warung makan dan toko kelontong yang dekat lokasi menjadi pertimbangan pertama calon pembeli sebelum lanjut ke transaksi.

3. Pilihlah Tempat Usaha yang Strategis dengan Kompetitor Rendah

Semakin sedikit kompetitor di area lokasi, semakin menguntungkan, bukan? Jadi, pilihlah lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah, atau justru belum ada sama sekali. Tentu lebih menguntungkan jika Anda yang pertama kali memulai bisnis di tempat tersebut.

Strategi ketiga ini berhubungan dengan kejelian Anda mengamati keadaan sekitar. Semakin jeli dan kreatif, maka Anda akan menemukan tempat usaha yang strategis dengan tingkat kompetisi rendah. Pasalnya, usaha yang tengah Anda bangun adalah sesuatu yang di luar pemikiran orang-orang.

4. Sesuaikan dengan Bujet

Menurut Henry Ford, “Bisnis yang hanya tentang uang adalah bisnis yang jelek.” Memang benar adanya. Jika Anda hanya mengejar keuntungan tinggi dan angan-angan akan mendapat hasil banyak dengan memilih lokasi usaha di pinggir jalan, tanpa memperhitungkan faktor keuangan, sudah pasti bisnis tidak akan berkembang. Bukannya jalan, yang ada malah berhenti. Karena apa? Tidak ada bujet yang cukup untuk membeli atau menyewa bangunan tersebut. Sesuaikan dengan porsi yang tepat.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda merencanakan bujet yang sesuai dengan kemampuan Anda. Berbicara soal lokasi usaha, memang semakin strategis lokasinya harganya bisa semakin tinggi. Untuk itu, atasi solusi bisnis tanpa batas bersama Pegadaian lewat program Gadai Bisnis untuk keperluan ekspansi dan peluang bisnis sampai dengan modal usaha. Sebagai fitur perluasan Kredit Cepat dan Aman, Gadai Bisnis menawarkan pendanaan bisnis dengan proses yang mudah, cepat, dan aman. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 100 juta rupiah dengan menyerahkan barang jaminan berupa emas perhiasan dan emas batangan/lantakan. Gadai pun bisa diulang dan dicicil dengan plafon uang pinjaman sebesar 86,5% dari nilai taksiran barang jaminan.

Baca juga  Kunci Sukses Bisnis Kaos Bola

5. Cari yang Dekat dengan Target Pasar

Tidak mungkin jika target pasar adalah pekerja kantoran yang mencari kos, tetapi lokasi bisnis ada di wilayah pinggir yang jauh dari area perkantoran? Jadi, tentukan sasaran penjualan terlebih dahulu sebelum memilih lokasi. Pilih lokasi yang dekat target, jika ingin bisnis sukses.

6. Cek Prosedur Perizinan Bisnis di Lokasi Usaha Berada

Sebelum memutuskan, alangkah baiknya Anda cek dulu bagaimana perizinan bisnis di lokasi yang ingin ditempati. Jika susah, lebih baik tinggalkan. Cari lokasi lain. Pasalnya, perizinan yang rumit dan terkesan mempersulit hanya akan menghambat bisnis.

Tentu Anda tidak mau kan, usaha sudah berjalan tapi perizinan belum beres? Akibatnya, Anda tidak akan bisa mengikuti proyek besar milik pemerintah jika hal itu terjadi. Bukannya untung, rugilah yang akan didapat.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai enam hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih tempat usaha yang strategis. Semoga bermanfaat.